Deretan Mobil Listrik BMW yang Akan Hadir di Tahun 2021

Pabrikan otomotif semakin antusias menelurkan produk-produk yang inovatif, untuk tahun 2021 berikut jajaran amunisi baru mobil listrik BMW.

Pabrikan-pabrikan otomotif terus berinovasi untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menciptakan mobil listrik yang popularitasnya sedang naik daun beberapa tahun terakhir.

Mobil listrik adalah kendaraan yang diklaim rendah emisi. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar, mobil listrik memiliki keuntungan dalam hal emisi gas buang.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya, seperti lebih nyaman dan minimnya suara mesin yang dihasilkan ketika kendaraan ini digunakan.

Lalu dari segi perawatan, mobil bermesin listrik diklaim lebih mudah karena tidak perlu untuk mengganti oli.

Bahkan di Indonesia, khususnya Jakarta, ada keistimewaan sendiri bila menggunakan mobil listrik, yaitu dapat bebas melaju di jalur manapun yang memberlakukan sistem ganjil genap.

Baca juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Lebih Murah Dibanding Konvensional?

Sejak tahun 2019, saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), BMW sudah memamerkan mobil listrik mereka.

BMW membawa dua mobil listrik sekaligus, yaitu BMW i8 Roadster dan BMW i3s. Sebelumnya, BMW i8 dan BMW i3 sudah lebih dulu dikenalkan.

Tahun 2021 sebentar lagi, rencananya akan ada lagi mobil listrik BMW. Siapa saja mereka?

mobil listrik BMW

Mobil listrik BMW

Seperti yang diketahui, walau cukup sukses secara global, BMW harus menghentikan produksi dari BMW i8 dan BMW i8 Roadster. Sebagai gantinya, kini tersedia BMW i3 dan BMW i3s yang juga dipasarkan di Indonesia.

Untuk menggantikannya, mobil listrik BMW sedang disiapkan untuk segera mengaspal di tahun 2021, seperti BMW iX3, BMW iNEXT, dan BMW i4. Tidak mau ketinggalan MINI yang masih satu grup dengan BMW pun menyiapkan MINI Cooper SE.

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Bebas dari Ganjil Genap dan Biaya Parkir

Berbicara soal spesifikasi, BMW iX3 akan mengambil basis dan kenyamanan dari BMW X3. Tidak hanya itu, mobil ini menjadi Sport Active Vehicle (SAV) pertama dari BMW yang menggendong mesin listrik.

Dengan mesin listrik teknologi baru atau generasi kelima BMW eDrive technology, BMW iX3 bisa menempuh jarak hingga 520 kilometer dalam sekali cas. Rata-rata konsumsi tenaga listriknya 17,8 kWh per 100 kilometer.

mobil listrik BMW

Sementara untuk MINI Cooper SE akan tetap mempertahankan desain MINI yang ikonik. Secara global, mobil ini sudah mengaspal di Eropa sejak awal tahun 2020.

Baca juga: Perlu Diketahui, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Mini Cooper SE diklaim dapat menempuh jarak hingga 234 kilometer dalam sekali pengisian daya. Fitur quick charging turut disematkan. Dalam keadaan baterai kosong hingga terisi 80 persen memakan waktu pengisian 36 menit saja.

mobil listrik BMW

BMW i3 dan BMW i3s

Duet mobil listrik BMW ini adalah yang sekarang mengaspal di Indonesia. BMW i3s merupakan versi sporty dari BMW i3.

BMW i3s mengusung konsep hatchback 5 pintu yang memiliki dimensi panjang 4.006 milimeter, tinggi 1.570 milimeter, dan lebar 2.039 milimeter.

Pada bagian kaki-kaki, BMW i3s dibekali suspensi sport yang bisa diturunkan sebanyak 10 milimeter untuk jarak terendah.

Mobil listrik BMW ini dilengkapi motor listrik dengan tenaga 184 daya kuda yang torsi puncak ada di 270 Nm.

Terdapat peningkatan hingga 40 persen dari BMW i3, sehingga BMW i3s memerlukan hanya 6,9 detik untuk melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam.

Baca juga: Ternyata, Mobil Listrik Sudah Ada Sejak Satu Abad yang Lalu

Dalam sekali pengisian daya, BMW i3s dapat menempuh jarak hingga 359 kilometer dengan rata-rata konsumsi daya hingga 14,6 kWH per 100 kilometer. 95 persen material yang ada di mobil ini pun dibuat dari bahan yang bisa didaur ulang.

Menarik ya menantikan jalanan di Indonesia dipenuhi mobil listrik. Dengan begini, kualitas udara juga akan semakin bersih dan sehat.