47 Tahun Toyota Melintas di Jalanan Indonesia

15 August 2018

Industri merupakan salah satu sektor yang berperan besar dalam pembangunan ekonomi nasional. Industri otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor industri yang paling berpengaruh.

 

Di usia ke 73 tahun Indonesia, Toyota sudah berkiprah dalam industri otomotif untuk masyarakat Indonesia selama 47 tahun. Hingga saat ini, mobil Toyota pasti ditemukan di setiap ruas jalan raya.

 

Pada 12 April 1971, PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi didirikan di Indonesia sebagai perusahaan ventura bersama antara PT Astra International Tbk. dan Toyota Motor Corporation, Jepang. Mulanya, TAM hanya sebagai importir, namun setahun kemudian menjadi distributor kendaraan Toyota.

 

Pada tahun 1971-1974, TAM membawa generasi kedua Toyota Corolla di Indonesia. Sedan ini diklaim sebagai kendaraan terlaris Toyota yang sudah terjual lebih dari 40 Juta unit di seluruh sedunia. Hingga saat ini Toyota Corolla memiliki 11 generasi.

 

Pada 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan, yaitu PT Multi Astra (pabrik perakitan), PT Toyota Mobilindo (pabrik komponen bodi), dan PT Toyota Engine Indonesia (pabrik mesin). Dengan bergabungnya perusahaan-perusahaan ini, PT Toyota-Astra Motor tak hanya mendistribusi, namun dapat memproduksi kendaraan Toyota di Indonesia dengan efisien dan berkualitas.

 

Produk Toyota yang legendaris lainnya adalah Toyota Kijang, yang namanya berasal dari singkatan ‘Kerjasama Indonesia dan Jepang’. Salah satu pioneer mobil minibus ini pertama hadir di Indonesia pada tahun 1977 sebagai mobil niaga, namun beregenerasi menjadi MPV.

 

Saking lekatnya Toyota Kijang dengan masyarakat Indonesia, untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1995, Toyota meluncurkan Kijang Soeharto Series, yaitu seri perdana Kijang yang menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan, Dengan ini, nama Toyota lekat sebagai kendaraan buatan Indonesia untuk masyarakat Indonesia.

 

Toyota Corolla dan Kijang hingga saat ini masih diproduksi dengan nama Corolla Altis dan Kijang Innova.
Pada tahun 1998, guna meningkatkan daya produksi dan kualitas produk, TAM mendirikan pabrik dengan teknologi terbaru di Karawang. Saat ini, PT Toyota-Astra motor juga telah memiliki pabrik produksi yang mengerjakan stamping, casting, engine, dan assembly di Sunter, Jakarta.

 

Sejak 15 Juli 2003, TAM mengalami perubahan struktur menjadi 2 perusahaan, yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang merupakan perakit dan eksportir kendaraan dan suku cadang, kemudian PT Toyota-Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor di Indonesia.

 

Seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat, penjualan Toyota mampu mencapai angka pertumbuhan di atas rata-rata. Hal ini menunjukkan Toyota menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

 

Berdasarkan data Gaikindo tahun 2017, penjualan Toyota merupakan yang tertinggi dalam setahun dengan berhasil menjual 348 ribu unit kendaraan.

 

cuci mobilDari seluruh tipe mobil terlaris dari berbagai merek, tiga yang tertinggi adalah mobil Toyota. Posisi pertama diduduki Toyota Avanza sebanyak 116.311 unit, disusul Toyota Calya 73.236 unit dan Toyota Kijang Innova 61.775 unit.

 

Gempuran merk-merk baru yang datang di Indonesia tak membuat Toyota meredup, karena Toyota sejak puluhan tahun yang lalu sudah dapat melakukan produksi sendiri. Selain itu, layanan purnajual Toyota juga terbukti mumpuni dengan ratusan diler dan bengkel resmi yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia, sehingga kendaraan Toyota makin dipercaya di hati masyarakat Indonesia.

 

Jadi, apa mobil Toyota yang Anda pakai? Jangan lupa cek mobil Toyota dan promo yang diberikan Seva.id ya..

 

Penulis: Nurul Fauziah

SHARE