Aliran Modifikasi Audio Mobil yang Nendang di Kuping

29 October 2019

Modifikasi mobil tidak hanya mesin, eksterior, dan interior, tapi juga hiburan. Yuk ketahui ragam aliran modifikasi audio pada mobil saat ini!

aliran modifikasi audio

Saat ini mobil tidak hanya memiki peran sebagai alat transportasi, melainkan sebagai representasi identitas dari sang pemilik.

 

Untuk itu maraklah fenomena modifikasi yang membuat mobil miliknya berbeda dari mobil-mobil keluaran pabrikan.

 

Modifikasi yang dilakukan tidak hanya sekedar tampilan eksterior atau interior, tapi juga merasuk hingga bagian mesin untuk mendongkrak performa.

 

Sementara, di sektor hiburan yang meliputi audio pun turut diperhatikan agar perjalanan dan pengalaman mendengarkan musik lebih maksimal.

 

Baca juga: Deretan Game Balap Terbaik yang Wajib Diunduh dan Dimainkan

 

Aliran modifikasi audio pun beragam, tidak hanya sekedar mengganti head unit, menambah speaker, power, dan subwoofer. Lebih jauh, yuk ketahui ragam aliran modifikasi audio pada mobil saat ini!

aliran modifikasi audio

Sound Quality (SQ)

Aliran modifikasi audio ini mengutamakan kualitas dari audio yang dihasilkan, sesuai dengan namanya Sound Quality. Detail, kedalaman, hingga semua frekuensi suara harus terdengar jelas dan jernih.

 

Ciri khas dari aliran ini yakni, mobil telah dipasangi peredam agar suara dari luar tidak masuk ke dalam mobil, penggunaan speaker 3-way, dan juga terdapat prosesor yang berfungsi untuk mengatur time alignment agar suara bisa berkumpul di tengah.

 

Baca juga: Mengenal Cara Kerja dan Kelemahan Air Suspension

 

Modifikasi SQ ini lebih cocok untuk memutar lagu dengan music yang halus seperti folk, jazz atau pop slow. Head unit yang dimiliki aliran modifikasi audio ini biasanya merupakan kualitas tinggi.

aliran modifikasi audio

Sound Quality Loud (SQL)

Aliran modifikasi audio SQL mementingkan pengaturan speaker dan subwoofer. Untuk itu mobil harus dipasangi speaker dan subwoofer dalam jumlah yang banyak di hampir seluruh bagian kabin hingga bagasi.

 

Karena jumlahnya banyak, boks subwoofer pun tidak sebesar pada aliran SPL.

 

Baca juga: Referensi Modifikasi Toyota Avanza Veloz 2014, Audionya Ajib

 

SQL ini sebenarnya merupakan perpaduan dua aliran, yakni SQ dan SPL yang bertujuan menghasilkan suara jernih yang memiliki power kencang.

 

Selain itu, sistem audio yang menganut aliran SQL lebih menonjolkan keseimbangan antara speaker dan subwoofer.

aliran modifikasi audio

Sound Pressure Level (SPL)

Berbeda dengan kedua aliran di atas, modifikasi ini menonjolkan bass yang besar dan kencang, subwoofer yang digunakan tidak sebanyak SQL namun memiliki fungsi lebih spesifik tertentu untuk mendukung kencangnya bass.

 

Ciri dari aliran modifikasi audio ini adalah jumlah subwoofer yang hanya sedikit, biasanya hanya berjumlah satu atau dua saja. Namun biasanya menggunakan boks yang berukuran besar.

 

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Kenali Dulu Tipe dan Jenis Ban Mobil

 

Sementara speaker hanya digunakan untuk bagian depan saja dan power atau amplifier-nya menggunakan tenaga yang besar sehingga bisa mengalirkan suara ke subwoofer secara maksimal.

 

Kencangnya suara tersebut diukur dengan jumlah tekanan suara dengan satuan decibel. Lagu yang cocok untuk diputar di mobil dengan aliran modifikasi audio SPL adalah lagu-lagu dengan beat yang kencang seperti RnB atau Hiphop.

aliran modifikasi audio

Car Theater

Ailran modifikasi audio yang terakhir adalah car theater, ciri khasnya terdapat pada banyaknya perangkat audio dan visual yang disematkan di pada mobil.

 

Selain perangkat audio berupa centre speaker untuk surround system, mobil yang mengusung aliran modifikasi udio Car Theater bisa dilihat dari disematkannya televise dan DVD Player.

 

Ada juga penambahan konsol game serta berbagai fitur hiburan lainnya yang turut memeriahkan kondisi kabin untuk memberikan hiburan kepada penumpang.

 

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Begini Cara Menangani Mobil Overheat

aliran modifikasi audio

Nah, itulah berbagai aliran modifikasi audio. Modifikasi bisa dibilang merupakan seni untuk memperindah mobil. Seni adalah selera setiap pribadi pemilik mobil, semua bergantung dengan selera.

 

Jika ingin modifikasi audio pada mobil, alangkah baiknya Anda memperbanyak referensi terlebih dahulu agar perubahan yang diterapkan sesuai kebutuhan dan cocok dengan mobil yang dimiliki.

SHARE