Search Cars

Tips & Rekomendasi

10 Mobil SUV yang Cocok Buat Road Trip Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun dihabiskan dengan perjalanan darat, butuh mobil yang tangguh dan nyaman. Ini rekomendasi mobil SUV yang cocok.

liburan akhir tahun

Liburan akhir tahun sering dijadikan momentum untuk dihabiskan bersama keluarga.

Mungkin bagi kalian yang merencanakan liburan akhir tahun dengan berpergian menggunakan mobil. Nah SEVA punya rekomendasi mobil jenis SUV terbaik untuk road trip.

Mengapa pakai SUV untuk road trip? Mobil SUV diketahui memberikan perpaduan antara kenyamanan ala mobil sedan, dengan fleksibilitas ruang ketangguhan, kepraktisan, serta daya jelajah yang lebih baik.

Tidak heran jika jenis mobil ini memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Seiring berjalannya waktu, segmen SUV di dunia otomotif pun menjadi semakin beragam.

Kini ada banyak jenis SUV yang dibedakan berdasarkan ukurannya sebut saja Low SUV, Crossover SUV hingga SUV high atau premium. 

SUV model manakah yang kami rekomendasikan cocok dipakai untuk perjalanan liburan akhir tahun, simak daftar berikut ini. 

1. Toyota Fortuner untuk liburan akhir tahun

dimensi mobil fortuner

Dipasarkan dengan rentang harga Rp549 juta  sampai Rp720 juta, Toyota Fortuner pantas masuk ke dalam daftar SUV yang cocok untuk perjalanan darat liburan akhir tahun. 

SUV yang sudah terapkan teknologi ladder frame ini, disinyalir punya kaki-kaki dan rangka yang kuat. 

Hal ini membuat Toyota Fortuner lebih bisa diandalkan untuk melibas medan off-road selama perjalanan liburan akhir tahun. 

Toyota Fortuner tentunya tidak sendiri bermain di kategori SUV dengan ladder frame. Opsi lainnya adalah Mitsubishi Pajero Sport.

2. Mitsubishi New Pajero Sport

liburan akhir tahun

Ditawarkan pada rentang harga Rp500 hingga 700 jutaan, Mitsubishi New Pajero Sport diklaim tangguh dan memiliki kemampuan jelajah yang andal di semua medan Jalan. 

Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia menyukai mobil ini. Urusan mesin Pajero mengandalkan dapur pacu jenis diesel. 

Sama seperti Fortuner, Pajero juga memiliki konstruksi sasis ladder frame.

Soal mesinnya SUV berbodi bongsor ini mengandalkan mesin turbo diesel common-rail berkubikasi 2,4 L.

Mesin ini diklaim memiliki tenaga terbesar di kelasnya dengan mesin berkapasitas besar tersebut mesin Pajero Sport bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 HP dan torsi mencapai 440 Nm.

Mesinnya ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan yang disebut responsif. 

Baca juga: Berbeda dengan SUV, Apa Itu Mobil Crossover?

3. Toyota Raize, teman liburan seluruh keluarga

Toyota Raize

Toyota Raize dijual mulai dari harga Rp232 juta  sampai Rp270 juta. 

Mobil Toyota Raize pada April lalu diluncurkan ternyata mendapat sambutan yang positif. 

Mobil ini sebenarnya juga tersedia dalam pilihan mesin 1.000cc dan 1.200cc. Dengan adopsi turbo membuat low SUV ini sangat tangguh dalam urusan power. 

4. Toyota Rush, liburan akhir tahun lebih seru

tempat hidden gem

Toyota Rush dijual dengan harga Rp279 juta sampai Rp305 juta. 

Dibandingkan para rivalnya Toyota Rush memiliki ciri khas penggerak rodanya yang masih menggunakan sistem rear wheel drive (RWD). 

Dengan adopsi sistem penggerak ini, sudah tentu Rush Mampu melibas jalanan yang ekstrim. 

Seperti jalanan tanjakan hingga jalan pedesaan yang masih banyak bebatuan. Harganya pun masih masuk akal untuk di kantong konsumen yang berminat. 

5. Honda CRV

honda crv

Ditawarkan dengan harga Rp515 juta sampai Rp668 juta, saudara tua HRV ini juga dinilai cocok untuk dipakai liburan.

Mobil Ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016, CRV punya desain yang atraktif. Hal ini mencerminkan ketangguhan SUV, namun mobil ini tetap menawarkan kenyamanan dan kelincahan yang ditemukan pada mobil sedan.

Sama seperti HRV mobil ini juga menawarkan berbagai fitur lengkap yang bisa memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. 

Generasi terbaru CRV diketahui mendapatkan berbagai perubahan salah satunya adalah dengan digunakannya mesin 1,5 liter yang dilengkapi dengan Turbo Charger

Konfigurasi mesin yang baru ini diklaim akan memberikan efisiensi, serta performa yang lebih baik. Cocok untuk dikendarai saat perjalanan selama liburan akhir tahun. 

 6. Wuling Almaz

liburan akhir tahun

Wuling Almaz yang dibanderol Rp298 sampai 380 juta ini kehadirannya sebagai mobil merek Cina sempat menuai pro dan kontra di kalangan pecinta otomotif Tanah Air.

Hingga pada perjalanannya, Wuling Almaz bisa dibilang sukses menjadi salah satu SUV paling terkenal di Indonesia. 

Pantas rasanya jika mobil ini masuk ke dalam daftar SUV terbaik 2022. Bagaimana tidak di tengah pasar SUV dengan kisaran harga Rp400 jutaan, Almaz seolah menggebrak pasar dengan harga jual yang jauh lebih terjangkau.

Dengan fitur canggih yang melimpah dan penampilan yang atraktif Almaz akhirnya mulai dilirik oleh pecinta mobil jenis SUV.

7. Mazda CX-3

liburan akhir tahun mazda cx 3

Kelebihan dari SUV Crossover Mazda CX-3 ini adalah desain eksterior yang keren dan timeless sehingga akan sangat cocok dipakai di tahun berapapun. 

Selain itu, fitur keselamatan juga cukup lengkap untuk Mazda CX-3, sehingga berlibur dengan keluarga terasa jauh lebih aman.

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

SUV Premium untuk Liburan Akhir Tahun

Tidak hanya SUV low dan medium saja, kalian juga bisa andalan SUV mewah untuk liburan akhir tahun kalian. 

Memang kebanyakan mobil ini belum secara resmi masuk ke Indonesia. Harganya pun masih sangat selangit. 

Cek pilihan SUV premium dari SEVA berikut ini:

8.  Toyota RAV4, mobil tangguh untuk liburan

liburan akhir tahun

SUV mewah yang tepat dalam daftar kami adalah Toyota RAV4. Tidak hanya mampu angkut 7 anggota keluarga, kenyamanan, kelapangan, fitur jarak tempuh bahan bakar, dan faktor lain untuk menciptakan panduan yang sempurna. 

Harga yang dipasarkan jika mobil ini masuk ke Indonesia bisa berkisar di atas Rp500 jutaan. Tapi sayangnya, untuk membeli mobil ini, kalian harus pesan ke importir Umum (IU). 

Karena PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek tidak menjual Toyota RAV4 di Indonesia. 

 9. Toyota Highlander Hybrid 

liburan akhir tahun

Ada juga Toyota Highlander hybrid. Tentu saja mobil ini tidak dijual di Indonesia. Tapi kekuatannya jalan raya dan kehebatan dalam urusan penghematan bahan bakar tidak diragukan lagi. 

Mobil ini bisa tampung hingga 8 orang. Ini membuat kalian bisa bawa banyak anggota keluarga saat liburan. 

Meskipun mereka yang duduk di baris ketiga mungkin tidak ingin berada di sana terlalu lama karena kursinya sempit. 

Namun dua baris pertama luas dan nyaman. Ada apple carplay, android auto, wi-fi Hotspot, bluetooth dan layar sentuh 8 inci sehingga keluarga tidak bosan selama perjalanan jauh. 

10. Lexus RX, super nyaman untuk liburan akhir tahun

lexus rx

Salah satu dari beberapa model mewah di daftar kami adalah Lexus RX. Mobil ini jelas merupakan kendaraan yang harus kalian pertimbangkan untuk perjalanan liburan akhir tahun. 

Lexus RX telah lama menjadi salah satu crossover SUV keluarga favorit di berbagai Negara. 

Menawarkan beberapa ruang kaki terbaik di kelasnya membuat perjalanan jauh bersama keluarga dan teman jadi lebih nyaman. 

Bagi penumpang yang membutuhkan hiburan, di kursi belakang Lexus RX menawarkan layar ganda dengan pemutar DVD, input video, audio headphone nirkabel dan banyak lagi. 

Demikian daftar 10 SUV terbaik yang bisa kalian pakai untuk liburan akhir tahun. Semoga bisa jadi pilihan kalian untuk dikendarai bersama keluarga.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.