Mobil Mulai Menurun Kinerjanya Setelah 5 Tahun, Ini Alasannya

Sudah berapa lama Anda memiliki mobil yang menemani aktivitas serta rutinitas harian? Tahu kan Anda penyebab kinerja mesin mobil menurun setelah di atas lima tahun?

Akselerasi terasa lamban, mesin mudah knocking (ngelitik), dan konsumsi BBM menjadi boros merupakan gejala penurunan kinerja mesin mobil Anda.

 

Ada banyak faktor yang memengaruhi kinerja mesin mobil menurun setelah di atas lima tahun. Apalagi mobil yang memang digunakan sehari-hari dan sering menempuh perjalanan jauh.

 

Salah satu faktornya adalah tumpukan karbon di dalam mesin itu sendiri. Hal ini terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.

 

Meski mobil masa kini telah dilengkapi berbagai sensor untuk untuk selalu menjaga pembakaran yang optimal di ruang bakar. Namun, kualitas bahan bakar dan kondisi lalu lintas macet yang membuat mobil banyak melakukan stop and go tetap memungkinkan terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.

 

Pembakaran yang tidak sempurna itulah yang menyebabkan tumpukan karbon pada mesin dan menyebabkan kinerjanya menurun.

 

Bayangkan bila hal tersebut terus berulang selama lima tahun. Belum lagi karena kesibukan Anda sering melewatkan jadwal servis dan perawatan berkala.

 

Tidak dapat dipungkiri, turun mesin dengan biaya yang besar bisa saja terjadi pada mobil Anda.

 

Selain faktor di atas, masih ada lagi penyebab kinerja mesin mobil menurun setelah di atas lima tahun. Yuk simak!

Mesin overheating

Kasus mesin overheating atau kepanasan dapat terjadi pada mobil manapun tanpa terkecuali.

 

Overheating terjadi karena komponen mobil yang berfungsi dalam proses pendinginan tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga komponen lain pada mesin, biasanya silinder head, akan memuai dan panas. Jika saat cylinder head memuai, maka gesekan meningkat sehingga beban yang ditanggung untuk dapat bergerak pun semakin berat. Kalau sudah begini, wajar jika kinerja mesin mobil menurun secara perlahan.

 

Taufik Prabowo, Foreman PT Astra International Tbk – Daihatsu Jakarta Kelapa Gading Branch, mengatakan, biasanya overheat terjadi karena terdapat masalah pada sistem pendinginan mobil, atau memang karena faktor usia mobil tersebut.

 

“Motor fan radiator biasanya tiga tahun ke atas sudah mulai melemah dan memang disarankan harus menggantinya. Lalu, Selang-selang radiator terbuat dari karet dan biasanya faktor usia bisa menyebabkan karet menjadi keras dan bocor selangnya,” ujar Taufik.

 

Agar terhindar dari overheating, apabila jarum indikator menunjukkan H, maka segera matikan mobil.

 

Filter udara sering kotor

Filter udara dalam mobil memiliki peran yang cukup besar dalam mendukung kinerja mobil itu sendiri. Bagian filter berguna untuk menyaring kotoran yang masuk ke bagian pembakaran sehingga proses pembakaran pun jadi lebih sempurna.

 

Pada dasarnya, filter udara membutuhkan pasokan oksigen yang besar untuk menyempurnakan proses pembakaran. Apabila filter udara tidak bersih alias kotor, ruang untuk menyaring kotoran yang masuk pun lebih sempit, besarnya oksigen yang bisa masuk ke komponen pembakaran pun menjadi lebih kecil.

 

Filter udara disarankan untuk dibersihkan tiap 10.000 kilometer dan wajib diganti tiap 40.000 kilometer. Bila filter udara tidak dibersihkan dan terlalu kotor, debu atau kotoran dari luar bisa masuk dan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Bahan bakar tidak sesuai

Umumnya ketika harga bahan bakar minyak naik, pemilik mobil mengganti dengan bahan bakar yang kadarnya lebih rendah, tentu oktannya rendah juga.

 

Menggunakan oktan rendah yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, berpotensi menurunkan kemampuan akselerasi, membuat mesin ngelitik, menyebabkan sisa hasil pembakaran menumpuk, bahkan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros.

 

Bahan bakar dengan oktan 92 keatas memiliki tingkat kebersihan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bakar beroktan di bawahnya, sehingga dapat meminimalisir timbulnya kerak pada lubang injektor dan saluran bensin.

 

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui nilai oktan yang sesuai yang diperlukan oleh mobil agar kinerja mesinnya pun semakin oke, walau umurnya telah di atas lima tahun.

 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan filter bahan bakar. Kebersihan filter bahan bakar dapat mencegah terjadinya tumpukan kotoran yang mengakibatkan suplai bahan bakar terhambat.

 

Setiap filter bahan bakar mobil memiliki masa usia pakai yang berbeda. Tetapi, setidaknya lakukan pembersihan tiap 20.000 kilometer dan lakukan penggantian jika memang sudah memasuki jadwalnya.

Kerja ECU terganggu

Sistem kelistrikan yang stabil juga berkaitan dengan kinerja mesin mobil Anda. Untuk itu, selain memperhatikan bahan bakar, ada baiknya Anda juga sering mengecek sistem kelistrikan mobil Anda, misalnya adalah kondisi aki.

 

Stabil atau tidaknya suplai tegangan menuju ECU dan sensor ketika mobil di-starter tergantung dari kondisi aki mobil. Jika suplai tegangan terhambat, maka kinerja dari mesin dan ECU dapat terganggu, bahkan dapat berputar secara tidak normal ketika mobil dinyalakan.

 

Untuk itu, pastikan aki mobil Anda dalam kondisi yang prima. Cek juga bagian aki seperti volume air, kebersihan terminal, dan lain sebagainya.

Tidak mengganti busi

Kebersihan busi juga hal penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda tetap bekerja dengan baik. Biasanya, pada bagian ujung busi, terdapat tumpukan kerak yang menempel di elektroda. Kerak tersebut timbul karena bekas dari hasil pembakaran.

 

Sebaiknya, ganti busi mobil Anda jika kerak sudah mulai menumpuk. Jangan memaksa untuk membersihkan busi dengan sikat kawat karena dapat membuat busi tidak bekerja secara maksimal seperti sebelumnya.

 

Mengganti busi mobil juga harus sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Jika tidak, resikonya adalah akan terjadi kerusakan pada ECU karena resistensi busi yang tidak cocok.

Supaya kinerja mesin tetap terjaga dan tidak mengalami penurunan meski sudah berusia lima tahun dan lebih, ada baiknya Anda selalu melakukan servis dan perawatan berkala di bengkel resmi.

 

Anda dapat melakukan booking service di Seva.id. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengantri dan mobil Anda akan segera ditangani oleh teknisi ahli di bengkel resmi tersebut.