Search Cars

Baru

Tilang Manual Ditiadakan Selama Libur Nataru, Begini Penjelasan Polisi

Ini alasan polisi tidak memberi tilang saat libur Nataru di akhir tahun. Simak dan tetap tertib berlalu lintas di jalan.

polisi

Polisi tidak akan melakukan tilang manual selama libur Natal dan Tahun Baru 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ditemui awak media di Istana Kepresidenan, (11/12). 

Apakah ini berarti polisi tidak akan melakukan operasi lilin selama libur Natal dan Tahun Baru? 

Bukan, bukan begitu. Operasi lilin tetap dilaksanakan dan polisi tetap akan berpatroli di jalan-jalan, terutama di jalan yang banyak dilintasi pemudik, selama libur akhir tahun ini. Hanya saja, jika menemukan pelanggaran, polisi tidak akan memberikan tilang. 

Begini penjelasan polisi

polisi lalu lintas operasi

“Apabila ada (pengendara) yang melanggar kami akan imbau, kami tegur, kami ingatkan dan untuk sementara kami tidak memberlakukan tilang manual,” ujar Listyo.

Baca juga: Musim Hujan Kenali Fitur VSC Bagi Keselamatan Berkendara

Listyo berharap, kebijakan ini tidak membuat masyarakat justru lengah dan abai dengan peraturan lalu lintas. Sebaliknya, selama berkendara, masyarakat tetap saling menghormati dan menjaga pengguna jalan lainnya demi keselamatan bersama.

“Kemudian juga saya sampaikan di rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru ini kami tentunya mengimbau masyarakat untuk hati-hati di jalan, karena yang namanya keselamatan itu tetap harus dijaga,” pesan Listyo.

Selain di jalan, Operasi Lilin juga akan dilakukan di rumah ibadah Kristen, terutama yang mengadakan Ibadah Perayaan Natal. 

Baca juga: Tarif Tol Terbaru, Mulai dari Jakarta Hingga Jawa Timur

Khusus untuk masyarakat yang akan meninggalkan rumah untuk pergi mudik atau liburan, Listyo menyarankan agar orang tersebut melapor ke kantor polisi terdekat. Listyo sudah memerintahkan jajarannya agar petugas polisi terkait untuk mencatat dan melakukan patroli di lingkungan rumah-rumah tersebut.

liburan keluarga

Begitu juga dengan masyarakat yang mudik tanpa membawa kendaraan dan beberapa barang berharga. Sebaiknya dititipkan di kantor polisi terdekat saja jika memungkinkan.

“Tentunya kami juga mempersiapkan kantor-kantor kami apabila memang mau dititipi, apakah itu kendaraannya atau hal lain, barang-barang berharga lain yang mungkin khawatir apabila ditinggalkan rumahnya akan terjadi situasi yang menurut mereka tidak aman, maka Polri siap untuk membantu menampung dan mengamankan,” terang Listyo.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol di Google Maps di Dalam Maupun Luar Kota

Untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru ini, Polri menurunkan personel polisi sebanyak 129.923 personel dalam Operasi Lilin ini. Jumlah ini sudah termasuk petugas gabungan dari TNI dan pemangku kepentingan lainnya.

Puncak arus mudik dan balik

WFH bebas macet

Untuk diketahui, pemerintah memprediksi mobilitas masyarakat selama liburan akhir tahun ini juga bakal meningkat sekitar 143 persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pergerakan masyarakat pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 ini meningkat hingga 107,63 juta orang –setara 39,83 persen total populasi nasional. 

Baca juga: Hindari Penumpukan Nataru, Rest Area Membatasi Waktu Istirahat

“Pada libur Nataru tahun lalu diprediksi yang melakukan pergerakan 44,17 juta orang, sementara tahun ini diprediksi 107,63 juta orang. Jadi meningkatnya sangat signifikan 143,65 persen,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya,  (20/11). 

Ada beberapa hari di mana mobilitas masyarakat terasa sangat tinggi sekali, yakni di momen arus mudik dan balik di mana puncaknya akan terjadi dua gelombang yang mewakili libur Natal dan Tahun Baru. 

mudik bandara

Yaitu, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi terjadi pada 22-23 Desember dan 29-30 Desember 2023. Sementara arus balik libur bakal terjadi pada 26-27 Desember dan 1-2 Januari 2024.

Baca juga: Catat, Waktu dan Lokasi Pembatasan Kendaraan Selama Libur Nataru

Mayoritas mobilitas masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Di antaranya 35,57 persen atau sekitar 39,97 juta orang memilih menggunakan mobil pribadi, dan 17,92 persen atau sekitar 20,14 juta orang memilih menggunakan motor. 

Yup, ke mana pun kamu bepergian selama momen libur Natal dan Tahun Baru ini, berhati-hatilah di jalan. Utamakan keselamatanmu dan pengguna jalan lain dengan tertib berlalu lintas. Selamat liburan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.