Kuliner Jaminan Enak yang Ada di Medan

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Medan didominasi etnis Melayu, selain Tiongkok, India, Batak, Jawa, dan Minangkabau. Jadi, jangan heran bila kota ini jadi multikultur dan kuliner Medan pun sangat beragam.

 

Sedikit bercerita terkait etnis di Medan, di sana tidak ada suku yang dominan. Suku Batak juga bukan suku dominan di Medan. Hampir tidak ada suku dominan di kota ini. Suku Jawa, Batak, Melayu, Aceh, Minang, Arab, India, Tionghoa, bertebaran dalam jumlah yang hampir merata.

 

Hampir sama seperti suku, agama juga tidak ada yang dominan di Medan. Agama Kristen, Islam, Buddha, dan Hindu, juga bertebaran dalam jumlah hampir merata dan hidup berdampingan dalam damai. Jarang sekali ada konflik horizontal antar agama di Medan.

 

Logat Medan itu tidak seperti logat yang sering dipraktekkan di televisi dengan “E” tegas. Logat Medan itu merupakan pencampuran dari bahasa Melayu, Batak, dan Tionghoa.

 

Karena intonasi suara yang keras, orang Medan dianggap kasar. Padahal, berbicara keras belum tentu lagi berantem, cuma sekedar mengobrol biasa aja. Tidak seperti karakter Suku Jawa, yang ngomongnya halus dan perlahan.

 

Tadi membahas soal karakter dan suku di Medan, bagaimana dengan kulinernya? Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah kuliner Medan yang enak dan wajib!

https://www.instagram.com/p/BlfyXb1ApCM/

Kuliner Jalan Semarang

Ketika malam tiba, Jalan Semarang yang tadinya dipenuhi toko onderdil dan aksesori mobil berganti menjadi deretan meja yang siap menerima turis yang kelaparan.

 

Telah beroperasi sejak 1960-an, yang harus dicoba adalah Bihun Bebek Atak, Yong Tau Fu, dan Nasi Simangunsong (nasi yang ditumis dengan ikan asin kemudian disajikan dengan beberapa potong ayam goreng dan tumis kangkung belacan).

 

Karena merupakan wilayah Pecinan, berhati-hatilah memilih makanan di sini. Bagi yang tidak memiliki pantangan, kawasan yang mirip Penang ini menawarkan pilihan untuk menyantap kwetiau goreng, mi pangsit, nasi hai nam, liong tahu, bak kut teh, chin chong fan, dan aneka hidangan lezat lainnya.

 

Lokasi: https://goo.gl/maps/YhzqZMxyUNt

Soto Medan

Memiliki kuah kuning yang bersantan, kaya rempah, dan gurih, RM Sinar Pagi (https://goo.gl/maps/e3wuqANCThk) merupakan salah satu tempat terbaik untuk mencicipinya dengan soto yang paling pas disantap bersama perkedel kentang dan peyek udang yang renyah.

 

Selain itu ada juga Soto Kesawan (https://goo.gl/maps/yek2gUf2pSJ2) yang tak jauh dari Rumah Tjong A Fie juga layak dicoba. Sesuai dengan namanya, menu yang ditawarkan di sini adalah soto dengan kuah gurih yang menggiurkan.

Kari Bihun

Kuliner Medan memang terkenal kaya akan rempah-rempah, selain soto ada juga bihun kari. Kari sendiri adalah makanan asimilasi dari India dan Melayu.

 

Kari Bihun Tabona (https://goo.gl/maps/hiP9JnXdAqw) yang telah beroperasi puluhan tahun menawarkan pilihan kari sapi atau ayam yang disajikan bersama nasi atau bihun.

 

Aroma karinya sudah tercium sejak masuk rumah makan ini. Tekstur kuah karinya tidak terlalu pekat karena tak banyak menggunakan santan.

https://www.instagram.com/p/8Hdzt7nahh/

Lontong Medan

Kuliner Medan yang satu ini biasa disantap untik sarapan. Salah satunya adalah Lontong Kak Lin (https://goo.gl/maps/EwAooJwgVUG2). Pemilik yang bernama Nuzlina berjualan sejak tahun 1994 dan menawarkan banyak varian lontong.

 

Sekilas menunya seperti tidak ada beda dengan hidangan lontong lain. Ada lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, hingga lontong tahu goreng. Tapi enak! Buktinya, pelanggan yang datang tak pernah berkurang.

https://www.instagram.com/p/BYuDtODDhLi/

Bolu Gulung Meranti

Siapa pun yang pulang setelah liburan dari Medan dipastikan akan membawa kuliner yang satu ini. Ya, kuliner ini adalah Bolu Gulung Meranti (https://goo.gl/maps/DRN7oqU1MZm).

 

Bolu gulung ini memiliki beragam isi, seperti keju, cokelat, nanas, mocca, dan stroberi, dan aneka topping. Harganya pun bervariasi, Rp 50.000 hingga Rp 80.000. Karena hanya membuka cabang di Medan, bolu adalah oleh-oleh andalan kota tersebut.

Ucok Durian

Liburan ke Medan, tak lengkap jika belum mencoba durian di Ucok Durian milik Zainal Abidin (https://goo.gl/maps/AfH3aq6PEV82).

 

Memiliki tagline ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian’, Ucok Durian tak hanya menawarkan durian kupas, tapi juga pancake, durian beku, serta es krim durian. Rasanya nikmat dengan kualitas buah yang terbaik.

 

Saking terkenalnya Ucok Durian, pelangannya meliputi artis hingga pejabat negara. Bahkan Presiden Joko Widodo juga pernah mampir ke sini.

movic

Masih banyak kuliner Medan yang belum diceritakan, jadi Anda bisa mengeksplor dan menceritakan sendiri kenikmatannya.

 

Daripada bingung, mending sewa mobil pakai Movic saja saat saat liburan ke Medan.

 

Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver. Driver juga pengalaman dan bisa jadi pemandu, sehingga tahu tempat-tempat wisata dan kuliner yang hits! Praktis bukan?

 

Tunggu apalagi, segera download Movic!