Mengintip Key Auto, Bengkel Spesialis Restorasi BMW

12 September 2018

Membangun mobil tua atau restorasi kini makin digemari. Banyak alasan, selain desain mobil yang tidak lekang oleh zaman, salah satunya adalah nostalgia.

 

Tidak sedikit bengkel modifikasi saat ini yang menerima jasa restorasi. Satu di antaranya adalah Key Auto yang berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

 

Bengkel yang dirintis oleh Ribut Raharjo atau yang akrab disapa Joe ini mulai melayani pelanggan sejak tahun 2006.

 

Layanan Key Auto

“Saya memulai usaha ini bersama teman, namun sejak tahun 2011 saya menjalaninya sendiri. Tapi bukan berarti semua saya kerjakan sendiri. Ada delapan orang karyawan yang membantu saya. Team work itu sangat penting!” cerita Joe yang ditemui Seva.id di bengkelnya.

 

Semua berawal dari ketidakpuasaan sang pemilik yang ketika merestorasi mobilnya, hasilnya tidak sesuai harapan dan ekspektasi. Akhirnya bersama temannya mobil tersebut dikerjakan sendiri, dan banyak orang yang suka. Dari situ Joe mulai merintis Key Auto, yang perlahan berkembang dari mulut ke mulut dan komunitas BMW.

 

“Kalau untuk konsep, saya kembalikan lagi ke pelanggan. Mereka memiliki selera masing-masing. Ada yang konsepnya restorasi orisinal, modifikasi dengan aksesoris orisinal, hingga engine swap,” ujar Joe.

 

Key Auto melayani juga bodyworks, pengecatan, servis mesin dan AC, suku cadang, hingga aksesoris. Pada dasarnya, untuk bodyworks, Key Auto melayani semua jenis merek dan tipe mobil. Hanya kebetulan saja, yang datang kebanyakan mobil-mobil BMW, khususnya BMW E21, BMW E28, BMW E30, BMW, E36, hingga BMW E46 dari tahun 2005 ke bawah. Karena biasanya sekalian servis, cek kabel, dan lain-lain.

 

Dibuat kembali nyaman

Dalam membangun atau merestorasi mobil kendalanya adalah untuk mendapatkan barang-barang orisinal, seperti suku cadang mesin dan aksesoris. Apalagi jika pelanggan ingin semuanya full orisinil.

 

Berhubung sudah mulai langka, jadi dapatnya juga agak susah. Biasanya pelanggan meminta bantuan Key Auto untuk mencarinya, dan ada juga yang cari sendiri melalui eBay.

 

“Hal yang paling sulit dari restorasi adalah meyakinkan pelanggan kalau mobilnya tidak akan seperti baru. Terlihat dan terasa seperti baru mungkin, tapi tidak akan benar-baru, walau konsepnya orisinil. Namanya juga mobil bekas, akan banyak yang berbeda,” jelas Joe.

 

Ditambahkan, mobil yang dipakai harian biasanya akan banyak yang bergeser bodi dan kaki-kakinya. Mesin mulai ngadat, body keropos, dashboard sudah kusam, jok ada yang sobek, sasis yang melengkung, list body pun tidak lengkap. Sebisa mungkin, semuanya Key Auto perbaiki dan dibuat nyaman untuk pemakainya.

 

Kesulitan membangun mobil

Di sisi lain, Proses perbaikan itu memiliki kesulitannya masing-masing. Mesin misalnya, BMW E30 M40 biasa memiliki penyakit di power steering dan noken as. Beruntung mobil ini mesinnya terkenal “bandel” jadi bisa dibilang minim penyakitnya. Sementara di kaki-kaki yang perlu dicek adalah as roda dan kopel.

 

“Justru yang paling sulit adalah bodi, banyak sekali perintilannya. Biasanya yang sering lengah adalah bumper. BMW E30 M40 memiliki bumper yang terpisah antara list dan body bumper-nya. Buat bengkel yang kurang paham, saat diperbaiki akan dijadikan satu bumper utuh. Itu juga sulit untuk mengembalikan seperti semula,” kata Joe.

 

Dijelaskan Joe, ada juga bodi dan sasis yang mulai keropos. Di sini banyak pelanggan yang kurang paham. Di benak mereka memperbaiki bodi dan sasis keropos itu cukup dilas saja. Padahal teorinya tidak seperti itu.

 

Di Key Auto, untuk memperbaiki keropos perlu untuk membuat plat baru yang presisi, kemudian dilas, sesudah itu juga diberi lapisan anti karat agar lebih tahan lama.

 

“Nah, memperbaiki keropos ini juga sering missed soal biaya. Saat menerima bill, mereka kaget karena cost-nya bengkak, padahal proses memperbaikinya panjang. Karena itu, sebisa mungkin dari awal antara Key Auto dan pelanggan sudah deal soal budget. Masalah duit ini sensitif sekali,” ujar Joe.

 

Biaya dan waktu restorasi

Untuk biaya pengerjaan di Key Auto, Joe menjabarkan untuk cat saja, hanya siram full body, biayanya sekitar Rp 3.500.000. Lain lagi untuk full restorasi atau membangun mobil. Di luar bahan mobilnya, pelanggan perlu menyiapkan biaya sekurangnya Rp 100 juta. Bisa lebih dari itu kalau banyak perintilan atau aksesoris yang ditambahkan. Semuanya kembali lagi ke maunya pelanggan.

 

Biasanya memakan waktu tiga minggu, itu untuk cat siram saja. Tapi kalau restorasi dan membangun waktunya dari enam bulan hingga satu tahun. Tergantung maunya pelanggan. Tak jarang juga mobil masuk dalam waiting list antrean.

 

Mengerjakan dan membangun mobil ini butuh ketelitian dan tidak bisa diburu-buru. Key Auto ingin, tiap mobil yang keluar dan diterima pelanggan sudah benar-benar beres dan nyaman untuk digunakan.

 

Tips memilih bahan mobil restorasi

Sebelum membeli bahan mobil untuk direstorasi, ada beberapa hal yang pelu diperhatikan dengan teliti dan seksama.

 

“Dari bodi, usahakan bukan bekas tabrak, list bodi-nya lengkap, bumper-nya masih standar dan terpisah. Kaki-kaki yang penting nyaman, tidak ada bunyi aneh-aneh. Di sektor mesin, tidak mengeluarkan suara kasar, putarannya halus, serta tidak ada kebocoran. Sementara untuk interior, usahakan jok tidak ada yang sobek, trimnya lengkap, dan dashboard tidak ada yang pecah,” kata Joe.

 

Ditambahkan Joe, semakin sempurna bahannya, tentu biaya yang dikeluarkan untuk membangun dan merestorasinya semakin terjangkau.

Jadi jika punya dana, pilih beli mobil baru atau beli mobil tua lalu direstorasi?

 

Key Auto

Jl. BDN Raya No. 1 Cipete Raya, Jakarta Selatan

Telepon: 021-7666423/ 0812 1992 6222/ 0813 8101 7922

 

Fotografer: Faringga Eka Putra

SHARE