Search Cars

Berita Utama Otomotif

AC Mobil Dingin Pas, Gak Dingin Kebangetan! Ini Manfaat Suhu Ideal AC Mobil

AC Mobil – Pernah nggak sih kamu merasa kepanasan saat macet di jalan? Apalagi kalau AC mobil kamu lagi nggak di ngin. Duh, jadi bete banget kan? Sebaliknya, AC yang terlalu di ngin juga bisa bikin kamu kedinginan dan nggak nyaman di perjalanan.

AC Mobil

Nah, ternyata ada lho suhu ideal AC yang nggak bikin kamu kepanasan atau kedinginan. Selain bikin nyaman, suhu ideal AC mobil juga punya banyak manfaat lho buat kamu dan mobil kamu. Penasaran apa aja manfaatnya?

Suhu Ideal AC Mobil: Berapa Derajat Celsius yang Pas?

Menurut para ahli, suhu ideal AC biasanya berada di antara 22 derajat Celsius sampai 24 derajat Celsius. Suhu di angka ini di anggap cukup sejuk dan nyaman buat penumpang mobil. Selain itu, suhu ini juga pas buat menjaga kesehatan kamu. Soalnya, kalau AC terlalu di ngin, tubuh kamu bisa mudah lelah dan gampang masuk angin.

Manfaat Suhu Ideal AC Mobil

Ternyata, mengatur AC mobil di suhu ideal nggak cuma bikin kamu nyaman lho, tapi juga punya banyak manfaat lainnya. Yuk, simak apa aja manfaatnya:

  • Nyaman di Perjalanan – Suhu yang pas bikin perjalanan kamu lebih menyenangkan. Kamu nggak perlu bolak-balik mengatur suhu AC dan bisa lebih fokus mengemudi atau tidur nyenyak di perjalanan jauh.
  • Hemat Bensin – Percaya atau nggak, suhu AC yang ideal bisa ngurangin penggunaan bahan bakar. Soalnya, kompresor AC nggak perlu bekerja ekstra keras buat mencapai suhu yang sangat di ngin. Dengan kata lain, kamu bisa irit bensin deh!
  • Menjaga Kesehatan – Suhu AC yang terlalu di ngin bisa membuat tubuh kedinginan dan mudah capek. Selain itu, udara yang terlalu di ngin juga bisa mengeringkan kulit dan membuat tenggorokan kamu jadi kering. Sebaliknya, suhu ideal AC bisa membantu menjaga kesehatan kamu dan penumpang lainnya saat berada di dalam mobil.
  • Mencegah Embun di Kaca – Pernah nggak sih kaca mobil kamu berembun saat hujan atau AC di nyalakan terlalu di ngin? Embun di kaca ini bisa mengganggu pandangan kamu saat mengemudi. Nah, suhu ideal AC bisa membantu mencegah perembunan di kaca mobil sehingga pandangan kamu tetap jelas dan berkendara jadi lebih aman.
  • Menjaga Kompresor AC Awet – Kompresor AC adalah komponen penting dalam sistem pendingin mobil. Kalau AC terus-menerus di nyalakan di suhu yang sangat di ngin, kompresor akan bekerja ekstra keras. Lama-lama, kompresor ini bisa cepat rusak. Dengan mengatur AC di suhu ideal, kamu bisa membantu memperpanjang umur kompresor AC dan menghindari biaya perbaikan yang mahal.

Tips Menjaga Suhu Ideal AC Mobil

Supaya suhu AC mobil kamu tetap ideal dan nyaman di perjalanan, ikuti tips berikut ini:

  • Lakukan perawatan AC mobil secara rutin. Perawatan rutin bisa membantu menjaga sistem pendingin mobil agar bekerja optimal.
  • Gunakan pelindung mobil saat parkir di tempat terbuka. Paparan sinar matahari langsung bisa membuat suhu di dalam mobil cepat panas. Dengan menggunakan pelindung mobil, kamu bisa mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil. Sehingga, saat AC di nyalakan, nggak perlu bekerja ekstra keras buat mencapai suhu ideal.
  • Atur Kecepatan Kipas AC dengan Benar. Selain mengatur suhu, kamu juga perlu menyetel kecepatan kipas AC dengan benar. Atur kecepatan kipas sesuai kebutuhan. Misalnya, saat pertama kali menyalakan AC, kamu bisa menyetel kecepatan kipas di level tinggi supaya suhu cepat di ngin. Setelah suhu sudah ideal, kamu bisa menurunkan kecepatan kipas agar lebih hemat energi.
  • Hindari Membuka Jendela Terlalu Sering. Membuka jendela mobil memang bisa membantu menyejukkan udara di dalam mobil sementara. Namun, membuka jendela terlalu sering justru akan membuat AC bekerja lebih keras buat menjaga suhu ideal. Kalau udara di luar nggak terlalu panas, sebaiknya biarkan AC menyala dengan normal saja.
  • Manfaatkan fitur resirkulasi udara. Fitur resirkulasi udara berfungsi mensirkulasikan udara di ngin di dalam mobil tanpa mencampurnya dengan udara panas dari luar. Gunakan fitur ini saat pertama kali menyalakan AC atau saat berkendara di jalanan yang banyak debu.

Kesimpulan

Dengan mengatur AC di suhu ideal (22-24 derajat Celsius) dan menerapkan tips di atas, kamu bisa menikmati berkendara yang nyaman, hemat bensin, dan juga menjaga kesehatan kamu serta umur kompresor AC kamu. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjaga suhu AC mobil kamu ya!

Selamat berkendara dengan nyaman!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.