Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Membersihkan Jok Kulit Mobil yang Tepat dan Tidak Merusak

Jok kulit banyak dipilih untuk memperindah kabin mobil. Sudah tahu belum, cara bersihkan jok kulit yang tepat, baiknya disikat atau dilap?

Jok mobil merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara, baik pengemudi maupun penumpang.

Untuk itu, perawatan jok mobil perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Tetapi, jangan sembarangan merawat jok mobil karena dapat membuatnya rusak atau mengelupas.

Setiap bahan jok memiliki sifatnya masing-masing, sehingga cara merawatnya juga berbeda.

Secara umum, pemilik mobil menggunakan bahan kulit, semi kulit, nilon, dan vinyl untuk melapisi jok mobil.  Keempat bahan tersebut harus dirawat dengan cara yang berbeda.

Baca juga: Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit, Semi Kulit, Nilon, dan Vinyl

Nah, jok kulit banyak dipilih pemilik mobil karena dianggap dapat menghadirkan kesan elega premium di dalam kabin.

Kulit merupakan salah satu bahan terbaik yang dipakai untuk jok mobil. Namun, perawatan jok kulit tidak bisa sembarangan dan sedikit rumit.

Tapi tenang, berikut cara membersihkan jok kulit yang tepat dan mudah.

Air dan lap lembut

Idealnya, cara membersihkan jok kulit cukup dengan menyekanya menggunakan lap dan dibantu air dengan bersih. Selain itu, pemilik harus bisa memilih cairan pembersih yang cocok dengan bahan kulit jok mobil.

Umumnya, mereka menggunakan pembersih yang berbentuk pasta, karena bila menggunakan pembersih berbahan air dapat menyebabkan kulit menjadi cepat rusak dan timbul jamur.

Baca juga: 5 Bengkel Modifikasi Jok Mobil yang Recommended di Jakarta

Lalu, jangan menggunakan kain yang berbahan kasar saat mengelapnya karena dapat membuat bahan kulit tergores, bahkan mengelupas.

Sikat dengan lembut

Untuk kotoran yang membandel, menimbulkan bekas, dan menempel pada jok kulit, pemilik mobil bisa gunakan sikat yang dipadu dengan pembersih.

Tetapi, ada baiknya cara membersihkan jok kulit ini menggunakan sikat lembut. Biasanya menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.

Lalu, cara menyikatnya juga tidak boleh terlalu keras. Tekanan dan sikatan tidak perlu menggunakan tenaga, karena berpotensi merobek lapisan kulit.

Baca juga: Cara Merawat dan Menjaga Jok Mobil Berdasarkan Jenis Bahan Pelapis

Bila sudah bersih, lap kembali jok kulit mobil kamu hingga bersih dan jangan biarkan ada sisa cairan pembersih menempel di atasnya.

Manfaat sampo bayi

Cara membersihkan jok kulit lainnya adalah dengan menggunakan sampo khusus bayi. Kandungan pH yang seimbang serta kelembutan pada sampo bayi membuatnya aman serta tidak mengikis lapisan permukaan kulit.

Coating dan jangan parkir sembarangan

Jika ingin jok kulit lebih terjaga, kamu dapat memberikan leather coating sebagai perlindungan tambahan.

Saat ini, sudah banyak produk leather coating yang dijual di pasaran, namun kebanyakan untuk bahan kulit baru, bukan yang sudah dipakai untuk waktu yang lama.

Setelah itu, usahakan memarkirkan mobil di tempat yang tertutup atau tidak terkena sinar matahari langsung. Pengaruh sinar matahari beresiko membuat jok kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Untuk waktu perawatannya, Anda cukup membersihkan jok kulit jika kondisinya kotor saja, karena kalau cukup sering dibersihkan beresiko membuat warna kulit kusam.

Baca juga: Jok Mobil Ketumpahan Cokelat? Ini Tips Cara Membersihkannya

Dari cara membersihkan jok kulit di atas, sebenarnya tidak terlalu rumit. Yang terpenting, kamu sebagai pemilik mobil harus rajin dan konsisten untuk menjaga kebersihannya, sehingga #BikinKamuSiap melawan segala bakteri yang menempel di jok mobil.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.