5 Hal yang Membuat Harga Jual Mobil Anda Meningkat

01 October 2019

Setidaknya, ada 5 faktor yang dapat mempengaruhi harga jual mobil Anda. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

harga jual mobilMobil merupakan aset yang sekaligus menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Selain itu, mobil juga dapat menjadi hobi bagi para peminatnya. Tetapi, ada kalanya orang bosan dengan mobil yang dimilikinya dan ingin mengganti mobil tersebut dengan jenis lain.

 

Saat ingin menjual mobil, pastinya sebagian besar dari Anda menginginkan harga yang tinggi dari penjualan itu. Lalu, sebagai pembeli, tentu ingin mendapatkan mobil yang berkualitas dan sesuai dengan harga jualnya.

 

Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat harga jual mobil Anda meningkat. Lebih lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

 

Perhatikan bagian mesin

membersihkan ruang mesin mobilMesin menjadi salah satu faktor penting penentu harga mobil. Apabila mesin bermasalah, maka harga jualnya otomatis turun, bahkan bisa berpengaruh terhadap peminat mobil Anda. Untuk itu, selalu rawat mobil Anda secara berkala di bengkel resmi.

 

Baca juga: Kenali Istilah dan Tanda Mesin Harus Melakukan Overhaul

 

Atau, Anda bisa melakukan perawatan kecil sendiri di rumah, misalnya mengganti oli mesin, menguras air radiator, mengecek tegangan aki, dan lain sebagainya.

 

Namun, jika ingin melakukan pengecekan menyeluruh, misalnya pada bagian injeksi, gearbox, ruang bakar, dan lain-lain, Anda membutuhkan tenaga profesional  untuk mengerjakannya.

 

Pastikan surat-surat mobil lengkap

Selain mesin, faktor penting lainnya adalah surat-surat mobil. STNK, BPKB, dan faktur pembelian menjadi hal wajib bila Anda menginginkan mobil dihargai tinggi oleh pembeli, karena semua spesifikasi mobil tertera di dalam surat-surat tersebut.

 

Mulai dari nomor rangka, nomor mesin, sampai dengan catatan pajak ada di dalamnya. Oleh karena itu, surat-surat sekaligus menjadi legalitas dan bukti bahwa mobil yang ingin dijual bukan hasil pencurian atau barang gelap.

 

Buat mobil terlihat seperti baru

Review BMW Seri 3Kemudian, bersihkan seluruh interior dan eksterior, usahakan mobil Anda terlihat layaknya mobil baru. Jangan sampai terlihat ada goresan atau noda yang berpotensi menurunkan nilai estetika dan harga jual mobil Anda.

 

Apabila goresan atau noda susah untuk dihilangkan, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel perawatan body dan interior mobil untuk mempercantik tampilannya.

 

Warna mobil kadang menjadi penentu harga

Selain, merek, tipe, dan performa mesin, warna masuk ke dalam daftar pertimbangan pembeli. Pemilihan warna tersebut bukan hanya soal selera, tetapi juga harga jual kembali. Pasalnya, warna menjadi salah satu penentu harga mobil jika bicara soal resale value, khususnya pada segmen medium-low.

 

Baca juga: Warna Mobil juga Menjadi Penentu Harga Jual Mobil Bekas

 

Warna mobil yang paling diminati adalah hitam dan putih. Namun, biasanya warna ini paling sering dicari untuk jenis mobil sedan, Sport Utility Vehicle (SUV), dan Multi Purpose Vehicle (MPV). Sedangkan pada tipe lainnya, ada warna lain yang sering diburu oleh peminat mobil bekas.

 

Pahami aturan jual-beli

Terakhir, pahami aturan jual-beli mobil. Ini mungkin hal penting yang sering dilupakan oleh sebagian orang. Ada beberapa peraturan yang harus dijalankan sebelum Anda menjual ataupun membeli mobil.

 

Aturan pertama adalah perjanjian antara kedua belah pihak, yaitu antara pembeli dan penjual, entah perorangan atau pelaku usaha (showroom/dealer). Surat tersebut berguna untuk menjelaskan identitas sang penjual maupun pembeli.

 

Baca juga: Sebelum Jual Beli Mobil, Pahami Dulu Hal Ini

 

Surat perjanjian jual beli mobil tersebut juga harus berisi tentang keterangan mobil, seperti merek, tahun, nomor mesin, dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan spesifikasi tertentu agar surat tersebut lebih terperinci.

 

Setelah itu, ada baiknya aktifitas jual beli tersebut mengacu kepada Undang-Undang (UU) yang berlaku agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Hal tersebut diatur dalam UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

 

UU Perlindungan Konsumen Pasal 1 angka 2 menyebutkan bahwa konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, mupun makhluk hidup lain dan tidak diperdagankan.

 

Memang terlihat lumayan rumit, tetapi 5 poin di atas merupakan cara yang tepat untuk membuat harga mobil Anda naik saat dijual ke pasaran. Selain itu, hukum yang berlaku akan melindungi segala aspek yang terjadi di dalam proses penjualan tersebut.

 

Baca juga: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas Premium

 

Atau, jika ingin melakukan pembelian mobil bekas dengan mudah, Anda bisa mengunjungi Seva.id. Marketplace ini menyediakan fitur Pilihan Expert, yang menawarkan berbagai mobil bekas dengan kualitas premium.

 

Jadi, saat ingin membeli mobil bekas, langsung saja kunjungi Pilihan Expert di Seva.id.

SHARE