Arti di Balik Nama Merek Mobil Terkenal Dunia

09 July 2019

Merek-merek mobil terkenal dunia memiliki filosofi di balik nama mereka. Beberapa di antaranya bisa Anda simak di bawah ini.

Arti di Balik Nama Merek Mobil Terkenal DuniaNama adalah identitas bagi para pemiliknya yang merupakan pembeda antara satu dengan yang lainnya, termasuk nama dari berbagai merek mobil terkenal dunia. Bahkan, pemilihan nama tersebut juga dipengaruhi oleh sisi pemasaran mereka.

 

Nama yang digunakan pun memiliki sejarah, seperti Toyota yang berasal dari Toyoda, BMW yang merupakan penggabungan dari dua perusahaan, Porche yang mengambil dari nama pendirinya, Fiat yang ternyata nama dari daerah asal mobil tersebut, dan lain-lain.

 

Unik bukan? Nah, bagi yang ingin lebih mengenal filosofi dan asal mula nama dari perusahaan otomotif di atas, silakan baca penjelasannya di bawah ini.

 

Toyota

Pada awalnya, Toyota bukanlah sebuah perusahaan mobil, melainkan perusahaan tenun yang dimiliki oleh Kiichiro Toyoda. Dia adalah seorang industrialis pertama Jepang dan merupakan salah satu pengembang mesin tenun.

 

Sekitar tahun 1920 – 1930, mobil-mobil keluaran Amerika, seperti Ford dan GM, mulai masuk serta merakit mobil mereka di Jepang.  Melihat hal tersebut, Kiichiro merasa resah karena tidak ada satupun produsen otomotif lokal yang bisa berhasil dari sisi bisnis. Ia bermimpi untuk menciptakan sendiri mobil yang diproduksi oleh Jepang.

 

Pada tahun 1933, Toyoda bersama timnya mencoba untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan membangun pabrik dan membongkar mobil-mobil Amerika untuk melihat spesifikasi mesin sampai dengan suku cadangnya.

 

Lalu, perjuangan itu dilanjutkan dengan membuat blok silinder pada Juli 1934. Akhirnya, setelah melakukan berbagai macam percobaan, Toyoda berhasil memproduksi mobil penumpang pertamanya, yaitu Toyoda Model AA Sedan pada September 1936.

 

Nama Toyoda akhirnya berubah menjadi Toyota yang kita kenal sekarang. Alasan perubahan nama tersebut adalah lebih kepada sisi pemasaran dan feng shui.

 

BMW

Bayernische Motor-Werken (Bavarian Motor Works) mulai berdiri pada tahun 1916 sebagai proyek bersama perusahaan mesin Jerman, Rapp Motorwerken, dengan perusahaan pembuat pesawat terbang, Bayernische Flugzeug-Werken. Jadi, namanya berasal dari penyatuan dua perusahaan tersebut.

 

BMW nyaris tutup dua tahun kemudian karena penandatanganan Traktat Versaille yang melarang Jerman untuk mendesain dan memproduksi pesawat terbang.

 

BMW kemudian bermaksud mendesain dan memproduksi ulang mesin pesawat terbang sampai akhirnya bergeser memproduksi sepeda motor dan mobil. Logo biru dan putih BMW berasal dari penggambaran baling-baling pesawat yang sedang berputar.

 

Fiat

Fiat merupakan salah satu perusahaan mobil terbesar di Italia. Namanya berasal dari singkatan Fabbrica Italiana Automobili Torino, atau pabrikan mobil asal Turin, Italia. Fiat didirikan oleh Giovanni Agnelli dan para investor lainnya pada tahun 1899.

 

Saat ini, Fiat memiliki saham di Ferrari, Maserati, SEAT, Lada, dan Chrysler. Logo Fiat dibuat oleh seorang tipograger dari Turin dan bentuknya hampir tidak pernah berubah sampai sekarang.

 

Porsche

Ferdinand Porsche memiliki pengalaman unik pada perang dunia kedua. Ia membangun transmisi untuk tank selama di penjara. Pada saat yang sama, perusahaan miliknya, yaitu Dr. Ing. h. c. F. Porsche GmbH dijalankan oleh anaknya, Ferry.

 

Saat itu, Ferry sangat kesal karena tidak tersedia mobil sport seperti yang ia inginkan. Lalu, dengan desain milik ayahnya, Ferry membuat prototype mobil sport dengan mesin di belakang. Hasil pekerjaannya diperlihatkan kepada Ferdinand setelah keluar dari penjara.

 

Ferdinand mengatur kembali perusahaannya dengan nama yang lebih pendek dan logo baru untuk memproduksi mobil Porsche. Logo tersebut merupakan kombinasi lambang Negara bagian Wuerttemberg pada masa Weimar dengan gambar kuda yang melambangkan Stuttgart.

 

Ferrari

Selanjutnya adalah Ferrari, yang berasal dari nama pendirinya, yaitu Enzo Ferrari. Awalnya, ia adalah seorang pembuat mobil balap dan akhirnya memproduksi kendaraan komersial pada tahun 1947.

 

Enzo Ferrari sebelumnya adalah pembalap dari Alfa Romeo dan diberikan kesempatan oleh ibunda dari Baracca pada tahun 1929 untuk menggunakan simbol kuda jingkrak sebagai hadiah kepada sesama penduduk Modena.

 

Sebagai informasi, logo kuda jingkrak yang digunakan Ferrari pertama kali muncul pada logo pesawat di Perang Dunia 1 yang berarti simbol keberuntungan.

 

Lalu, logo tersebut pertama kali dipakai pada mobil balap Scuderia Ferrari di awal tahun 1930an, kemudian digunakan sebagai logo mobil produksi Ferrari setelah berpisah dari Alfa Romeo.

 

Chevrolet

Hampir sama dengan Ferrari, Chevrolet adalah merek mobil yang berasal dari pendirinya, Louis Chevrolet. Ia merupakan imigran dari Swiss yang memiliki darah Perancis dan juga merupakan pembalap bagi Alfa Romeo dan Buick.

 

Chevrolet kemudian bertemu dengan William C. Durant yang dipecat dari General Motors. Durant dan Chevrolet akhirnya memproduksi mobil dengan logo yang terinspirasi sebagai lambang negara Swiss. Perubahan yang mendasar dari logo itu hanyalah hilangnya nama Chevrolet dari logo pada tahun 1985.

 

Alfa Romeo

A.L.F.A (Anonima Lombarda Fabbrica Automobili) adalah nama awal dari Alfa Romeo yang didirikan oleh seorang berkebangsaan Perancis, Alexandre Darracq. Pada tahun 1910, A.L.F.A menciptakan mobil pertama yang bukan buatan Darracq, melainkan desain dari Giuseppe Merosi.

 

Tahun 1915, Nicola Romeo duduk di perusahaan ini dan kemudian berubah nama menjadi Alfa Romeo, penggabungan nama lama dan pendatang baru.

 

Alfa Romeo telah terlibat dalam balapan mobil sejak tahun 1911, setahun setelah berdiri. Alfa Romeo merupakan perusahaan dari Milan dengan simbol tradisional Milan pada logo salib merah diatas putih digabung dengan ‘biscione’ yang tradisional.

 

Biscione adalah simbol kejayaan keluarga Visconti yang agung. Keluarga tersebut memerintah Milan pada tahun 1200an.

 

Dari filosofi nama mobil di atas, mana yang menjadi pilihan kamu?

SHARE