Cara Menjaga Kualitas Udara di Kabin Mobil agar Tetap Bersih

Menjaga kualitas udara di kabin mobil menjadi faktor penting kenyamanan saat berkendara. Yuk simak tipsnya berikut ini.

menjaga kualitas udara di kabin mobil

Situasi selama beberapa bulan belakangan ini membuat semua orang perlu lebih ekstra dalam menjaga kebersihan agar tubuh selalu fit, tidak terkecuali para pengendara mobil. 

Menjaga kebersihan tidak hanya sekedar membersihkan sampah atau debu yang menempel pada mobil, menjaga kualitas udara di kabin mobil juga merupakan salah satu bentuk menjaga kebersihan.

Banyak yang menjelaskan bahwa kemungkinan virus bisa menyebar melalui udara, oleh karenanya pengendara perlu lebih ekstra dalam menjaga kualitas udara di kabin mobil. 

Menjaga kualitas udara di kabin mobil tidak hanya bermanfaat untuk menangkal virus. Tetapi, udara yang bersih juga memiliki beragam manfaat kesehatan,

salah satunya adalah meningkatkan stamina dan fokus, serta mampu memperbaiki mood.

Memiliki stamina, fokus, dan mood yang baik sangat dibutuhkan pengemudi agar tidak mengganggu konsentrasi dan kenyamanan saat berkendara. 

Baca juga: Anti Ribet, Cara Ganti Filter Udara Mobil Sendiri di Rumah

Maka dari itu, yuk bersihkan mobil secara rutin untuk menjaga udara di kabin mobil tetap bersih. Selain bisa menjaga kesegaran kabin, kamu juga bisa berkendara dengan nyaman di udara yang bersih dan bebas penyakit.

Caranya mudah, ikuti beberapa langkah menjaga kualitas udara di kabin mobil berikut ini.

Rutin lakukan perawatan pada sistem pendingin kabin

Udara yang dihembuskan AC akan kamu hirup secara terus menerus saat dalam perjalanan. Artinya, udara itu merupakan sumber udara utama yang kamu hirup saat berada dalam mobil.

Demi menjaga kualitas udara di kabin mobil agar tetap bersih dan berkualitas, kamu harus melakukan perawatan rutin pada sistem pendingin kabin.

Saat melakukan servis mobil, jangan lupa untuk melakukan penggantian filter AC agar sistem pendingin bisa bekerja dengan lebih prima, kualitas udara otomatis tetap terjaga.

Baca juga: Cara Mengurangi Efek Filter Mobil Kotor di Musim Kemarau

Lengkapi mobil dengan air purifier

Air purifier merupakan alat yang dapat menjernihkan udara dalam ruangan. Adanya alat ini tentu akan membantu memperbaiki kualitas udara di dalam kabin agar lebih bersih.

Meski air purifier lebih sering terlihat dipakai di dalam ruangan, ada juga jenis air purifier yang bisa digunakan di dalam mobil.

Baca juga: Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri di Rumah, Ini Cara Mudahnya

Ada dua tipe dengan fungsi yang berbeda untuk air purifier mobil, pertama yang mengurai jamur dan bau tidak sedap menggunakan ion untuk membersihkan udara

Kedua, tipe air purifier yang menggunakan filter untuk menangkap dan menyingkirkan polutan di udara.

Membersihkan kabin dengan vakum

Vakum bisa kamu andalkan untuk membersihkan bagian kabin mobil dari debu dan remah makanan yang mungkin tersisa. Kemudian, vakum juga bisa memperbaiki dan menjaga kualitas udara di kabin mobil, lho

Rutin melakukan pembersihan kabin mobil dengan vakum secara perlahan bisa menghilangkan bau tidak sedap dan menjaga kualitas udara di kabin mobil.

Saat membersihkan kabin mobil dengan vakum, pastikan kamu melakukannya secara detail dan menyeluruh, jangan sampai ada bagian yang terlewat.

Lalu, bersihkan bagian-bagian seperti karpet, konsul pada door trim, kantong di belakang jok, ruang kendali gas dan rem, serta kolong jok.

Baca juga: Mesin Mobil Bisa Sakit Jika Filter Udara Menghirup Banyak Kotoran

Jangan terlalu sering membuka jendela dan merokok di dalam mobil

Selain melakukan cara-cara di atas, kurangilah kebiasaan terlalu sering membuka jendela dan merokok di dalam mobil. Sebab, hal ini akan membuat udara kotor dari luar masuk ke dalam.

Selain itu, meski sudah membuka jendela, bahan kimia dalam asap rokok tetap akan mengendap di dalam kabin dan menempel di interior mobil, hingga ke sistem pendingin kabin atau evaporator.

Bila hal tersebut terjadi, jamur dan alga bisa terbentuk, sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap dan membuat kualitas udara menjadi tidak baik.

Selain menjaga kualitas udara di kabin mobil, agar perjalanan terasa lebih aman dan nyaman, pastikan pula komponen lain pada mobil kesayanganmu tetap prima, ya.

Yuk lakukan perawatan rutin dari rumah dengan menggunakan layanan Home Service dari Seva.id.

Setelah itu, bila ingin membeli mobil bekas dengan kualitas berkelas, kamu bisa mengunjungi Pilihan Expert Seva.id. Mobil bekas Pilihan Expert Seva.id sudah terjamin kualitasnya.

Jadi, bila ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas, ingat selalu Pilihan Expert Seva.id ya.