Impresi Toyota All New C-HR: Enak untuk di Perkotaan dan Roadtrip

Toyota All New C-HR resmi mengaspal di Tanah Air sejak diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku ATPM Toyota sejak 10 April 2018. Nama C-HR sendiri diambil dari singkatan dari Compact-High Rider.

 

Kami, Seva.id akhirnya berkesempatan mencoba sekaligus memberikan first impression Toyota All New C-HR ini pada saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, 2-12 Agustus 2018 yang lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

 

Desain Futuristik

Secara keseluruhan, desain Toyota All New C-HR ini berdiri di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang juga digunakan pada Toyota Prius. Platform ini sudah diperkuat suspensi depan MacPhershon Strut dan Double Wishbone yang secara teknis mampu menjaga mobil lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

 

Di sisi eksterior, desainnya antara ada yang suka dan tidak. Fitur utama dari desainnya adalah banyaknya lekukan dinamis yang terinspirasi dari lekukan pada potongan berlian. Hasil dari rancangan tersebut, selain memancarkan aura sporty, Toyota All New C-HR juga terlihat berani beda dan juga terkesan kokoh.

 

Tampak depan bercokol lampu utama berdesain 3D wing-like dengan teknologi Bi-Beam halogen serta terdapat LED DRL tiga titik. Sementara pada bagian bumper juga ada lampu kabut halogen dengan multi-reflektor untuk membantu penerangan pengemudi.

 

Dari samping, terlihat ground clearance-nya yang tidak terlalu tinggi memberi kontribusi pada tampilan eksterior Toyota All New C-HR yang sporty. Selain itu karakter sporty sudah terasa dari pemilihan velg berdiameter 17 inci, kaca spion dengan lampu sein yang bisa dilipat dari dalam kabin, serta rear spoiler yang sporty di area belakang.

 

Sisi unik dari desain Toyota All-New C-HR ini juga terasa dari penempatan tuas pembuka pintu belakang yang dibuat tinggi pada pilar C. Hal ini jelas membuat tampilan area samping bodi sang premium crossover, khususnya dari pilar B menuju pilar C, jadi lebih sporty sekaligus seksi.

 

Setelah melihatnya secara langsung, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak menyukai desain eksterior Toyota All New C-HR yang futuristik ini.

 

Tentunya, saat mengaspal mobil ini akan menjadi pusat perhatian.

 

Fitur Praktis

Toyota All New C-HR ini sudah menggunakan smart key dengan akses keyless yang canggih dan juga praktis.

 

Dengan smart key, cukup kantongi kunci, sentuh lalu tarik tuas pintu, pengemudi pun dapat masuk ke dalam kabin mobil secara otomatis. Begitu juga bila ingin mengunci pintu mobil.

 

Sedangkan, untuk menghidupkan mesin pun cukup dengan menekan pedal rem untuk mobil bertransmisi otomatis atau pedal kopling untuk mobil bertransmisi manual, lalu tekan tombol bertulis engine start stop.

 

Pada sisi power window pada semua pintu sudah dilengkapi dengan auto up and down. Toyota All New C-HR juga sudah dilengkapi dengan tuas rem parkir elektrik.

 

Kabin Nyaman Memanjakan

Toyota All New C-HR memiliki dimensi tinggi 1.565 mm, panjang 4.360 mm dan lebar 1.795 mm, serta perpaduan jarak sumbu roda yang panjang mencapai 2.640 mm, membuat kabin terasa lapang.

 

Di sisi pengemudi, kami merasakan merasakan kontrol yang sempurna kala mengemudikan Toyota All-New C-HR. Pasalnya sistem kemudi sudah dapat diatur sesuai keinginan baik naik-turun (tilt) maupun maju-mundur (teleskopik).

 

Joknya juga telah dilengkapi lumbar support yang dapat dioperasikan secara elektrik.

 

Desain dasboard tengah crossover premium ini pun asimetris menghadap pengemudi sehingga semua tombol dan pengaturan seperti audio dan AC mudah dijangkau.

 

Headunit audionya mengusung layar tujuh inci yang mampu terkoneksi dengan smartphone, Weblink, USB, dan Bluetooth. Tak jauh dari posisi headunit audio tersemat kontrol AC digital dual zone.

 

Di sisi lain, Cruise Control dan G-Force Indicator pun dirancang intuitif agar keasyikan berkendara bisa dirasakan dengan cepat dan mudah. Untuk informasi berkendara, terdapat multi infotmation display (MID) berlayar TFT berukuran 4,2 inci. Pengaturan berkendara (Eco & Sport)  juga sangat mudah dijangkau tangan.

 

Agar nuansa futuristik di dalam kabin semakin terasa, desainer Toyota menyematkan balutan warna paduan premium black dan licorice brown di dalam kabin.

 

Penanaman sistem suspensi independen double wishbone juga menjaga mobil lebih stabil dan nyaman untuk penumpang kendati melewati jalan yang rusak atau berlubang.

 

Performa Mesin

Meski belum dapat memaksimalkan performa mesin Toyota All New C-HR karena lahan test drive di Giias 2018 yang terbatas, tapi kami dapat merasakan hentakan tenaga yang dihasilkannya.

 

Mesin yang digunakan oleh Toyota All New C-HR menggunakan mesin yang sama dengan Toyota Corolla Altis. Premium crossover ini dibekali jantung mekanis berkode 2ZR-FBE. Kapasitasnya 1.800 cc 4-silinder 16-valve DOHC dengan Dual VVT-i.

 

Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi 7-Speed CVT Sequential Shiftmatic, mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 139 daya kuda.

 

Di jalan lurus, saat pedal gas dibejak Toyota All New C-HR ini langsung melaju tanpa hambatan. Lebih enteng dan besar lagi tenaganya saat menggunakan mode berkendara Sport tentunya. Cukup injak pedal gas sedikit, mobil langsung “ngacir”. Tidak diragukan memang performa mesin crossover premium ini.

 

Teknologi Keamanan

Platform TNGA yang dijejali dalam Toyota All New C-HR ini sendiri sudah siap meminimalisir efek benturan berkat Impact Absorbing Structure yang dimilikinya.

 

Selain itu, untuk menjaga keamanan pengemudi dan seluruh penumpang masih banyak teknologi ainnya, seperti  tujuh buah airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), braking assist (BA), vehicle stability control (VSC), hill assist control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, ISOFIX pada jok baris kedua, hingga Rear View Monitor System pun turut dijejali dalam Toyota All New C-HR.

 

Pengemudi juga dibantu dengan Blind Spot Monitor System yang berfungsi memberi peringatan pada pengemudi jika ada objek lain di sekitar mobil di titik yang tidak terlihat.

 

Crossover premium ini dibanderol dengan harga Rp 488.500.000 untuk warna single tone, dan Rp 490.000.000 untuk warna dual tone.

 

Dengan desain, teknologi, performa mesin, dan fitur keselamatan yang ada di dalam Toyota All New C-HR, menurut kami mobil ini cocok untuk menyusuri jalan perkotaan hingga diajak roadtrip keluar kota.

 

Lalu, bagaimana menurut Anda? Nantikan review lengkap kami selanjutnya..