Harga Tiket Pesawat Turun, Saatnya Pergi Traveling!

By Arris Riehady - Januari 14, 2019

Harga tiket pesawat domestik beberapa maskapai penerbangan melonjak naik selama dua minggu terakhir. Harga tiket pesawat pun kian melambung, tepatnya menjelang Libur Natal hingga Tahun Baru.

 

Dari Liputan6.com, dengan naiknya harga tiket pesawat tersebut, membuat masyarakat mengeluh dengan tiket yang ada. Misalnya, sejumlah warga Aceh bahkan dikabarkan lebih memilih transit ke Kuala Lumpur, Malaysia dalam penerbangan menuju ke Jakarta untuk menghemat biaya perjalanan.

 

Hal ini karena harga tiket penerbangan jalur Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta jauh lebih murah ketimbang penerbangan langsung Banda Aceh-Jakarta. Banyak warga Aceh pun rela membuat paspor untuk bisa transit di Malaysia.

 

Melirik fenomena tersebut, harga tiket pesawat, khususnya untuk penerbangan domestik, segera diturunkan oleh sejumlah maskapai. Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Carriers Association (INACA) menyatakan anggotanya telah bersepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat terbang.

“Kami berkomitmen untuk menurunkan harga tiket. Kami sejak minggu lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan sebagian harga tiket penerbangan domestik,” kata Ketua INACA, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ari Askhara dalam jumpa pers di Jakarta pada Minggu (13/1/2019), dilansir Kompas.com.

 

Menurut Ari yang juga menjabat sebagai Dirut Garuda Indonesia, maskapai dengan stakeholder terkait telah mendiskusikan keputusan ini sejak pekan lalu. Setelah mendengar keluhan masyarakat terkait harga tiket pesawat yang naik, INACA memutuskan untuk menurunkannya.

 

“Sejak Jumat (11/1/2019) lalu kami sudah menurunkan tiket harga domestik khususnya Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta. Walau di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, kami lebih mendengar keluhan masyarakat. Intinya seperti itu,” katanya

 

Selain itu, ditambahkan Ari, rute penerbangan Bandung-Denpasar dan Jakarta-Surabaya pun mengalami akan penurunan harga tiket. Ke depannya rute lain siap menyusul untuk diturunkan harga tiketnya, seperti Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.

 

Penurunan harga tiket pesawat untuk masing-masing rute pun berbeda. Namun, paling  besar bisa mencapai 60%, sementara paling kecil berkisar di 20%.

 

Baca : Biar Gak Mati Gaya, Coba Bawa 6 Barang Ini Saat Traveling

 

Dikutip dari Detik.com, setelah penurunan harga tiket penerbangan, maskapai Garuda Indonesia memangkas harga tiket Banda Aceh-Jakarta hampir separuhnya, dari Rp 3,2 juta menjadi Rp 1,6 juta.

 

Maskapai lain, Batik Air juga ikut menurunkan harga tiket penerbangan rute Banda Aceh-Jakarta hampir setengah harga. Batik Air juga memangkas tiket Jakarta-Bali menjadi Rp 1,9 juta. Mulanya, harga tiketnya sebesar Rp 2,9 juta.

 

Untuk Citilink kemungkinan ada 33 rute penerbangan yang diturunkan harga tiketnya. Sementara, untuk Lion Air ada sekitar 40 rute penerbangan.

 

Ari menjelaskan keputusan organisasinya untuk menurunkan tiket pesawat diambil setelah ada komitmen positif dari lembaga yang berkaitan dengan penerbangan: PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), Airnav, dan PT Pertamina (Persero).

 

INACA memastikan penurunan harga tiket penerbangan tersebut sesuai dengan koridor regulasi dan aturan tata kelola industri penerbangan nasional dan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan dengan tetap meningkatkan pengawasan atas safety dan maintenance seluruh pesawat.

 

Meski tiketnya diturunkan, INACA memastikan penerbangan tetap mengutamakan pelayanan, keselamatan dan keamanan. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir.

 

Ari berharap dengan penurunan tiket tiket penerbangan ini akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara dapat semakin terbuka luas.

 

Destinasi traveling

Melihat harga tiket pesawat yang turun, ada baiknya Anda sudah merencanakan jadwal traveling. Dari data di atas, misalnya tiket pesawat rute Jakarta-Aceh yang sudah turun, Anda bisa mengunjungi provinsi berjuluk Serambi Mekah tersebut.

 

Di Aceh terdapat banyak destinasi wisata, sebut saja Museum Tsunami Aceh. Tidak hanya itu, Aceh juga menawarkan pantai-pantai cantik seperti Pantai Lampuuk, Pantai Lhok Mee, atau Pantai Lhoknga yang menjadi favorit para peselancar.

 

Sementara bila memilih Yogyakarta, Bali, atau Makassar kini Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara untuk berkeliling.

 

Bila butuh kendaraan dan ingin menyewanya, cukup dengan aplikasi Movic. Di sini Anda bisa menyewa berbagai jenis kendaraan bersama dengan sopir yang bisa diandalkan sebagai pemandu wisata menuntun ke tempat-tempat yang sedang populer.

 

Yuk, booking tiket pesawat sekarang dan segera download Movic!

cara buat paspor

 

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!