Peugeot 508 PSE Gunakan Mesin Hybrid dengan Performa Tinggi

30 September 2020

Peugeot 508 PSE

Bertepatan hari jadi yang ke 210 tahun, Peugeot merayakannya dengan menjawab tantangan teknologi mesin hybrid berperforma tinggi.

Pabrikan asal Prancis ini mulai mengembangkan produksi otomotif pada 26 September 1810, dan selalu menelurkan produk-produk inovatif baik kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Tidak heran bila pada 24 September 2020, Peugeot Global menghadirkan Peugeot 508 PSE yang sangat inovatif hasil riset dan pengembangan teknologi mesin hybrid.

PSE merupakan akronim dari Peugeot Sport Engineered, sebuah divisi dari Peugeot yang mengembangkan mobil-mobil Peugeot dengan performa tinggi.

Baca juga: Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 Allure Plus Resmi Mengaspal di Indonesia

Hadirnya Peugeot 508 PSE sekaligus mengumumkan kembalinya Peugeot dalam World Endurance Championship (WEC) pada Le Mans Hypercar (LMH) mulai tahun 2022 mendatang.

Peugeot 508 PSE ini hadir sebagai mobil keluarga dalam jenis sedan dan station wagon atau SW.

Peugeot 508 PSE

Mesin PHEV

Seperti disebut di atas mesin Peugeot 508 PSE menggunakan teknologi hybrid yang baterainya dapat dicas atau dikenal sebagai Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Tenaga yang dihasilkan mesin Peugeot 508 PSE mencapai 360 daya kuda dengan torsi maksimal 520 Nm. Mobil ini meraih tenaga yang instan dan responsif sehingga dapat melahap 0 hingga 100 kilometer per jam dalam 5,2 detik saja.

Angka tersebut terbilang impresif untuk sebuah mobil keluarga berjenis sedan dan station wagon.

Baca juga: Menjajal Teknologi dan Ketangguhan New Peugeot 3008 GT Line

Mengingat belum diproduksi secara massal, masih sedikit informasi soal jeroan mesin yang digunakan Peugeot pada Peugeout 508 PSE ini. Nantinya, produksi massal akan dilakukan di Mulhouse, Prancis.

Dari keterangan resmi Peugeot, mobil berpenggerak empat roda ini ditenagai mesin pembakaran dengan dua buah motor elektrik pada bagian depan dan belakang mobil. Kekuatan traksi yang ditawarkan pun semakin optimal.

Untuk kenyamanan, terdapat tiga mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti Sport, Comfort, dan Hybrid.

Peugeot 508 PSE

Eksterior Peugeot 508 PSE

Baik jenis sedan dan station wagon, Peugeot 508 PSE memiliki warna spesial yang disebut sebagai Selenium Grey dengan beberapa sentuhan hijau terang yang menandakan sebagai mobil ramah lingkungan.

Baca juga: Melirik Peugeot 5008 yang Jadi Mobil Dinas Presiden Perancis

Beberapa parts karbon juga hadir di bagian-bagian tertentu, misalnya cover kaca spion yang menghadirkan nuansa lebih sporty pada Peugeot 508 PSE.

Sementara lampu-lampu sudah menggunakan LED. Sebagai identitas lampu DRL di bagian depan, bentuknya mirip seperti taring singa yang gahar, sementara lampu belakangnya tiga baris layaknyaknya cakar singa.

Kemudian, bagian bumper depan desainnya tajam dengan air scoop sebagai aerodinamika, sekaligus mengarahkan udara ke ruang mesin.

Ada juga penambahan side skirt di sisi-sisinya. Bagian belakang tidak menggunakan spoiler, tetapi kesan sporty tetap terasa berkat adanya air diffuser.

Turun ke bagian kaki-kaki, mobil ini dibekali dengan pelek alloy dual tone berukuran 20 inci, dengan kaliper rem berwarna hijau, serta diameter piringan rem 380 milimeter.

Peugeot 508 PSE

Interior Peugeot 508 PSE

Warna interior Peugeot 508 PSE didominasi hitam atau disebut Onyx Black dengan sentuhan hijau Kryptonite seperti pada eksteriornya.

Baca juga: Review New Peugeot 5008: Jajal Fitur Park Assist

Kemewahan sebagai sebuah sedan dan station wagon makin terasa berkat penggunaan bahan Alcantara hampir di seluruh kabinnya, mulai jok, lingkar kemudi, dashboard, door trim, hingga pilar A, B, dan C.

Teknologi Peugeot i-Cockpit sudah diaplikasikan pada mobil ini. Peugeot i-Cockpit berguna untuk memudahkan akses pengemudi ke pengaturan AC, audio, parameter kendaraan, telepon, dan aplikasi mobil.

Untuk sistem keamanan terdapat enam buah airbags dan ISOFIX, itu pun masih ditambah dengan sistem pengereman dengan menyematkan teknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD), dan Emergency Break Assist (EBA).

Peugeot 508 PSE

Selain itu, pasti masih banyak fitur keamanan dan keselamatan mutakhir yang dijejali dalam mobil ini.

Mengingat saudara jauhnya, yaitu Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 yang sudah hadir di Indonesia dari Astra Peugeot mengantongi sistem keamanan bintang lima, peringkat tertinggi dari Euro NCAP (European New Car Assessment Programme).

Peugeot 3008 Peugeot 5008

Baca juga: Peugeot 404 Break, Satu Diantara 10 Koleksi Mobil Klasik Atho

Apakah Peugeot 508 PSE akan diboyong juga ke Indonesia? Sangat menarik untuk dinantikan, ya.

Arris Riehady

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!