Search Cars

Tips & Rekomendasi

Beberapa Hal tentang Biaya Kursus Mobil yang Perlu Anda Ketahui!

Apakah Anda belum bisa menyetir mobil? Berapa biaya kursus stir mobil? Sebenarnya, biaya yang dipatok di masing-masing tempat kursus berbeda-beda.

Aliran SatSet

Anda perlu mencari tempat terbaik supaya bisa berlatih mengendarai mobil dengan baik dan benar. Ketika belajar mengemudi, Anda perlu konsentrasi dan fokus untuk bisa membedakan antara rem dan pedal kopling.

Tips Mengikuti Kursus Setir Mobil

Ketika akan belajar mengemudi mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

      1. Persiapkan Biaya

Biaya kursus mobil bervariasi, namun umumnya berkisar antara Rp700.000 sampai Rp1.200.000.

Biasanya, tempat kursus yang sudah memiliki nama populer membandrol harga yang jauh lebih mahal. Anda perlu mengecek dulu adakah jaminan yang didapatkan ketika mengikuti kursus mobil dengan harga yang lebih mahal.

Sebaiknya, pilih tempat kursus stir mobil dengan biaya terjangkau namun pelayanannya memuaskan.

     2. Cari Tahu Benefit yang Diperoleh

Selain mencari tahu biaya kursus mengemudi mobil di tempat kursus, Anda perlu mencari tahu beberapa jenis pelayanan yang bisa dipilih.

Contohnya, yang pertama adalah kursus menyetir saja dan yang kedua adalah menyetir sekaligus mendapatkan layanan pembuatan SIM.

Jika Anda ingin memilih paket pembuatan SIM sekaligus, tanyakan berapa biayanya. Kemudian, lakukan perincian. Jika ternyata biaya pembuatan SIM lebih murah dibandingkan mengurus sendiri, lebih baik Anda memilih paket ini.

Baca: Biar Tidak Grogi Saat Belajar Mengemudi, Baca Dulu Tips Ini Yuk

     3. Pilih Jam Kursus Stir Mobil

Biasanya, jumlah pertemuan kursus mobil hanya berkisar antara 6 hingga 9 pertemuan saja. Sebaiknya, Anda memilih hari kursus yang tidak berjauhan supaya lebih mudah menguasai apa yang telah diajarkan.

     4. Datang Tepat Waktu

Saat melakukan kursus setir mobil, usahakan untuk selalu datang tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari resiko pengurangan waktu dari jam yang telah ditentukan. Anda bisa rugi sendiri.

     5. Latihan secara Rutin

Latihan apapun perlu dilakukan secara rutin dan berulang-ulang, termasuk menyetir mobil. Setelah mendapatkan pengajaran di tempat kursus, Anda bisa mengulanginya sendiri di jalanan dekat rumah. Dengan begitu, Anda akan menjadi semakin mahir.

     6. Tanyakan Hal yang Belum Dipahami

Jika ada hal yang dirasa perlu ditanyakan, jangan ragu untuk menanyakannya. Sebab, hal ini menjadi hal Anda sebagai peserta kursus stir mobil.

Anda bisa bertanya tentang hal apapun seperti cara menjaga keamanan atau keselamatan, atau hal lainnya.

Baca juga: Ada Ritual Sebelum Mengendarai Mobil, Apa Saja?

     7. Jangan Takut

Anda harus memiliki sikap berani ketika belajar menyetir. Tidak dipungkiri bahwa rasa takut menyetir di jalan raya sering dirasakan.

Anda harus mampu mengontrol keberanian sehingga belajar menyetir menjadi lebih fokus. Cobalah untuk lebih relaks.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengikuti kursus stir mobil. Lakukan setiap sesi kursus dengan sebaik mungkin supaya Anda tidak rugi atas biaya kursus mobil yang telah dibayarkan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.