Aki BMW E30 Boleh Dijumper sedangkan E36 Tidak, Beneran?

By Arris Riehady - Juli 13, 2021

Jumper aki jadi salah satu solusi bila mobil tidak mau distarter. Tetapi apa benar aki BMW E30 boleh di-jumper sedangkan E36 tidak?

aki BMW E30

Pada spesifikasinya, BMW E30 dan BMW E36 menggunakan tipe yang sama yakni, DIN66L. Tipe ini tersedia dalam berbagai merek, termasuk GS Astra.

DIN adalah singkatan dari Deutsches Institut für Normung. Selain DIN, ada juga JIS atau Japan Industrial Standard. DIN dan JIS sama halnya dengan ISO (International Organization for Standardization), yaitu standar internasional untuk seluruh hal yang bersifat teknikal, industrial, dan komersial.

Seperti namanya, aki DIN banyak banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa termasuk BMW.

Perbedaan keduanya terdapat pada letak kepala aki atau kutubnya. Kutub aki DIN umumnya lebih tenggelam, sementara kutub aki JIS umumnya muncul lebih tinggi.

Baca juga: Biaya dan Cara Ganti Tuas Kaca Manual dengan Power Window

Dalam keadaan standar, kapasitas aki BMW E30 dan E36 adalah 66 Ampere Hour dengan tegangan 12 volt. Bila kapasitas lebih besar makan akan membuat kerja altenator lebih berat.

Permasalahan aki BMW E30 dan E36 biasanya dapat dilihat pada panel instrumen. Bila indikator aki menyala kedap-kedip, biasanya ada masalah pada aki mobil.

Uniknya, letak aki BMW E30 dan E36 berbeda dengan mobil kebanyakan karena berada di bagasi, bukan di bagian mesin.

cara jumper aki mobil

Benarkah aki BMW E30 boleh di-jumper sedangkan BMW E36 tidak boleh?

Aki memiliki fungsi yang krusial bagi sistem kelistrikan sebuah kendaraan, baik mobil atau motor. Oleh karena itu, kondisi aki harus selalu prima.

Baca juga: Copot Thermostat Mobil, Apa Efeknya untuk Jangka Panjang?

Fungsi aki adalah untuk menyuplai daya atau arus listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Selain itu, ada juga fungsi aki yang lain, seperti sebagai penyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan.

Menurut pengalaman Ilham Setyawan, pengguna sekaligus penggemar BMW E36, aki BMW E36 bisa dan boleh saja di-jumper.

Cara jumper aki BMW E30 dan E36 memang sedikit berbeda, karena aki letaknya di bagasi, pihak BMW menyediakan kutub positif di bagian ruang mesin.

Jadi, jumper aki BMW E30 dan E36 dapat dilakukan dari bagian mesin atau langsung ke aki yang ada di bagasi.

Tentunya dengan menggunakan kabel jumper, dan cara yang sama seperti jumper aki mobil pada umumnya.

Selengkapnya: Infografis: Tutorial Jumper Aki Mobil yang Kurang Daya.

Jumper aki sifatnya hanya sementara.Jika memang sudah soak, ada baiknya segera diganti dengan yang baru.

Sebelum menggantinya, lebih baik konsultasikan dulu dengan mekanik profesional agar kamu tidak bingung saat ingin mengganti aki.

Kamu juga bisa melakukan penggantian aki di rumah dengan menggunakan fitur Booking Service atau Home Service Seva.id.

Booking Service

Perbedaan BMW E30 dan E36

Baik BMW E30 dan E36 berjajar dalam BMW Seri 3 yang berbeda generasi. BMW E30 merupakan generasi kedua yang hadir pada tahun 1982.

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

BMW E30 tersedia dalam beberapa varian, seperti BMW 316, BMW 316i, BMW 318i, BMW 318is, BMW 320i, BMW 320is, BMW 323i, BMW 325/e/es, BMW 325i/is/ix, BMW M3 Evo 1, BMW M3 Evo 2, dan BMW M3 Sport Evo.

Modelnya lengkap, mulai dari sedan dua dan empat pintu, coupe, convertible, touring atau station wagon, cabriolet, serta seri M3 dalam model coupe dan convertible.

BMW E30 pertama yang resmi dijual di Indonesia dengan varian BMW 318i model sedan.

Sementara BMW E36 adalah generasi ketiga dari BMW Seri 3 yang jadi mobil yang ikonik di era 90an. Hal ini karena desain eksteriornya yang bisa dibilang revolusioner.

Baca juga: Cara Kerja Rack Steer Mobil dan Mendeteksi Kerusakannya

Pada BMW E36, pabrikan asal Jerman ini mengenalkan model terbarunya, yakni model hatchback atau disebut dengan compact. Model ini melengkapi jajaran model BMW lainnya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!