Tips & Rekomendasi

Biar Tidak Grogi Saat Belajar Mengemudi, Baca Dulu Tips Ini Yuk

Banyak orang yang merasa grogi ketika baru pertama kali belajar mengendarai mobil. Selain belum memiliki jam terbang yang cukup, ketakutan akan resiko-resiko yang bisa saja terjadi akan membuat rasa grogi semakin tinggi.

Tetapi, jangan jadikan rasa grogi tersebut sebagai halangan Anda saat belajar mengemudi, karena ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya. Tips tersebut dapat Anda simak di bawah ini.

Belajar dengan profesional

Belajar dari seorang profesional yang ahli dalam bidang mengemudi sepertinya solusi paling tepat untuk menghindari grogi, karena pengajar profesional sudah sangat memahami bagaimana menangani pengemudi pemula yang biasanya grogi untuk memulai.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan teknik mengemudi dari pengajar profesional, ada baiknya untuk mengikuti kursus menyetir mobil.

Selain pengajar yang sudah profesional, mobil di kursus mengemudi sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih aman digunakan untuk belajar.

Atur posisi tempat duduk

Mengatur posisi tempat duduk merupakan sesuatu yang penting ketika berkendara. Pertama-tama adalah atur ketinggian jok sehingga Anda memiliki pandangan yang cukup luas.

Sesuaikan ketinggian jok dengan kebutuhan Anda agar pandangan tidak terhalang dashboard.

Lalu, sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi jok terlalu jauh sehingga Anda kesulitan ketika ingin menginjak pedal-pedal tersebut.

Aturlah jarak tempat duduk sesuai dengan kebutuhan Anda agar dapat berkendara secara optimal. Selanjutnya perhatikan sandaran jok Anda, apakah sudah membuat Anda nyaman atau belum.

Hal ini sepertinya terlihat sepele, tapi sangat bermanfaat ketika mobil berakselerasi, karena punggung merupakan bagian penopang tubuh yang akan merasakan sesuatu pada saat berkendara.

Posisi duduk yang tepat akan membuat Anda nyaman di dalam mobil. Jadi, jika Anda sudah merasa nyaman, grogi dan kepanikan saat menyetir pun otomatis akan berkurang.

Pahami fungsi dari berbagai alat yang ada

Berbagai fungsi dari alat-alat yang berada di kabin wajib dipahami oleh pengendara agar tidak salah saat menggunakannya.

Pertama, pahami berbagai pedal yang terdapat di bawah. Pedal yang paling kanan adalah pedal gas, lalu pedal tengah adalah rem, dan yang paling kiri adalah pedal kopling (jika mengendarai mobil manual).

Tepat di sebelah kiri Anda, terdapat tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir). Tuas transmisi berguna untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sedangkan rem tangan merupakan alat yang digunakan saat Anda berhenti atau parkir.

Selain alat-alat tersebut, pahami juga berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam berkendara, seperti Electronic Stability Control (ESC), cruise control, dan lain-lain.

Lalu, lakukan percobaan pada semua alat dan fitur agar Anda lebih memahami bagaimana cara penggunaannya. Jadi, ketika melakukan praktik, Anda tidak bingung dan grogi.

Jalankan perlahan

Apabila sudah didampingi oleh profesional, mengatur tempat duduk, dan memahami fungsi fitur pada mobil, sekarang saatnya Anda mencoba menjalankan mobil.

Jika Anda menggunakan mobil manual, injak kopling lalu masukkan gigi satu.

Setelah itu, turunkan rem tangan dan lepas kopling pelan-pelan bersamaan dengan menginjak pedal gas. Sedangkan jika mengendarai mobil matic, Anda hanya perlu menurunkan rem tangan dan injak gas perlahan.

Jika masih grogi melakukannya, Anda dapat mendengarkan musik yang disukai di mobil atau hal lainnya yang dapat menghilangkan rasa grogi, asalkan tidak mengganggu fokus Anda ketika berkendara.

Perbanyak jam terbang

Terakhir adalah perbanyak jam terbang dengan cara melakukan banyak latihan. Jika sudah terbiasa, rasa grogi pasti akan hilang denga sendirinya.

Anda dapat melakukan latihan sendiri dengan mengendari mobil di tempat sepi dan luas, misalnya di lapangan, parkiran, atau tempat lainnya.

Namun, apabila masih tidak pede, mintalah bantuan dari teman atau saudara yang sudah akrab dengan Anda untuk mendampingi.

Tentunya mereka juga sudah harus mahir dalam mengemudi, jadi dapat menolong Anda saat kebingungan.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat serta membantu Anda untuk menghilangkan rasa grogi saat belajar mengemudi. O iya, lakukan di tempat yang aman ya agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selamat belajar!

Jangan lupa, setelah belajar dan bisa mengendarai mobil maka waktunya Anda membeli mobil yang cocok.

Di Seva.id ada beragam mobil pilihan yang cocok untuk Anda, ada pula product bundling dan promo yang siap menanti. Jangan di-test drive dulu ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.