Search Cars

Tips & Rekomendasi

Bisa Bikin Irit BBM, Ini Beda Eco Indicator dan Eco Mode

Yuk, kenali perbedaan Eco Indicator dan Eco Mode dalam fitur kendaraan. Bagaimana pengaruhnya hingga menghemat BBM kendaraan?

eco mode

Jangan terkecoh dan salah paham soal arti Eco Indicator dan Eco Mode pada kendaraan. Kedua kata tersebut meski memiliki persamaan namun punya definisi yang berbeda. Bagaimana maksudnya?

Untuk diketahui, pada mobil-mobil LCGC terbaru seperti Toyota New Agya, Toyota New Calya, Daihatsu New Ayla dan Daihatsu New Sigra pada bagian speedometer atau layar MID tersedia ikon Eco Indicator.

Sedangkan Eco Mode adalah akronim dari Economic Mode atau pilihan model berkendara yang ekonomis. Biasanya tersedia pada mobil-mobil bertransmisi otomatis dengan model SUV (Sport Utility Vehicle) atau MPV (Multi Purpose Vehicle).

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Lalu, bagaimana memahami kedua hal tersebut? Apakah Eco Indicator sama dengan Eco Mode?

Membedakan Eco Indicator dan Eco Mode

eco mode

Eco Indicator dan Eco Mode adalah hal yang berbeda. Agar lebih mudah dipahami, perbedaan dari keduanya dapat disederhanakan sebagai berikut. 

Eco Indicator adalah petunjuk bagi pengemudi mengenai kondisi mesin yang bekerja efisien, stabil dan irit BBM. Sedangkan Eco Mode adalah pilihan model berkendara untuk membuat kinerja mesin lebih ekonomis.

Baca juga: Mengoplos BBM RON 92 dan RON 95, Bahayakah untuk Mobil?

Artinya, Eco Indicator adalah petunjuk yang diberikan oleh mobil kepada pengemudi untuk menjaga performa mengemudi yang ideal. Sementara Eco Mode adalah pilihan cara mengemudi yang diperintahkan oleh pengendara kepada ECU mobil.

Secara sederhana, cara beroperasi keduanya adalah sebagai berikut. Ketika pengemudi berkendara dengan menginjak pedal gas stabil maka lampu Eco Indicator menyala. Ini menandakan mesin bekerja efisien dan irit BBM.

eco mode

Sedangkan cara menggunakan Eco Mode, pengemudi harus menekan tombol atau memutar kenop terlebih dahulu agar model berkendara ini menjadi aktif

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Setelah itu barulah ECU menyesuaikan kondisi mesin dengan mode berkendara ekonomis ini agar tercapai performa mesin yang efisien dan bertujuan irit BBM. 

Dapat disimpulkan, Eco Indicator adalah instrumen petunjuk bagi pengemudi yang menerangkan performa mesin dan tenaga mobil stabil. Sementara  Eco Mode adalah pilihan model berkendara yang lebih hemat bahan bakar atau efisien. 

Kondisi ini membuat sensor ECU (Electronic Control Unit) menyesuaikan performa mesin dengan menghitung sejumlah faktor sebagai langkah efisiensi. 

Baca juga: Toyota Innova Zenix dan Honda PCX 160 Jadi Door Prize IIMS 2023

Lalu apakah lampu indikator akan menyala ketika pilihan Eco Mode dijalankan pengemudi?

Lampu Eco Indicator

indikator eco

Sinyal Eco Indicator merupakan lampu petunjuk yang terintegrasi pada panel speedometer mobil atau sering juga disebut dengan MID (Multiple Indicator Display). Indikator ini akan menyala jika pedal gas ditekan secara lembut atau putaran mesin tidak terlalu tinggi.

Lampu Eco Indikator akan menyala tergantung dari bagaimana pengemudi berkendara, misalnya saat menginjak pedal gas terlalu dalam maka indikator tersebut tidak akan menyala. 

Baca juga: Pemerintah Berencana Menaikkan Pajak LCGC 5%, Mending Beli Sekarang Yuk

Sehingga meskipun pengemudi sudah menyalakan model berkendara ekonomis namun tetap berkendara ugal-ugalan, menginjak pedal gas terlalu dalam, maka dipastikan lampu indikator akan mati. 

Agar lampu ini menyala, maka pengemudi harus tahu cara menggunakan Eco Mode yang benar. Injaklah pedal gas secara lembut dan konstan, karena pada dasarnya keduanya bertujuan membuat gaya mengemudi dan kinerja mesin ekonomis.

Selalu waspada saat berkendara di jalanan, ikuti petunjuk rambu lalu lintas dan hormati hak sesama pengguna jalan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.