Search Cars

Berita Utama Otomotif

Plat Motor Kredit Sementara! Perlukah Kamu Repot Urusnya?

Plat Motor Kredit Sementara! Baru beli motor kredit dan bingung dengan plat nomornya? Eits, tenang dulu! Biasanya motor kredit baru nggak langsung di lengkapi plat nomor permanen. Sebagai gantinya, kamu bakal dapet plat nomor sementara yang masa berlakunya terbatas. Nah, apa sih sebenarnya fungsi plat motor kredit sementara ini?

salah tilang ETLE, Plat Motor Kredit Sementara!

STCK! Sang “Pengganti” Sementara

Plat motor kredit sementara ini di kenal dengan nama resmi Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK). Fungsinya sebagai pengganti sementara STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang masih dalam proses pembuatan. Dengan STCK, motor kreditmu tetap bisa beroperasi di jalan raya secara legal.

Siapa yang Mengurus STCK?

Biasanya, pihak dealer yang akan menguruskan pembuatan STCK untukmu. Namun, nggak ada salahnya kamu untuk memastikan hal ini ke pihak dealer ya! Jangan sampai motor kamu nggak bisa di pakai karena belum ada STCK.

Berapa Lama Masa Berlaku STCK?

Umumnya, masa berlaku STCK sekitar 1 sampai 3 bulan. Selama masa berlaku tersebut, kamu harus segera melunasi biaya administrasi dan pajak kendaraan bermotor (PKB) agar bisa mendapatkan STNK permanen.

Perlukah Kamu Repot Urus STCK?

Dalam kondisi normal, kamu nggak perlu repot mengurus STCK sendiri. Seperti yang di sebutkan sebelumnya, pihak dealer biasanya yang akan menguruskannya. Namun, ada baiknya kamu tetap proaktif dengan menanyakan ke pihak dealer mengenai proses pembuatan dan pengambilan STCK.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Solusi Kampas Kopling Habis Granmax 2023

kredit mobil macet

Jangan Sampai Ketinggalan!

Perlu di ingat, masa berlaku STCK terbatas. Jadi, pastikan kamu segera melunasi biaya administrasi dan PKB sebelum masa berlaku STCK habis. Jika terlambat, kamu bisa kena tilang saat berkendara.

Simpan STCK dengan Aman!

Meskipun fungsinya sementara, tetap penting untuk menyimpan STCK dengan aman. Sebab, STCK ini bisa di jadikan bukti kepemilikan kendaraan yang sah selama proses pembuatan STNK berlangsung.

Baca Juga: Mengenal Fitur dan Fungsi Ball Joint untuk Xenia X 2023

Kesimpulan

Plat motor kredit sementara atau STCK merupakan kelengkapan penting untuk motor baru yang di beli secara kredit. Meskipun pihak dealer yang biasanya mengurusnya, kamu tetap perlu proaktif untuk memastikan proses pembuatan dan pengambilan STCK berjalan lancar. Jadi, nggak perlu bingung lagi ya dengan plat motor kredit sementara ini!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.