Jalanan Macet dan Lalu-lintas Ruwet, Coba Tips Manjur Anti-stres Ini

By Hafizh Fauzan - January 4, 2018

Bicara soal macet rasanya tidak ada habis-habisnya, apalagi untuk masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Kurangnya perencanaan tata kota yang baik, ditambah perilaku pengguna kendaraan bermotor yang tidak taat aturan, makin membuat jalanan semrawut dan membuat mobilitas Anda menjadi termakan banyak hanya menghabiskan waktu di jalan saja.

Bayangkan jika hal ini terus terjadi setiap hari, bisa dipastikan tingkat stres pengemudi semakin terpicu dan mempengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun mental saat berkendara.  Makanya banyak pengendara mobil sering terlihat tidak sabaran dan cenderung mengambil risiko untuk mencari celah agar bisa jalan lebih cepat, padahal di sisi lain membahayakan pengemudi lain.

Lalu bagaimana solusinya? Tenang saja, Seva.id sudah merangkum beragam tips mengemudi yang bisa dijadikan membuat Anda anti stres kala macet.

1. Sabar di Satu Lajur

Penyebab kemacetan yang paling standar adalah perilaku pengemudi yang gemar pindah-pindah lajur. Padahal strategi aksi serobot lajur itu justru merugikan pengemudi lain yang ada di belakang Anda, serta berisiko insiden apabila Anda salah perhitungan dan memaksa serobot lajur lain yang kosong.

Oleh karena itu alangkah baiknya saat berada di kondisi macet Anda tetap bersabar berjalan sabar di satu lajur, dan baru berpindah jika kondisi memungkinkan. Itupun harus memperhatikan kondisi lajur samping, serta selalu memberikan tanda sein dan melakukan cek spion plus menoleh arah samping untuk memastikan lajur jalan aman dan tidak ada blind spot saat bermanuver.

2. Disiplin Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas yang sering Anda lihat di jalanan sejatinya bukanlah hiasan semata, melainkan sebuah informasi peraturan yang sudah dirancang agar memperlancar arus jalan pengguna jalan. Karena itulah, mematuhi rambu lalu lintas wajib dilakukan pengemudi agar berkendara semakin aman dan bisa lebih teratur, tanpa harus mengganggu pengemudi kendaraan maupun pengguna jalan lainnya.

3. Berangkat Lebih Awal

Solusi lain jika Anda ingin terhindar dari macet adalah berangkat lebih pagi, atau lebih awal dari jadwal yang Anda tentukan. Hal ini mungkin terasa klise, tapi jalan lebih pagi justru membuat fisik Anda lebih fresh dan konsentrasi lebih baik.

Selain itu, menghindari jam rush hour juga membuat Anda lebih bisa berkendara rileks karena jalanan lebih lenggang, serta terhindar dari kemacetan, sehingga membuat Anda lebih aman sampai tujuan. Toh, lebih baik menunggu di tempat tujuan ketimbang harus bermacet-macet ria sampai tujuan, bukan?

4. Coba Rute Baru/Alternatif

Selain kemacetan yang parah, suasana jalanan sehari-hari yang monoton juga mempengaruhi cepatnya peningkatan stres kala berada di jalanan. Solusinya adalah yuk coba mengganti rute perjalanan Anda yang lama dengan rute-rute baru maupun alternatif sesuai informasi dari GPS.

Pemilihan rute baru sendiri selain membantu mengurangi kebosanan, juga rute baru menghadirkan pemandangan baru. Pastinya hal ini memicu otak untuk memikirkan hal-hal menyenangkan selama perjalanan.

5. Bangkitkan Mood Lewat Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi stimulus untuk membangkitkan mood selama perjalanan. Disarankan memilih musik instrumental dengan beat 70-80 per menit dan nada-nada rendah untuk Anda yang ingin merasakan rileks selama perjalanan. Atau jika Anda penikmat siaran radio, silakan pilih acara di radio yang memiliki konten siaran lucu jika Anda ingin merasa selalu ceria selama perjalanan.

6. Kebersihan Kabin Menjadi Mutlak

Kebersihan kabin yang terjaga dengan baik secara tidak langsung berguna untuk meningkatkan rasa kenyamanan saat berkendara di tengah kemacetan. Terlebih jika kondisi kabin yang rapih dipadukan aroma wewangian yang meningkatkan aura nyaman, pastinya semakin membuat perjalanan anti stress.

Jika hal ini masih kurang, bisa dicoba untuk barang kesayangan Anda seperti bantal, boneka, atau benda yang membuat Anda selalu mengingat hal-hal positif. Meski begitu, jangan lupa untuk menempatkan barang-barang tersebut di area yang tidak mengganggu konsentrasi Anda kala mengemudi.

7. Gunakan Transportasi Umum/Online & Ride Sharing

Sudah menjadi tren di beberapa tahun terakhir penggunaan transportasi umum maupun transportasi online menjadi salah satu solusi para pengguna kendaraan yang tidak ingin lelah berkendara dan ingin cepat sampai di tujuan. Cara ini tergolong efektif untuk Anda yang punya aktifitas sangat padat, dan Anda malas untuk bermacet-macet ria di jalanan.

Andai Anda tetap menggunakan mobil Anda untuk mobilitas menuju lokasi tujuan, mungkin bisa mencoba untuk berbagi tumpangan dengan kolega yang kebetulan searah dengan jalan Anda. Atau bisa menggunakan aplikasi ride sharing yang memudahkan Anda mendapatkan teman ‘tebengan’ searah menuju lokasi yang dituju.

Dari tujuh tips ini, manakah yang sudah Anda coba?

 

 

Berita Terkait

Author