Biar Tambah Keren, Coba Ganti Velg Mobil Anda

20 August 2018

Walaupun terletak di bawah, bentuk dan model velg mempengaruhi tampilan keseluruhan mobil. Banyak orang mengganti velg standar mobilnya dengan velg modifikasi agar tampilan mobilnya lebih keren dan menarik.

 

Perubahan pada velg mobil memang cukup signifikan. Bahkan ada yang bilang ganti velg mobil standar maka kegantengan mobil naik 100 persen loh.

 

Bagi anda yang ingin memodifikasi velg tapi masih bingung seperti apa modelnya, simak empat model velg yang sedang tren di Indonesia berikut bisa jadi inspirasi anda.

 

Racing

Di arena balap, velg racing berukuran besar dengan dinding ban lebih tipis dan lebih lebar membuat mobil meningkatkan daya cengkram ban sehingga menjadi lebih lincah dan responsif di tikungan. Velg racing yang berdesain kokoh dan tegas memberikan kesan sporty dan maskulin pada mobil menjadi alasan utama mengapa tren velg racing populer di masyarakat.

 

Plus-sizing alias mengganti velg original dengan velg berukuran lebih besar dari standar pabrikan adalah hal yang banyak dilakukan pecinta velg racing. Plus 1 merupakan penambahan sebesar 1 inchi, plus 2 sebesar dua inchi dan seterusnya. Plus sizing ini bisa dilakukan hingga plus 4.

 

Di sisi lain, penambahan ukuran di luar standar pabrik dapat berdampak buruk pada kenyamanan berkendara, mempengaruhi pengaturan odometer dan speedometer, bahkan keamanan.

 

Untuk itu, disarankan untuk menggunakan velg berdesain racing dengan ukuran sesuai dengan velg original, atau maksimal plus 1.

 

Stance

Stance merupakan aliran modifikasi kaki-kaki mobil agar terlihat ‘ceper’ dengan velg sedekat mungkin dengan fender menggunakan velg yang digunakan biasanya berukuran diameter kecil namun lebar dengan ban tipis.

 

Salah satu hal yang penting bagi pemodifikasi stance adalah offset velg. Offset adalah jarak antara garis tengah dengan hub penghubung ban.

 

Terdapat berbagai macam aliran dari tren mobil ceper ini, seperti Hella Flush yaitu mobil ceper yang benar-benar amblas, Mexi yang bergaya low-riding dengan velg menonjol jauh ke luar, dan Tucked yang velgnya masuk tertutup fender.

 

Velg yang digunakan biasanya velg concave, atau velg yang berbentuk cekung seperti pada sportcars, velg steplips atau velg yang pinggiran atau bibirnya melebar ke ban, dan deep wheels dengan bagian tengah velg menjorok ke dalam.

 

mobil modifikasiJDM

JDM atau Japanese Domestic Market yang merupakan modifikasi yang berkiblat ke Jepang. Untuk velgnya sendiri, ada berbagai macam gaya velg yang digunakan. Ada yang bergaya retro, racing, modern, bahkan dipasang ceper alias bergaya stance seperti yang sudah dibahas.

 

Hal yang paling menonjol dari velg aliran JDM adalah velg yang berasal dari produsen jepang dengan modelnya yang khas dan warna velg yang kontras dengan warna mobil.

 

 

Klasik

Tren modifikasi velg yang populer selanjutnya adalah model klasik. Agar terlihat retro, velg yang dipakai biasanya velg yang memiliki penutup bulat dengan warna chrome yang khas tahun 70-an. Selain itu, velg dengan model jari-jari banyak dan rapat juga populer di kalangan modifikator mobil klasik.

 

Baca: Bingung Memodifikasi Mobil? 7 Aliran Ini Bisa Jadi Referensi Anda

 

Itulah tren modifikasi velg yang saat ini populer. Jika anda tertarik untuk mendandani mobil anda dengan velg baru aftermarket, anda bisa datangi bengkel modifikasi velg berikut:

 

  1. VIP Autostyle

Selain menyediakan berbagai macam velg dengan harga yang kompetitif, toko ini juga menyediakan berbagai promo. Anda juga bisa memesan via online ke berbagai wilayah di Indonesia. Penbayaran juga bisa secara debit maupun kartu kredit

 

Alamat: Jalan Boulevard Raya blok QJ5 no.16-17, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Telp: (021) 45847002 / WhatsApp: 082299139899

Website: www.velgmobil.me

Instagram : vip_autostyle

 

 

  1. STREET RACE

Di toko ini, Anda dapat membeli velg secara kredit. Anda juga bisa memesan online melalui beberapa e-commerce yang ada di Indonesia.

 

Alamat: Jalan Kalimalang No.50B Bekasi

Telp: (021) 8644840/ WhatsApp: 081313503305/ Agil 0813814440859

Toko velg ini menyediakan

Instagram: STREETRACE_TKBGroup

Line: streetracebekasi

 

 

  1. Permaisuri Ban

Toko ini merupakan salah satu penjual ban yang tepercaya dan memiliki beberapa cabang di Jakarta, yaitu:

  • Permaisuri

Jalan Mahakam I No.5 Jakarta 12130

Telp: (021) 721123/ WhatsApp: 0817 211239

 

  • AnekaSpeed

Jalan Radio Dalam F4, Jakarta Selatan 12140

Telp: (021) 7201608

WhatsApp: 0822 1112 1608

 

  • Aneka Putra Santosa

Jalan Kapten Tendean no.5, Jakarta Selatan 12710
Telp: (021) 5212433

 

  • Permaisuri BSD

Jalan Kapt.S.Djojohadikusumo, Tangerang 15322 (Giant BSD)
Telp: (021) 29003051
WhatsApp: (021) 822 1111 1239

 

Sudah memutuskan pengen ganti velg jenis apa? Jangan lupa faktor keamanan tetap diutamakan ya ketika ganti velg.

 

Penulis: Nurul Fauziah

SHARE