5 Tips Cara Merawat Radiator Mobil

12 December 2018

Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan radiator merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendinginan. Sistem pendingin suhu mesin mobil pada dasarnya didukung oleh tiga hal berikut ini; cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Ketiga komponen tersebut saling terkait satu sama lain dan elemen yang paling menentukan bagi efisiensi kinerja mobil.

 

Radiator berfungsi sebagai tempat cairan didinginkan dan sebagai penampung utama. Oleh karena itu, kondisi radiator harus benar-benar terjaga dan terawat dengan baik. Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan radiator, baik bagian dalam maupun luar.

 

Pentingnya fungsi radiator ini nyatanya masih sering terabaikan oleh sebagian pemilik mobil. Padahal, jika radiator tidak terawat dengan baik, kualitas mesin mobil Anda akan lebih rentan rusak. Jika Anda ingin mengetahui tips cara merawat radiator mobil, Anda bisa membaca informasi lebih lanjutnya di bawah ini:

 

Perhatikan Volume Air Pada Radiator

Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah dengan memperhatikan volume air pada radiator. Masalah yang terjadi pada setiap mobil adalah seringnya temperatur mesin meningkat drastis atau yang familiar dengan istilah overheat. Hal ini dikarenakan kurangnya volume air pada radiator mobil Anda.

 

Ketika volume air pada radiator kurang akan menyebabkan tekanan pada pertutup radiator dan memberikan tekanan yang disalurkan pada reservoir atau tabung cadangan air pada radiator, dengan tekanan tersebut, sistem radiator akan menimbulkan terjadinya vakum.

 

Sebaliknya, jika tekanan atau temperatur mesin menurun, makan vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali. Ada baiknya Anda tahu bahwa batas aman volume air pada radiator adalah pada kondisi di tengah-tengah indikator full dan low. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek volume air pada radiator mobil Anda ya.

 

Bersihkan atau Kuras Tangki Radiator Secara Rutin

Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah rutin membersihkan atau menguras tangki radiator. Menguras tangki radiator bertujuan agar tangki terhindar dari korosi pada komponen-komponen yang berasal dari bahan logam.

 

Untuk menguras tangki radiator mobil, Anda dapat melakukannya minimal dalam waktu 2 minggu sekali. Manfaat membersihkan tangki radiator secara rutin adalah akan membuat temperatur mobil Anda terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya terjadi seperti overheat.

 

Hindari Pemakaian Air Keran

Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah dengan menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil Anda. Air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat berdampak pada terjadinya korosi pada tangki radiator mobil.

 

Dan perlu diketahui, air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin, namun juga sebagai pencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Maka dari itu, hindari pemakaian air keran.

 

Gunakan Radiator Coolant

Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah dengan menggunakan radiator coolant. Jika harus menghindari pemakaian air keran, maka solusi utama dalam menjaga radiator mobil adalah dengan menggunakan radiator coolant. Selain memang dikhususkan untuk menjaga temperatur mesin mobil, radiator coolant berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangki radiator. Pilihlah jenis radiator coolant yang cocok untuk mobil Anda.

 

Jangan Lupa Tutup Radiator

Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah jangan lupa untuk menutup radiator mobil Anda. Pastikan tutup radiator tertutup dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor saat menahan temperatur mesin yang panas. Selain tutup radiator, beberapa hal penting juga harus dilakukan pengecekan terakhir untuk memastikan sistem radiator mobil Anda telah terjaga dengan baik. Sebut saja, saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator. Karena hal-hal kecil seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang.

 

Itulah lima tips cara merawat radiator mobil agar radiator mobil Anda tidak cepat rusak dan overheat. Jangan sampai ketika mobil Anda telah mengalami masalah temperatur mesin mobil yang tinggi, maka Anda baru melakukan perawatan radiator. Pastikan selalu mengecek radiator mobil Anda agar tidak terjadi kerusakan pada mesin Anda.

SHARE