Benarkah Bahan Bakar yang Ada di Dalam Tangki Bisa Basi?

Pernah mendengar istilah bensin basi? Sebenarnya, istilah ini mitos atau fakta?

bahan bakar di dalam tangki bisa basiTak hanya makanan saja yang bisa basi atau kadaluwarsa. Kabarnya, bahan bakar di dalam tangki bisa basi bila terlalu lama mengendap. Namun apakah benar demikian?



Hal ini umumnya terjadi pada mobil yang sudah lama tak dipakai atau jarang sekali digunakan, serta tidak pernah dipanaskan.



Istilah bensin basi sebenarnya adalah penurunan kualitas bahan bakar di beberapa sektor, yaitu RON (Research Octane Number) atau oktan, penambahan sedimen dan destilasi.

 

Ketika bahan bakar didiamkan di dalam tangki yang memiliki ventilator, maka benzena akan berhubungan langsung dengan udara di luar tangki sehingga terjadi penguapan.

 

Baca Juga : 6 Tips Merawat Injeksi Mobil

 

Hasil penguapan tersebut akhirnya akan membentuk kerak-kerak di dalam tangki yang nantinya akan membentuk sedimen atau endapan. Bahayanya, apabila endapan ini tersedot pompa bahan bakar, bisa menyumbat sistem pembakaran. Itulah mengapa istilah bahan bakar di dalam tangki bisa basi tercipta.

 

Kemudian, “bensin basi” juga akan merubah susunan kimia pada bahan bakar, sehingga memberikan dampak buruk pada mesin.

Lalu, bagaimana solusinya?

Hal ini sebenarnya juga tergantung pada umur bensin yang tersimpan di SPBU. Rata-rata, bahan bakar di dalam tangki mobil yang tidak terpakai masih bisa digunakan selama 2-3 bulan. Jika lebih dari itu, bisa beresiko merusak mesin mobil.

 

Baca Juga : 5 Tips Cara Merawat Radiator Mobil

 

Namun, memang agak sulit untuk mengidentifikasi hal tersebut. Maka dari itu, pemilik mobil disarankan untuk tidak menyimpan bahan bakar di tangki mobil terlalu lama.

 

Nah,apabila kamu berencana menyimpan kendaraan dalam waktu yang lama, sebaiknya kuraslah tangki bahan bakar mobilmu. Ini bertujuan untuk mengurangi endapan bensin agar merusak sekat atau seal yang umumnya terbuat dari karet.

 

Baca Juga : Mobil Mengalami Masalah di Jalan Tol? Cek Tips Keselamatan Ini 

 

Maka dari itu, cara terbaik agar bensin tak basi dan merusak mesin, kosongkanlah tangki bahan bakar kendaraan saat kamu berencana untuk menyimpan kendaraan dalam waktu lama.

 


Namun, jika dirasa cara tersebut merepotkan dan takut bahan bakar di dalam tangki bisa basi, kamu cukup memanaskan mobil minimal 2 kali dalam 1 minggu pada mobil yang jarang dipakai.

Setelah itu, hindari parkir di bawah terik matahari karena dapat membuat suhu yang ada dalam tangki meningkat menjadi lebih panas walaupun rata-rata terletak di bawah mobil.

 

Oleh karena itu, parkirlah di tempat yang cukup sejuk dibanding di bawah paparan sinar matahari langsung.

 

Baca Juga : Mudahnya Lakukan Servis Berkala dan Booking Service di Seva.id

 

Jadi bukan bahan bakar di dalam tangki bisa basi, tetapi lebih kepada penurunan kualitasnya.

 

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu merawat mobilmu agar tetap prima, ya. Agar lebih terpercaya, kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan berkala. Atau, lakukan home service yang tersedia di fitur Booking Service Seva.id.

 

Home service bakal #BikinKamuSiap merawat mobil kapanpun #dirumahaja. Nah, jangan lupa kunjungi Seva.id ya.