Mengintip Key Auto, Bengkel Spesialis Restorasi BMW

By Arris Riehady - September 12, 2018

Tidak sedikit bengkel modifikasi saat ini yang menerima jasa restorasi. Satu di antaranya adalah Key Auto yang khusus untuk restorasi BMW.

Membangun mobil tua atau restorasi kini makin digemari. Banyak alasan, selain desain mobil yang tidak lekang oleh zaman, salah satunya adalah nostalgia.

Tidak sedikit bengkel modifikasi saat ini yang menerima jasa restorasi. Satu di antaranya adalah Key Auto yang berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

Bengkel yang dirintis oleh Ribut Raharjo atau yang akrab disapa Joe ini mulai melayani pelanggan sejak tahun 2006 yang khusus restorasi BMW.

Layanan Key Auto

“Saya memulai usaha ini bersama teman, namun sejak tahun 2011 saya menjalaninya sendiri. Tapi bukan berarti semua saya kerjakan sendiri. Ada delapan orang karyawan yang membantu saya. Team work itu sangat penting!” cerita Joe yang ditemui Seva.id di bengkelnya.

Semua berawal dari ketidakpuasaan sang pemilik yang ketika merestorasi mobilnya, hasilnya tidak sesuai harapan dan ekspektasi.

Baca juga: Kenapa Roda Mobil Bergetar Saat Menginjak Pedal Rem?

Akhirnya, bersama temannya mobil tersebut dikerjakan sendiri, dan banyak orang yang suka. Dari situ Joe mulai merintis Key Auto, yang perlahan berkembang dari mulut ke mulut dan komunitas BMW.

“Kalau untuk konsep, saya kembalikan lagi ke pelanggan. Mereka memiliki selera masing-masing. Ada yang konsepnya restorasi orisinal, modifikasi dengan aksesoris orisinal, hingga engine swap,” ujar Joe.

Key Auto melayani juga bodyworks, pengecatan, servis mesin dan AC, suku cadang, hingga aksesoris.

Pada dasarnya, untuk bodyworks, Key Auto melayani semua jenis merek dan tipe mobil.

Hanya kebetulan saja, yang datang kebanyakan restorasi BMW, khususnya BMW E21, BMW E28, BMW E30, BMW, E36, hingga BMW E46 dari tahun 2005 ke bawah. Karena biasanya sekalian servis, cek kabel, dan lain-lain.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!