Aturan Ganjil Genap Kembali Diberlakukan Mulai 2 Januari 2019

By Ferdi Julias - January 3, 2019

Pembatasan kendaraan kembali diberlakukan Pemprov DKI Jakarta melalui aturan ganjil genap. Baca untuk rute dan aturannya yuk.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan perpanjangan sistem ganjil genap di Jakarta dengan menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Setelah sempat dinonaktifkan karena libur Natal dan Tahun Baru, pemerintah kembali memberlakukan aturan ganjil genap.

Perpanjangan sistem ganjil genap diterapkan pada 2 Januari 2019 dan berlaku dari Senin sampai Jumat, mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB.

Sedangkan di sore hari, ganjil genap mulai berlaku pada pukul 16.00 WIB – 20.00 WIB.

Peraturan ini diberlakukan pada beberapa ruas jalan Jakarta, yaitu Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Jenderal Sudirman, Jalan S Parman (mulai dari simpang Jalan Tomang Raya sampai dengan simpang Jalan KS Tubun), Jalan Jenderal MT Haryono, Jalan Jenderal Gatot Subroto, DI Panjaitan, Ahmad Yani, dan Rasuna Said.

Baca: Kenapa Ada Sistem Ganjil Genap di Jakarta, Ini Alasannya

Namun, pembatasan lalu lintas sistem ganjil genap pada ruas-ruas jalan tersebut tidak diberlakukan pada persimpangan tol terdekat, di pintu masuk dan keluar tol.

Artinya, walaupun kendaraan tidak dapat melintas di jalur ganjil genap, tetapi masih diperbolehkan lewat jika memiliki kepentingan untuk masuk atau keluar tol sampai persimpangan terdekat.

Kebijakan tersebut tertuang di dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil Genap Pasal 1 ayat 3.

Berita Terkait

Author