Apa Alasan Lubang Baut Pelek Mobil Jumlahnya Berbeda?

By Reka Harnis - Maret 16, 2021

Setiap mobil memiliki jumlah lubang baut pelek yang berbeda. Kira-kira apa yang mempengaruhi hal tersebut?

lubang baut pelek

Setiap komponen yang akan disematkan pada mobil tentu dipertimbangkan dengan matang sesuai dengan kebutuha, tidak terkecuali bagian kaki-kaki.

Bagian kaki-kaki, seperti pelek dan ban, merupakan salah satu komponen yang dibuat dengan menyesuaikan dimensi, bobot, hingga tenaga mobil.

Bahkan, jika diperhatikan, jumlah lubang baut pelek mobil bisa berbeda-beda. Banyaknya lubang baut tersebut terbilang cukup variatif, ada yang menggunakan 3, 4, 5, atau bisa lebih dari 8 baut.

Baca juga: Tips Melewati Turunan Curam Menggunakan Mobil Matik

Jumlah tersebut tentunya tidak dibuat tanpa alasan, melainkan dengan mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan, jumlah baut pada pelek mobil tergantung pada beban dan tenaga yang dihasilkan. 

Maka dari itu, kebanyakan mobil dengan kapasitas dan dimensi yang kecil, seperti mobil jenis MPV atau hatchback, umumnya memiliki empat lubang baut.

Namun, SUV atau kendaraan niaga ringan bisa mencapai enam, sedangkan jumlah lubang baut pelek yang lebih banyak, misalnya delapan atau lebih, bisa terlihat pada pelek truk.

Jika penggunaan jumlah baut tidak sesuai kebutuhan, keselamatan dan performa kendaraan bisa terganggu serta beresiko bagi pengendara.

Tidak hanya jumlahnya yang berbeda, jarak antar lubang juga bisa berlainan, yang dikenal dengan istilah Pitch Circle Diameter (PCD). Istilah lain dari PCD adalah bolt pattern atau stud pattern.

Sama dengan jumlah lubang baut pelek mobil yang sudah dibahas sebelumnya, perbedaan angka PCD pada setiap mobil juga dipengaruhi oleh bobot, dimensi, dan performa.

Toyota Innova misalnya, mobil keluarga dengan dimensi yang cukup besar ini memiliki PCD sebesar 5×114,3, yang artinya menggunakan pelek 5 baut dengan ukuran 114,3 mm.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Diesel Runaway? Yuk, Kenalan!

Meski angka PCD dipengaruhi oleh dimensi sebuah mobil, bukan berarti semua mobil berukuran kecil memiliki ukuran PCD yang sama.

Nilai PCD mobil kecil yang sering dijumpai adalah PCD 100, tapi ada juga mobil kecil dengan PCD 120 dan PCD 139.

Buat kamu yang hobi modifikasi, wajib tahu mengenai PCD jika ingin melakukan modifikasi di bagian pelek mobil.

Tujuannya, agar tak mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Jangan sampai, mobil jadi keren namun keamanan dan kenyamanan dikorbankan.

Berita Terkait

Author