Ingat! Ini Informasi Penting yang Ada di Ban Mobil Anda

13 December 2017

Fungsi ban dalam sebuah mobil sejatinya tergolong krusial. Pasalnya, hanya ban yang menjadi bagian mobil yang menyentuh langsung permukaan jalan, serta keberadaannya juga memengaruhi akselerasi maupun deselerasi sebuah mobil bisa berjalan dengan optimal maupun tidak.

Karena itulah, untuk urusan memilih ban mobil tidak bisa dianggap sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dari sebuah ban, khususnya kode informasi yang tertera pada ban, sehingga Anda tidak salah memilih ban yang tepat sesuai dengan velg mobil Anda.

Pada dasarnya setiap ban bisa dicek spesifikasi ukuran dan kemampuannya berdasarkan informasi kode yang ditempatkan pada dinding ban. Penulisan kode ban sendiri sudah mengikuti standar yang disepakati secara internasional.

Satu contoh sebuah ban memiliki kode ‘215/50 R17 95W’, maka ban tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut:

* 215     : Lebar telapak ban dalam satuan milimeter (mm), dimana ban tersebut memiliki lebar telapak ban 215 mm

* 50        : Perhitungan ketebalan ban, dihitung dari rasio persen lebar ban bersangkutan. Misal ban memiliki lebar 215 mm dan rasio perhitungan ketebalan ban 50%, maka tebal ban tersebut adalah 123 mm.

* R          : Menunjukkan konstruksi ban Radial

* 17        : Diameter velg dalam satuan inci. Berdasarkan kode di atas, maka ban ini diperuntukkan untuk velg berukuran 17 inci

* 95        : Load index satu ban (ditentukan oleh tabel dari produsen ban), dimana angka 95 menandakan beban maksimum 690 kg.

* W        : Kode rating kecepatan mobil, dimana huruf ‘W’ menandakan ban tersebut masih sanggup dipacu hingga kecepatan 270 km/jam.

Di luar kode di atas sebenarnya masih ada kode-kode ban lain yang wajib diperhatikan lebih lanjut. Contohnya adalah berikut:

  • 0910 : Empat angka ini merupakan kode produksi dari sebuah ban. Dua angka di depan menandakan minggu pembuatan, dua angka berikutnya menandakan tahun pembuatan. Informasi ini biasanya berguna untuk mengetahui apakah ban masih tergolong baru atau sudah berusia lama.
  • TWI: Tread Wear Indication (TWI) ditunjukkan lewat logo segitiga pada sisi ban dan berupa tonjolan bar pada sela kembang ban. Kedua logo ini berfungsi menentukan tingkat keausan kembangan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan ban agar aspek performa, keamanan, dan kenyamanan terpenuhi. Ketika indikator tersebut sudah terkena, berarti sudah waktunya ban mobil Anda segera diganti.

Sudah tahu informasi yang ada di ban mobil, sekarang Anda bisa lebih memahami kondisi ban dan batas pemakaiannya. Yuk cek ban di mobil Anda!

 

SHARE