Apa Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding dengan Mobil Baru?

By Arris Riehady - Februari 3, 2020

Mobil bekas bisa jadi alternatif. Lantas, apa saja keuntungan beli mobil bekas dibanding dengan mobil baru?

Agya bekas 2017

Memiliki mobil idaman merupakan impian bagi mereka yang menginginkan kendaraan pribadi. Namun, mobil idaman tersebut tidak harus dalam kondisi baru, bisa saja mobil yang diinginkan adalah mobil bekas.

 

Sebetulnya ada beberapa alasan yang membuat sebagian orang lebih memilih untuk beli mobil bekas dibanding mobil baru.

 

Baca juga: Kenapa harus beli mobil bekas Pilihan Expert di Seva.id?

 

Lantas, apa saja keuntungan beli mobil bekas dibanding dengan mobil baru? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

keuntungan beli mobil bekas

Harga lebih terjangkau

Alasan yang paling sering terdengar ketika membeli mobil bekas adalah harganya yang lebih murah daripada mobil baru.

 

Memang, harga mobil bekas pastinya berada di bawah harga mobil baru dan harga tersebut menjadi faktor utama bagi sebagian orang ketika membeli mobil.

 

Lalu, banyaknya program perbankan yang menawarkan kredit mobil bekas semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan mobil idaman mereka.

 

Baca juga: Pertama Kali Beli Mobil, Pilih Mobil Baru atau Mobil Bekas?

 

Apalagi ditambah dengan tingkat bunga yang rendah, kredit kendaraan pun jadi semakin ringan.

keuntungan beli mobil bekas

Depresiasi harga tidak signifikan

Bila dibandingkan dengan mobil baru, penurunan harga mobil bekas biasanya lebih kecil. Depresiasi harga mobil baru biasanya berkisar di antara 15 sampai 25 persen. Sedangkan penurunan harga mobil bekas bisa lebih rendah dari itu.

 

Namun, depresiasi harga mobil juga dipengaruhi oleh banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran.

 

Semakin banyak mobil baru yang bermunculan, maka semakin turun juga nilai mobil yang sebelumnya sudah lebih dulu dikeluarkan pabrikan.

 

Baca juga: Cara Bedakan Mobil Bekas Perorangan dengan Taksi Online

 

Selain itu, penurunan harga juga tetap bergantung pada kondisi mobil. Untuk itu, jika tidak ingin harga mobil turun drastis, ada baiknya Anda selalu melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi agar kondisi mobil tetap prima.

mengurus STNK dan BPKB yang hilang atau rusak karena banjir

Surat-surat sudah tersedia

Ini juga merupakan salah satu keuntungan beli mobil bekas. Anda bisa langsung memakainya untuk berkendara sehari-hari setelah Anda menyelesaikan pembelian kendaraan.

 

Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu surat-surat kendaraan  selesai diproses. Jika Anda memang membutuhkan mobil yang bisa dipakai secara cepat, membeli mobil bekas dapat menjadi solusi yang tepat.

 

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Beli Mobil Bekas di Seva.id

keuntungan beli mobil bekas

Fitur yang didapat sama dengan mobil baru

Jangan meragukan fitur yang ditawarkan oleh mobil bekas. Jika tahun pembuatan, jenis, dan spesifikasi mobil sama (atau tidak jauh berbeda), maka fitur yang ada di mobil bekas akan sama atau mirip dengan fitur yang tersedia di mobil baru.

 

Namun, Anda harus mengecek fitur-fitur tersebut terlebih dahulu sebelum membeli, untuk memastikan bahwa fitur yang ada dapat bekerja dengan sempurna.

 

Jangan lupa untuk bertanya kepada penjual jika ada sesuatu yang kurang dimengerti.

astra auto fest 2019

Kualitas tidak jauh berbeda

Keuntungan lainnya adalah kualitas mobil bekas yang tidak jauh berbeda dengan mobil baru. Tetapi kembali lagi, kualitas mobil tergantung dari perawatannya. Untuk itu, jika Anda ingin membeli mobil bekas, pilihlah penjual yang terpercaya.

 

Bagi Anda yang menginginkan mobil bekas berkualitas, tidak perlu bingung, Anda bisa langsung mencarinya di fitur Pilihan Expert di Seva.id.

 

Pilihan Expert menawarkan mobil-mobil bekas dengan kualitas berkelas, karena mobil bekas yang tersedia akan diinspeksi terlebih dahulu oleh inspektor yang sudah berpengalaman.

 

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

 

Inspektor akan memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi fisik, riwayat, keaslian surat-surat, bukti service rutin, dan kelengkapan mobil lainnya.

 

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

 

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan mobil bekas impian Anda di fitur Pilihan Expert Seva.id. Kapan lagi beli mobil bekas dengan kualitas berkelas?

 

Pilihan Expert

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!