4 Tanda-tanda Gejala Rack Steer Rusak

12 June 2019

Rack steer rusak dapat dikenali dari beberapa gejala. Jangan sampai mobil Anda bertambah parah kerusakannya karena telat mendeteksi kerusakan rack steer.

Keamanan berkendara sangat penting untuk Anda ketahui karena jika ada bagian mobil yang bermasalah akan membahayakan nyawa Anda sendiri.  Sebelum Anda berangkat pastikan beberapa bagian mobil atau komponen mobil dalam keadaan aman. Beberapa komponen mobil tersebut adalah ban mobil, lampu dan bahkan setir  mobil Anda.

 

Salah satu bagian yang paling berbahaya ketika rusak adalah bagian roda kemudi atau kita menyebutnya dengan nama steer. Bagian setir yang umumnya rusak adalah bagian rack steer. Bagian ini rusak karena Anda sering melewati jalanan yang berlubang. Ketika hal ini terjadi Anda akan kesulitan mengemudikan mobil Anda seperti biasanya.

 

Ada beberapa Tanda atau gejala rack steer Anda rusak yang harus Anda waspadai seperti:

 

Suara Memekik pada Roda Kemudi

Salah satu gejala rack steer rusak adalah ketika Anda mengendarai mobil Anda dan menggerakan roda kemudi Anda akan mendengar suara memekik. Ketika Anda melaju dengan kecepatan lambat Anda akan mendengar suara berdengung atau memekik. Jika sudah begini terdapat kerusakan pada rack steer mobil Anda.

 

Ada baiknya Anda segera memeriksakan mobil Anda ke bengkel ketika Anda sudah mulai mendengar bunyi dari roda kemudi atau steer Anda, bisa jadi rack steer Anda lah yang sedang bermasalah.

 

Getaran pada Roda Kemudi atau Steering Wheel

Tanda atau gejala rack steer rusak berikutnya adalah ketika Anda mulai merasakan getaran pada kemudi atau steering wheel saat mobil Anda dalam keadaan idling. Getaran yang terjadi saat Anda mengendarai mobil Anda bisa menjadi pertanda bahwa drive belt Anda dalam keadaan rusak atau bermasalah. Drive belt membutuhkan tegangan yang tepat agar dapat digunakan.

 

Ada baiknya Anda memeriksa secara rutin drive belt mobil untuk melakukan pencegahan.

 

Kesulitan dalam Memutar Roda Kemudi

Tanda atau gejala rack steer rusak yang dapat dirasakan secara langsung adalah Anda akan mengalami kesulitan dalam memutar roda kemudi mobil Anda. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda kesulitan dalam memutar roda kemudi Anda yaitu, kurangnya minyak power steering, tekanan ban yang tidak memadai dan terjadi kerusakan pada rack steer mobil Anda.

 

Gigi Pinion dan Harmonika Tumpul

Tanda atau gejala rack steer rusak berikutnya adalah ketika gigi pinion dan harmonika pada mobil Anda mengalami tumpul. Hal ini bisa terjadi karena gigi pinion dan harmonika mengalami pergesekan karena tidak adanya pelumasan akibat debu yang menempel saat pengemudi memutar setir.

 

Solusi yang bisa dilakukan adalah gigi tersebut dapat dicor ulang, sehingga membentuk sebuah gerigi-gerigi yang baru. Untuk mobil yang masih menggunakan teknologi power steering dengan fluida, sil penahan olinya perlu juga untuk diganti yang baru.

 

Nah, itulah 4 gejala rack steer rusak yang bisa Anda jadikan referensi ketika steer Anda mulai susah digerakan. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya.

 

Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

SHARE