Penting, Protokol Kesehatan Perjalanan Dalam Negeri Terbaru

By Adlina Nufikha - July 3, 2020

Ingin bepergian? Simak aturan terbaru terkait protokol kesehatan perjalanan dalam negeri berikut ini!

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengeluarkan jurus baru protokol kesehatan perjalanan dalam negeri baik di bandar udara dan pelabuhan di tengah penularan virus Covid-19 yang masih tinggi. Tujuannya, untuk menjadi acuan panduan bagi petugas yang berwenang dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri di kedua tempat tersebut.

Prinsip Pencegahan

Berdasarkan aturan yang diterbitkan, seluruh penumpang dan awak moda transportasi udara dan laut baik pribadi maupun umum harus dalam keadaan sehat dan senantiasa menerapkan prinsip-prinsip pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI

Setiap penumpang dan awak transportasi diwajibkan untuk menggunakan masker, pelindung wajah, menjaga jarak satu sama lain, serta menerapkan perilaku bersih dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Surat Keterangan 

Selain menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, para penumpang dan awak transportasi yang akan melaksanakan perjalanan dalam negeri, wajib memiliki surat keterangan hasil pemeriksaan RT-PCR negative atau surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku paling lama 14 hari sejak surat keterangan diterbitkan.

Baca juga: Aturan Pengendalian Transportasi di New Normal dari Menhub

Selain itu, para penumpang juga diwajibkan membawa kartu kewaspadaan kesehatan. Kartu ini dapat diperoleh dengan mengunduh aplikasi electronic Health Alert Card (eHAC) melalui Playstore ataupun App Store. Penumpang juga bisa mendapatkan kartu kewaspadaan kesehatan dengan mengunduhnya melalui inahac.kemkes.go.id kemudian mencetaknya.

 

Berita Terkait

Author