Kenalan dengan Kendaraan Konsep Toyota yang Pintar di GIIAS 2018

Ada yang berbeda di booth Toyota pada Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018. Jika biasanya ada mobil baru yang dipajang di atas booth mereka, kali ini Toyota melangkah lebih di depan.

 

Toyota memamerkan tiga kendaraan konsep mereka sekaligus yang juga pernah di tampilkan pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) tahun lalu. Kendaraan-kendaraan tersebut adalah Concept-i, i-Ride, dan i-Walk yang tergabung dalam i-Series.

 

“Melalui GIIAS kali ini, Toyota akan menyampaikan pesan mengenai banyak hal kepada masyarakat. Tak hanya mengenai produk, tapi juga berbagai capaian dalam pengembangan teknologi otomotif serta kecenderungan teknologi ke depan,” ujar Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM).

 

Toyota menyematkan Yui pada i-Series mereka sebagai pemandu pengemudi dan juga penumpang saat berada di dalam i-Series. Yui merupakan sebuah Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang disematkan pada dashboard i-Series. Selain sebagai pemandu, Yui juga bertugas untuk menjadi penghubung antara pengemudi, penumpang, dan juga kendaraan.

 

Yui diciptakan pada tahun 2017 di Calty Design Research Center, California, sebagai pendamping i-Series untuk menciptakan mobil impian yang cerdas, bersahabat, dan sekaligus menjadi penolong bagi pengendara.

 

Dikutip dari Toyota.com, ide membuat i-Series tercipta atas keinginan banyak orang yang mendambakan efisiensi dan keamanan dalam berkendara ke banyak tempat. Untuk itu, Toyota mencoba untuk mewujudkan hal tersebut.

 

Misalnya pada Concept-i, Toyota menyematkan sensor biometrik di seluruh bagiannya, sehingga kendaraan konsep ini dapat mendeteksi apa yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang. Kemudian, informasi yang diterima oleh sensor biometrik akan dianalisa oleh AI. Setelah itu, sistem pada mobil konsep tersebut akan memberikan solusi bagi Anda.

 

Sebagai contoh, ketika Anda sedang merasa sedih ketika berada di dalam mobil. Keadaan ini akan dibaca oleh sensor biometrik sehingga emosi Anda dapat dianalisa oleh AI. Analisa itulah yang akan dijadikan rekomendasi AI untuk menjadi solusi bagi pengendara.

 

Atau, bila dibutuhkan, AI akan mengambil alih kemudi dan mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan aman. Jadi, dengan mengetahui segala kebutuhan Anda, Concept-i dapat menolong serta menjaga Anda dengan baik.

 

Sedangkan pada i-Ride, Toyota memberikan pintu dengan model gull-wing sehingga pengguna kursi roda dapat leluasa untuk masuk atau keluar dari mobil. Lalu, desain pintu tersebut juga sangat memudahkan Anda ketika ingin mengeluarkan dan memasukkan sekaligus menyimpan kursi roda pada bagian belakang.

 

Toyota juga mengganti setir dan pedal-pedal yang umumnya terdapat di bawah pengemudi dengan joystick agar pengendara lebih mudah mengendarai mobil ketika berjalan, berhenti, ataupun parkir.

 

Bagi Anda yang hobi menggunakan scooter, Toyota juga menciptakan i-Walk. Kendaraan masa depan ini dibuat dengan desain yang compact sehingga memudahkan Anda ketika sedang mengendarainya dan juga tidak memakan banyak tempat ketika berjalan di trotoar karena panjangnya hanya sekitar 700 mm, lebar 400 mm, serta tinggi 1.130 mm.

 

Seperti kendaraan konsep Toyota di atas, i-Walk juga menggunakan sistem AI yang akan memandu dan membantu pengemudi. Misalnya, ketika Anda merasakan bahaya saat berkendara, sistem AI pada i-Walk akan aktif untuk memperingatkan pengemudi serta mengambil langkah-langkah pencegahan bahaya secara otomatis.

 

Saat ini, Toyota sedang fokus untuk membuat i-Series menjadi lebih sempurna, energik, dan yang paling penting adalah memudahkan semua orang. Sebagai mobil yang memiliki kecerdasan, i-Series diharapkan dapat menjadi solusi para pengendara agar dapat berpetualang dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi mereka.

 

Toyota juga sedang bekerja keras untuk mewujudkan teknologi otomatis yang canggih tersebut agar semua orang dengan tingkat kemampuan apapun dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Semoga i-Series dapat selesai dengan cepat sehingga menjadi kendaraan yang menjadi penolong bagi pengemudi dan penumpangnya.

 

Jangan lupa mampir ke booth Toyota di GIIAS 2018 ya, kenalan lebih dekat denganmobil konsep Concept-i, i-Walk, dan i-Ride!