Tips & Rekomendasi

Ban Tubeless Sering Kempis Saat Digunakan, Apa Masalahnya?

Meski terkenal lebih tangguh, ban tubeless juga dapat mengalami kempis sewaktu-waktu. Berikut penyebabnya.

ban tubeless sering kempis

Ada dua jenis tipe ban mobil di bursa otomotif, khususnya di Indonesia, yaitu jenis ban biasa atau tubetype dan ban tubeless. 

Tidak sedikit pemilik mobil yang memilih untuk menggunakan ban tubeless karena perawatannya lebih simple.

Meski begitu, terkadang bisa saja pengendara mengalami kondisi ban sering kempis. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ban tubeless kamu sering kempis. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak selengkapnya di bawah ini berikut dengan cara mencegahnya.

Kerusakan lubang angin ban mobil

Penyebab pertama ban tubeless sering kempes adalah terdapat celah yang cukup longgar, sehingga memungkinkan angin keluar dari kerusakan pentil.

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM, Begini Simulasi Kredit Mobil Fortuner

Kerusakan dari pentil rata-rata disebabkan karena umur pakai. Bila sudah terlalu lama pentil bisa saja berkarat, lalu getas dan menjadi jalur keluar angin.

tipe dan jenis ban

Tutup lubang angin ban mobil hilang

Masih soal pentil mobil. Sebelum berkendara, pastikan tutup lubang angin atau pentil menutup dengan rapat, jangan sampai kendur apalagi hilang.

Sebab, bila tidak rapat menutupnya, tekanan angin bisa tiba-tiba berkurang, meski ban dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

Untuk itu, tutup pentil penting untuk mencegah ban tubeless sering kempis serta menepis kotoran yang akan masuk ke pentil.

Ban Tubeless Sering Kempes

Kondisi pelek ban mobil

Tidak hanya pentil, penyebab ban tubeless sering kempis bisa berasal dari pelek. Lihat secara detail, apakah ada peyang atau gangguan lainnya di pelek, terutama pada bidang yang berhubungan langsung dengan ban. 

Jika kerusakan ada pada bagian dalam, memang agak sulit untuk diperiksa. Solusinya, kamu bisa bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan pelek, siapa tahu ada keretakan kecil di bagian dalam.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bahan Bakar RON 95 Lebih Baik dari RON 92

Ban Tubeless Sering Kempes

Tambalan pada ban mobil tidak sempurna

Coba diingat kembali, apakah ban mobil kamu pernah mengalami kebocoran akibat paku atau benda tajam sehingga mengharuskan kamu untuk melakukan tambal ban?

Jika pernah, tidak menutup kemungkinan penyebab ban tubeless sering kempis berasal dari tambalan tersebut.

Baca juga: Palang Pelek Mobil Berpengaruh ke Performa, Benarkah Begitu?

Ban Tubeless Sering Kempes

Retakan pada dinding dan tapak ban mobil

Retakan pada karet di dinding dan tapak ban juga bisa menjadi penyebab ban tubeless mobil kamu kempis secara tiba-tiba.

Adanya retakan tersebut membuat angin di dalam ban mobil mudah keluar, karena dinding ban tidak mampu menahan tekanan angin yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu selalu lakukan pengecekan ban dan rawat ban mobil kamu, ya.

Ban Tubeless Sering Kempes

Cara merawat ban tubeless

Mengingat harganya yang relatif mahal, maka kamu perlu merawat dan selalu melakukan pengecekan pada kondisi ban untuk mecegah kerusakan.

Beberapa tips merawat ban tubeless agar awet antara lain sebagai berikut.

Perhatikan tekanan angin 

Agar lebih awet, pemilik mobil wajib memperhatikan tekanan angin pada ban tubeless. Pastikan tekanannya tepat agar tidak akan memberikan tekanan berlebih pada ban yang membuatnya mudah pecah.

Pasalnya, terdapat standar khusus untuk tekanan angin baik pada ban depan maupun belakang mobil. 

Minimalkan ban menghantam lubang

Ban tubeless memang terkenal memiliki ketangguhan saat menghantam jalanan yang rusak. Namun, bukan berarti kondisi ban akan selalu baik-baik saja setelah sering dipakai menghantam lubang di jalanan.

Hantaman yang keras dan berulang berpotensi merusak ban. Maka, penting untuk tetap mengatur laju kecepatan untuk meredam hantaman saat melewati jalanan berlubang.

Selain itu, jika memungkinkan, carilah jalan yang tidak banyak lubang.

Melakukan spooring dan balancing

Selain memeriksa kondisi ban tubeless secara teratur, pemilik mobil juga perlu melakukan perawatan lainnya, yaitu dengan rutin melakukan spooring dan balancing.

Perawatan ini dilakukan untuk menyeimbangkan tekanan pada masing-masing ban yang terpasang di mobil, sehingga resiko salah satu ban mengalami kerusakan parah bisa diminimalisir.

Atasi penyebab kebocoran dengan benar

Ban Tubeless Sering Kempis

Jika ban tubeless sering kempis saat digunakan, lebih baik ganti dengan ban baru. Agar lebih yakin saat menggantinya, serahkan pada ahlinya sehingga ban tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. 

Kalau mau lebih awet, pastikan kamu memilih ban yang berkualitas. Jangan khawatir, cari ban mobil MPV, SUV, sedan, hatchback, hingga commercial van bisa lewat Seva.id.

Apalagi, sekarang ada diskon 33% yang berlaku hingga 15 Mei 2021. Jangan sampai kelewatan ya! Kapan lagi dapat ban GT Radial dengan harga miring.

Selain di bengkel, pemasangannya juga bisa dilakukan di rumah, cocok banget buat kamu yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk datang ke bengkel.

Jadi, tak hanya menyediakan mobil bekas dan baru, Seva.id juga siapkan layanan praktis buat bikin kamu #MakinLancar mendapatkan ban serta produk berkualitas lainnya.

Lihat Produk

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi
Supergraphic left
Supergraphic right

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.