Search Cars

Berita Utama Otomotif

Mitos atau Penting? Kenali Metode Purging di Dunia Otomotif

kerak mesin, Mitos atau Penting

Mitos atau Penting? Dunia otomotif penuh dengan istilah teknis yang terkadang bikin bingung. Nah, salah satu istilah yang mungkin pernah kamu dengar adalah “purging.” Mungkin terkesan rumit, tapi sebenarnya konsep purging itu nggak susah, kok!

Apa Itu Purging?

Secara sederhana, purging adalah proses pembersihan yang di lakukan dengan cara mengeluarkan sisa-sisa material atau gas yang tidak di inginkan dari suatu komponen. Metode ini banyak di gunakan di berbagai bidang, termasuk dalam dunia otomotif.

Jenis-jenis Purging di Dunia Otomotif

Ada dua jenis purging yang umum di lakukan pada kendaraan, yaitu:

  • Purging Mesin Injeksi: Proses ini bertujuan membersihkan saluran bahan bakar dan komponen mesin injeksi dari sisa-sisa bensin dan kerak yang bisa mengganggu kinerja mesin. Biasanya purging di lakukan saat servis rutin mobil atau ketika mesin mobil mengalami masalah akibat bahan bakar yang kotor.
  • Purging AC Mobil: Purging AC mobil bertujuan mengeluarkan udara kotor dan sisa-sisa freon lama dari sistem AC mobil. Proses ini biasanya di lakukan saat servis AC mobil atau ketika AC mobil terasa kurang di ngin.

Perlukah Purging di lakukan Secara Rutin?

Kebutuhan purging pada mobil tergantung pada kondisi dan penggunaannya. Jika kamu rutin melakukan servis mobil sesuai anjuran pabrikan, maka proses purging biasanya sudah termasuk dalam paket servis tersebut. Namun, jika kamu merasa performa mesin atau AC mobil menurun, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan bengkel untuk mengetahui apakah mobilmu perlu di -purging.

Tips Menjaga Mobil Agar Jarang Perlu Purging

  • Gunakan bahan bakar berkualitas tinggi. Bahan bakar yang kotor lebih rentan meninggalkan residu yang bisa menyumbat saluran bahan bakar dan komponen mesin injeksi.
  • Lakukan servis rutin mobil sesuai anjuran pabrikan. Selain perawatan komponen mesin, servis rutin biasanya juga mencakup pembersihan yang bisa membantu mencegah penumpukan residu.
  • Gunakan AC mobil secukupnya. Semakin sering AC mobil di gunakan, maka semakin cepat udara kotor dan kelembaban menumpuk di sistem AC.

Kesimpulan dari Mitos atau Penting?

Purging adalah metode pembersihan yang penting untuk menjaga performa mesin dan AC mobil. Meski tidak perlu di lakukan terlalu sering, namun penting untuk mengetahui fungsinya dan kapan saat yang tepat untuk melakukan purging. Dengan perawatan yang baik, kamu bisa meminimalisir kebutuhan purging pada mobilmu.

Selamat berkendara!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.