7 Aplikasi Video Conference Ini Siap Temenin Bukber Online Kamu

Jangan khawatir gagal bukber, 7 aplikasi video conference ini siap temani acara bukber virtual kamu dan teman-teman.

aplikasi video conferenceSejak pandemi virus corona mulai menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia, melakukan aktifitas di luar rumah tentu membutuhkan pertimbangan untuk menjaga diri dari virus tersebut.

Pemerintah juga telah menerapkan peraturan agar masyarakat tetap #DiRumahAja dan menghidari keramaian jika tidak ada keperluan mendesak. Oleh karena itu, kini banyak kantor, sekolah, dan kampus yang merumahkan pekerja atau siswanya.

Lalu, sebagai gantinya, mereka melakukan kegiatan melalui aplikasi video conference untuk mentaati Peraturan Pemerintah.

Tak hanya itu, bulan Ramadan yang biasanya diisi dengan momen buka bersama (bukber) juga terpaksa ditiadakan. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukannya dari jarak jauh menggunakan aplikasi video conference.

Ada berbagai aplikasi video conference yang dapat kamu gunakan. Untuk itu, yuk simak 6 aplikasi video conference berikut ini yang siap menemani kamu buka bersama orang-orang terdekat.

Google Hangouts Meet

Google memiliki aplikasi video conference yang bernama Hangouts Meet. Aplikasi video conference ini bisa kamu gunakan untuk berbuka puasa secara virtual.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini di berbagai perangkat. Mulai dari PC, laptop, atau smartphone. Sayangnya, untuk bisa menikmati fiturnya secara lengkap, kamu perlu berlangganan layanan G Suite. Walaupun begitu, Google tetap menyediakan versi gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Lalu, selama masa tanggap virus corona, Google Hangouts Meet menawarkan layanan secara gratis hingga 1 Juli 2020.

Facebook Messenger Desktop

Aplikasi yang satu ini tidak hanya bisa melakukan video call, namun kamu juga bisa mengirim pesan berupa teks, foto, atau video.

Tetapi, kamu tidak bisa melakukan video conference dengan banyak peserta, karena Facebook Messenger membatasi jumlah peserta dalam panggilan video group, yaitu 8 orang.

Baca Juga: Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Skype

Aplikasi Sykpe juga bisa digunakan untuk video conference dengan jumlah peserta yang banyak melalui “Meet Now”. Untuk jumlah maksimum peserta video conference bervariasi, tergantung pada platform dan perangkat kamu.

Fitur unggulan dari aplikasi ini diantaranya dapat merekam panggilan hingga 30 hari dan bisa mengaburkan background, namun untuk fitur yang satu ini hanya bisa di aplikasi.

Jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan pekerjaan, Skype memiliki fitur yang memudahkan kamu untuk membagikan presentasi agar bisa dibahas bersama rekan kerja.

Cisco Webex

Webex adalah aplikasi video conference yang telah ada sejak tahun 90-an, kemudian diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2007. Meski dikenal sebagai aplikasi bisnis dan fokus melayani perusahaan, aplikasi ini juga menyediakan versi gratis yang layak untuk dicoba.

Untuk keadaan darurat seperti  saat ini, versi gratis dapat membuat panggilan dengan 100 peserta dan tidak ada batasan waktu. Kamu juga bisa melakukan panggilan audio tanpa menggunakan fitur video.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Buka Puasa 2020

Jitsi Meet

Jitsi Meet adalah platform open-source yang memungkinkan kamu melakukan video conference dengan mudah. Kamu cukup membuka situsnya disini untuk melakukan panggilan video.

Jitsi Meet menghadirkan berbagai fitur yang dapat kamu temukan di versi aplikasinya, seperti chatting, merekam video, dan kemampuan untuk mengusir “peserta nakal”. Aplikasi ini juga menawarkan jumlah peserta hingga 75, mengaburkan background, dan terintegrasi dengan Slack, Google Calendar, serta Office 365.

Slack

Slack dapat mendukung video conference dengan total 15 peserta, maka dari itu rasanya aplikasi ini cocok digunakan untuk bukber virtualmu. Kamu dapat mengunduhnya di perangkat Android dan iOS.

Beberapa fitur menarik juga ditawarkan oleh Slack, seperti tersedianya tools untuk memantau proses kerja kamu jika menggunakan aplikasi ini untuk kepentingan pekerjaan.

Kemudian ada pula fitur pencarian yang dapat digunakan untuk menelusuri topik dan percakapan yang sudah dibahas sebelumnya dalam video conference.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Bukber yang Instagramable di Jakarta

Cyberlink U Meeting

Aplikasi video conference lain yang bisa kamu gunakan untuk melakukan buka bersama melalui conference video call adalah Cyberlink U Meeting. Layanan ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Pada versi gratisnya, kamu dapat menikmati berbagai layanan yang ada, seperti group call hingga 25 orang, penyimpanan cloud sebesar 2 GB, perekam sesi panggilan video, dan yang paling penting, adanya end-to-end encryption.

Itu dia 7 aplikasi video conference yang bisa kamu gunakan untuk buka bersama secara virtual. Meski hanya melalui video conference, acara buka bersama bisa tetap menyenangkan.

Lalu, yang terpenting adalah kebersamaannya, dan dengan tetap #DiRumahAja agar kita semua lebih aman serta terhindar dari virus corona.

Bagi kamu yang masih harus berjuang di luar rumah, Sejalan terus #KasihSemangat agar pekerjaanmu selalu lancar ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta menerapkan physical distancing.

Setelah ini berakhir, kamu bisa kembali menggunakan Sejalan sebagai aplikasi ride sharing-mu. Jadi, jangan lupa download Sejalan, ya!