Astra Isuzu Siaga Banjir Siap Layani Mobil Pelanggan yang Terendam

By Arris Riehady - January 6, 2020

Bila mobil Isuzu Anda mengalami gangguan karena banjir, Astra Isuzu Siaga Banjir siap melayani. Ini keuntungannya!

Astra Isuzu Siaga Banjir

Saat wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilanda musibah banjir pada awal tahun 2020, beredar sebuah video yang viral di sosial media. Video tersebut menayangkan Isuzu Panther sukses menerjang banjir yang tingginya hampir menutupi kap mesin.

 

Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengemudi agar mobil dapat melaju menerjang banjir. Pertama, ketahui tinggi posisi air intake dan knalpot, hal ini penting agar air banjir tidak terhisap masuk ke dalam ruang mesin.

 

Jika air masuk ke dalam ruang mesin, potensi water hammer pun bisa terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan mobil mati mendadak karena air yang masuk ke dalam ruang bakar mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

 

Hal ini akan mengakibatkan stang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder lecet, dan yang paling parah adalah kepala silinder melengkung.

 

Baca juga: 5 Tips Antisipasi Kerusakan Setelah Mobil Terendam Banjir

Astra Isuzu Siaga Banjir

Bahkan, bila banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang sering ditemui adalah rusaknya Electronic Control Unit (ECU) yang merupakan perangkat terpenting dan menjadi otak dalam mobil.

 

Alat ini memiliki andil yang sangat penting, seperti mengatur pengapian dan menyuplai bahan bakar ke mesin.

 

Selain itu, untuk menerjang banjir ada baiknya unakan gigi rendah di posisi 1 atau 2 untuk transmisi manual, atau L untuk transmisi otomatis. Jaga juga RPM atau putaran mesin stabil di angka 2.000 RPM, serta usahakan gas tetap konstan agar mesin tidak mati.

 

Namun tidak disarankan sama sekali untuk menerjang banjir untuk alasan keselamatan diri Anda.

 

Meski terkenal tangguh, ada saja kemungkinan mobil Isuzu mengalami gangguan akibat menerjang banjir. Bagi yang sudah terlanjur, Astra Isuzu Siaga Banjir siap melayani.

 

Baca juga: Apakah Mobil Rusak Akibat Banjir Ditanggung Oleh Asuransi?

 

Astra Isuzu Siaga Banjir adalah program khusus untuk pelanggan setia yang mobil Isuzu-nya kebanjiran dan mengelami kerusakan. Ada beberapa pelayanan khusus yang bisa didapatkan di seluruh bengkel resmi Isuzu di wilayah Jabodetabek.

 

Berikut layanan dari Astra Isuzu Siaga Banjir yang bisa pelanggan setia dapatkan.

Astra Isuzu Siaga Banjir

  • Gratis pemeriksaan kendaraan meliputi kelistrikan, mesin, sistem pengereman, dan under carriage
  • Diskon jasa 20%
  • Diskon spare part 5%
  • Diskon bahan 10%
  • Diskon jasa body repair 35%

 

Layanan Astra Isuzu Siaga Banjir ini hanya berlaku di bengkel resmi Astra Isuzu. Berikut sebaran cabang Astra Isuzu di wilayah Jabodetabek.

Astra Isuzu Siaga Banjir

Baca juga: 5 Tips Aman Saat Mobil Menerobos Banjir

 

Ingat, daripada menerjang banjir, mencari rute lain adalah keputusan terbaik ketika berpergian menggunakan mobil, kecuali ketika terpaksa atau kondisi darurat.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!