Begini Cara Mengurus Nomor Rangka Hilang atau Keropos

By Arris Riehady - Mei 4, 2020

Ingin restorasi mobil tua tapi tidak lengkap identitasnya? Begini cara mengurus nomor rangka hilang atau keropos.

beli mobil off the road

Pastikan legal

Cara mengurus nomor rangka hilang atau keropos yang pertama adalah memastikan mobil tersebut memiliki surat-surat yang sah.

Artinya, mobil memiliki dokumen yang lengkap, misalnya adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

mengurus nomor rangka hilang

Surat pengantar Samsat

Lalu, cara mengurus nomor rangka hilang selanjutnya adalah kamu harus datang ke kantor Samsat sesuai dengan domisili di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga: Alasan Beli Mobil VIN Lama Tetap Menguntungkan

Bawa juga STNK dan BPKB mobil asli yang ingin diurus nomor rangkanya. Lalu, sertakan KTP asli. Saat mengurusnya, kamu juga akan diminta untuk mengisi formulir permohonan.

Samsat akan memberikan surat pengantar atau berita acara ke Polda bahwa benar mobil yang kamu miliki telah kehilangan nomor rangka dan bukan kendaraan yang bermasalah.

mengurus nomor rangka hilang

Cek fisik di Polda

Setelah mendapat surat pengantar dari Samsat, kamu akan diminta datang ke Polda di lokasi permohonan, misalnya kalau di Jakarta adalah gedung biru di Polda Metro Jaya.

Untuk mengurus nomor rangka hilang, selain surat pengantar dari Samsat, kamu juga harus membawa mobil untuk cek fisik, KTP, BPKB, dan STNK.

Baca juga: Suka Restorasi Mobil Tua, Cek Biaya dan Trennya di Sini

Jika cek fisik sudah sesuai dan telah disetujui, Polda akan memberikan surat keterangan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!