Fakta Unik Airbag yang Menjadi Fitur Keamanan di Mobil

By Arris Riehady - Februari 22, 2021

Sebagai salah satu fitur keamanan yang jadi standar masa kini, yuk ketahui fakta-fakta unik airbag yang ada di dalam mobil.

fakta unik airbag

Fitur keamanan mobil terus dikembangkan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya. Salah satu fitur yang kini seakan sudah menjadi kewajiban di mobil adalah airbag.

Airbag adalah fitur keamanan yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini akan mengembang dengan sendirinya ketika terjadi benturan keras antara mobil dengan benda lainnya.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), airbag mobil hanya memerlukan waktu sekedipan mata untuk mengembang, atau sekitar 1 per 20 detik.

Baca juga: Cara Kerja Sabuk Pengaman Saat Mobil Mengalami Kecelakaan

Oleh karena itu, pengemudi atau penumpang harus memperhatikan jarak aman antara mereka dengan airbag, agar tidak terjadi cedera serius yang diakibatkan oleh kecepatan airbag, apalagi saat pertama kali terlontar.

fakta unik airbag

Namun, airbag mobil tidak akan mengembang atau bekerja sebelum Electronic Control Unit (ECU) mengirimkan perintah. ECU akan memerintahkan airbag untuk mengembang apabila sensor yang terletak di beberapa titik mobil memberikan isyarat.

Biasanya, sensor tersebut terdapat di bagian depan, tepatnya di sekitar headlamp, yang tentunya akan mendeteksi benturan dari arah depan. Lalu, ada juga sensor di bagian tengah yang disematkan di dalam kabin, biasanya ada di bawah lantai.

Selain itu, yuk ketahui fakta unik airbag yang ada di dalam mobil.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!