Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fakta Unik Airbag yang Menjadi Fitur Keamanan di Mobil

Sebagai salah satu fitur keamanan yang jadi standar masa kini, yuk ketahui fakta-fakta unik airbag yang ada di dalam mobil.

fakta unik airbag

Fitur keamanan mobil terus dikembangkan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya. Salah satu fitur yang kini seakan sudah menjadi kewajiban di mobil adalah airbag.

Airbag adalah fitur keamanan yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini akan mengembang dengan sendirinya ketika terjadi benturan keras antara mobil dengan benda lainnya.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), airbag mobil hanya memerlukan waktu sekedipan mata untuk mengembang, atau sekitar 1 per 20 detik.

Baca juga: Cara Kerja Sabuk Pengaman Saat Mobil Mengalami Kecelakaan

Oleh karena itu, pengemudi atau penumpang harus memperhatikan jarak aman antara mereka dengan airbag, agar tidak terjadi cedera serius yang diakibatkan oleh kecepatan airbag, apalagi saat pertama kali terlontar.

fakta unik airbag

Namun, airbag mobil tidak akan mengembang atau bekerja sebelum Electronic Control Unit (ECU) mengirimkan perintah. ECU akan memerintahkan airbag untuk mengembang apabila sensor yang terletak di beberapa titik mobil memberikan isyarat.

Biasanya, sensor tersebut terdapat di bagian depan, tepatnya di sekitar headlamp, yang tentunya akan mendeteksi benturan dari arah depan. Lalu, ada juga sensor di bagian tengah yang disematkan di dalam kabin, biasanya ada di bawah lantai.

Selain itu, yuk ketahui fakta unik airbag yang ada di dalam mobil.

fakta unik airbag

fakta unik airbag

fakta unik airbag

Masih ada fakta unik airbag lain seperti airbag yang sudah terpakai tidak bisa dimasukkan atau digunakan kembali, melainkan harus diganti baru. Untuk itu, ketika melakukan perbaikan setelah mengalami benturan keras, ada baiknya sekaligus melakukan pergantian airbag.

Airbag mobil memang didesain untuk tidak mudah mengembang, karena akan membahayakan pengemudi atau penumpang.

Baca juga: 5 Indikator Mobil Bekas Berkualitas yang Sering Dilupakan

Sebagai contoh, bila mobil menabrak pohon, tiang, atau benda sejenis tepat di bagian tengah, maka kemungkinan besar airbag tidak akan mengembang, karena tidak mengenai sensor yang terletak di dekat headlamp.

fakta unik airbag

Walau banyak fakta unik airbag, untuk yang mau beli mobil bekas berkualitas tidak bekas tabrakan berat mending di tempat yang tepat, Pilihan Expert dari Seva.id.

Yap, seluruh jajaran mobil bekas di Pilihan Expert sudah diinspeksi oleh inspektur berpengalaman sehingga dijamin tidak pernah terlibat tabrakan yang mengakibatkan kerusakan berat pada struktur rangka mobil.

Mobil juga dijamin tidak pernah terendam banjir, keaslian odometer, serta kesesuaian nomor rangka dan mesin yang tertera di dokumen kendaraan.

Ingin beli mobil bekas berkualitas, Pilihan Expert tempatnya.

Pilihan Expert

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.