Jalan Bersama Sejalan Makin Aman dan Tenang Bareng Astra Life

By Hafizh Fauzan - Mei 22, 2018

Mobilitas masyarakat urban menuju tempat tujuan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ada yang konsisten menggunakan transportasi pribadi seperti mobil maupun motor, ada juga yang memilih untuk menggunakan transportasi umum atau transportasi online.

 

Di luar kebiasaan tersebut, masih ada tren mobilitas ride sharing yang kini menjadi gaya hidup baru di kalangan masyarakat urban. Dengan ride sharing, pemilik mobil bisa memberikan space ruang duduk kosong kepada kenalan baru maupun teman yang kebetulan searah jalan dengan pemilik mobil.

 

Hal ini pula yang bisa dirasakan oleh para pengguna aplikasi Sejalan. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 15 ribu user dengan pengguna aktif 5.000 user ini menjadi salah satu channel bagi para masyarakat urban untuk bisa mengurangi dampak kemacetan di jalan, serta bisa menambah networking karena bisa berbagi tumpangan dengan individu yang memiliki preferensi serupa, baik dari hobi maupun dari kesukaan.

 

Para pengguna Sejalan terbagi dalam dua kategori utama, yakni ‘Kapten Sejalan’ dan ‘Teman Sejalan’. Kapten Sejalan secara garis besar adalah individu yang memberikan space kursi kosong di mobilnya untuk bisa digunakan oleh Teman Sejalan. Nah, Teman Sejalan adalah individu yang mendaftarkan diri untuk ikut dalam mobil Kapten Sejalan, yang kebetulan perjalanannya merupakan rute yang Anda juga lewati.

 

Lewat dua konsep pengguna ini, Sejalan memberikan kesempatan bagi para Kapten Sejalan untuk bisa berbagi sekaligus menjadi agen pengurai kemacetan di kota besar di Indonesia. Kesempatan lainnya adalah bagi Teman Sejalan bisa menghemat biaya transportasi menuju lokasi tujuan, sekaligus bisa lebih santai dan nyaman untuk bertransportasi menuju tempat tujuan.

jalan bareng

Lalu bagaimana caranya untuk menggunakan Sejalan?

 

Download aplikasi Sejalan

Pertama-tama, Anda harus menentukan role Anda, apakah ingin menjadi Kapten Sejalan atau Teman Sejalan. Daftarkan biodata diri Anda beserta identitas seperti foto dengan KTP, foto dengan SIM, dan pengisian data mobil (apabila Anda memilih menjadi Kapten Sejalan).

 

Setelah proses Registrasi selesai, Anda akan bisa menggunakan aplikasi Sejalan menggunakan jenis login pilihan Anda, baik itu login menggunakan nomor HP, akun Google+, atau Facebook. Saat sudah masuk ke dalam menu Sejalan, maka Anda bisa menentukan apakah Anda akan mencari tumpangan melalui mode ‘Cari Tumpangan’ atau Anda memberikan tumpangan melalui mode ‘Tawarkan Tumpangan’.

 

Saat masuk ke mode ‘Cari Tumpangan’, Anda bisa menentukan dari mulai waktu keberangkatan hingga posisi titik awal keberangkatan dan titik akhir keberangkatan. Atau jika teman Anda adalah ‘Kapten Sejalan’, Anda cukup memasukkan kode unik yang menjadikan Anda terkoneksi sebagai salah satu penumpang di mobil Kapten Sejalan.

 

Berbeda dengan mode ‘Cari Tumpangan’, mode ‘Tawarkan Tumpangan’ merupakan mode untuk Anda yang memilih sebagai Kapten Sejalan. Anda bisa menentukan dari titik start hingga titik akhir perjalanan Anda, termasuk waktu keberangkatan Anda, dan yang paling unik ialah Anda bisa menentukan preferensi Teman Sejalan seperti apa yang Anda inginkan, baik berdasarkan hobi, jenis kelamin, dan jumlah kursi mobil Anda yang bisa digunakan untuk Teman Sejalan.

 

Di samping kemudahan dalam hal penggunaan, Sejalan juga turut memberikan benefit-benefit positif kepada para Kapten Sejalan dan Teman Sejalan. Termasuk salah satunya benefit dari Astra Life yang akan membuat Kapten Sejalan dan Teman Sejalan merasa semakin aman dan semakin tenang menggunakan Sejalan.

 

Ya, setiap perjalanan trip yang dilakukan oleh Kapten Sejalan dan diikuti Teman Sejalan, kini mendapatkan benefit perlindungan asuransi dari Astra Life. Benefit tersebut terbagi dalam dua manfaat. Tanggungan asuransi dimulai saat Kapten Sejalan dan Teman Sejalan memulai perjalanan mengunakan aplikasi sejalan hingga perjalanan selesai.

 

Manfaat pertama ialah ‘Santunan Kematian Akibat Kecelakaan’ sebesar Rp 10.000.000. Manfaat ini akan diberikan kepada keluarga/wali dari Kapten Sejalan maupun Teman Sejalan yang meninggal dunia akibat insiden kecelakaan saat sedang menjalankan (Kapten Sejalan) atau mengikuti (Teman Sejalan) trip perjalanan di aplikasi Sejalan hingga menuju lokasi tujuan.

 

Manfaat kedua ialah ‘Penggantian Biaya Pengobatan Akibat Kecelakaan’ sebesar Rp 1.000.000. Manfaat ini bisa diterima oleh Kapten Sejalan maupun Teman Sejalan yang mengalami tindakan perawatan di rumah sakit, akibat mengalami insiden kecelakaan saat menjalankan (Kapten Sejalan) atau mengikuti (Teman Sejalan) trip perjalanan di Sejalan menuju lokasi tujuan.

 

Masing-masing manfaat ini dibuat sebagai bentuk komitmen memberikan rasa aman dan tenang selama menggunakan Sejalan. Adapun untuk menyempurnakan prosedural klaim bagi Kapten Sejalan dan Teman Sejalan terhadap manfaat perlindungan dari Astra Life ini, berikut adalah syarat dan ketentuan klaim dari masing-masing manfaat tersebut:

 

Dokumen-dokumen untuk Klaim Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan (Accidental Death/AD)

  1. Formulir klaim (Diisi lengkap dan benar oleh Dokter dan Pemegang Polis);
  2. Akte Kematian dari Catatan Sipil/Surat Keterangan Kematian dari Kelurahan/Surat Keterangan Kematian dari Rumah Sakit);
  3. Fotokopi Identitas Tertanggung dan Penerima Manfaat (KTP/SIM/Passport/Akta Lahir);
  4. Surat Penunjukan Penerima Manfaat (diisi oleh Pemegang Polis) dan Fotokopi Kartu Keluarga;
  5. Surat Keterangan Kepolisian.

 

Catatan:

  • Penyerahan dokumen klaim dalam jangka waktu 90 hari sejak tanggal meninggal dunia
  • Dokumen tambahan dapat dimintakan sewaktu-waktu jika diperlukan

 

Dokumen-dokumen untuk Klaim Biaya Perawatan Akibat Kecelakaan (Accidental Medical Expenses/AME)

  1. Formulir klaim diisi lengkap/resume medis dari dokter yang merawat
  2. Kronologis kecelakaan
  3. Kuitansi asli biaya perawatan dan Rincian biaya perawatan
  4. Copy hasil pemeriksaan penunjang
  5. Copy identitas Tertanggung (KTP/SIM/Passport/Akta Lahir)

 

Catatan:

  • Penyerahan dokumen klaim dalam jangka waktu 90 hari sejak tanggal perawatan
  • Dokumen tambahan dapat dimintakan sewaktu-waktu jika diperlukan

 

Bagaimana? Makin tenang dan aman kan pakai Sejalan. Yuk jalan bareng..

Berita Terkait

Author