Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

By Reka Harnis - April 14, 2021

Berkendara saat menjalankan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Agar konsentrasi tetap terjaga, yuk simak tipsnya berikut ini.

Cara Meningkatkan Konsentrasi Berkendara Saat Menjalankan Puasa

Ketika berpuasa di bulan Ramadan, tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi, kemudian stamina dan daya konsentrasi ikut menurun.

Namun, meski menahan lapar dan haus, kamu tetap harus melakukan aktivitas seperti biasa, bukan?

Terlebih jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan aktif berkendara dari satu titik dari titik lainnya.

Oleh karena itu, agar kamu tetap fokus berkendara, berikut cara meningkatkan konsentrasi berkendara saat menjalankan puasa di bulan Ramadan.

tips aman berpuasa

Jaga asupan dan hidrasi tubuh

Cara meningkatkan konsentrasi berkendara saat menjalankan puasa ialah dengan menjaga asupan dan hidrasi tubuh. 

Saat sahur, sebaiknya lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan kamu konsumsi. Sebab, makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur merupakan bekal untuk beraktifitas sampai waktu berbuka tiba.

Untuk itu, sebaiknya kamu mengkonsumsi beberapa makanan yang tepat dan bisa menjaga tingkat konsentrasi otak agar tetap stabil.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memakan buah-buahan seperti pisang dan blueberry yang kaya nutrisi serta energi. 

Baca juga: Peraturan Larangan Mudik 2021 Resmi Diterbitkan Pemerintah

Kemudian kamu juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung omega 3,  antioksidan, serta vitamin B6 dan E.

Berita Terkait

Author