Berapa Pajak Tahunan Moge? Begini Cara Menghitungnya

By Reka Harnis - September 21, 2020

Berniat beli moge? Sudah tahu belum berapa pajak tahunan moge? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

pajak tahunan moge

Mengendarai motor gede atau motor sport memang memiliki kesan dan daya tarik tersendiri. Bodi dan suara mesinnya yang gagah membuat motor gede layaknya magnet yang mampu menarik perhatian para pecinta otomotif.

Sesuai denganhal itu, untuk membeli motor jenis ini tentunya membutuhkan dana yang lebih besar. Tidak hanya harganya saja yang tinggi, namun juga pajaknya.

Baca juga: Cara Cek Masa Berlaku dan Biaya Pajak Kendaraan Bermotor

Lalu, berapa pajak tahunan moge? Apa yang membuatnya sangat tinggi?

Berbeda dengan motor pada umumnya, motor gede memiliki kapasitas di atas 250 cc. Bila moge dengan kapasitas 1.000 cc, akan tergolong sebagai barang mewah. Itulah mengapa pajak moge dipatok lebih tinggi. 

Pemerintah sudah menetapkan aturan khusus yang mengatur pajak barang mewah. Aturan tersebut diatur dalam Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Nilai dari PPnBM ini sendiri mencapai sekitar 95 persen dari nilai impor awal. Kemudian, jenis motor ini ditambah dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen dari nilai impor BKP.

Baca juga: STNK Kendaraan yang Dibeli Ternyata Diblokir, Bagaimana Solusinya?

Sebagai contoh, jika sebuah moge dengan kapasitas 1.000 cc memiliki nilai jual hingga Rp 100.000.000, maka harga jual yang ditawarkan ke masyarakat Indonesia akan ditambahkan dengan PPN dan PPnBM.

Total, nilai motor Rp 100.000.000 dikali dengan PPN 10 persen maka akan menjadi Rp 10.000.000 dan PPnBM 95 persen atau setara dengan Rp 95.000.000.

Berita Terkait

Author