Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cari Tahu 8 Tips Mencegah Jamur di Mobil Saat Musim Hujan

Jamur pada mobil bisa menjadi masalah serius saat musim hujan, terutama di wilayah tropis seperti Indonesia. Munculnya jamur dapat merusak penampilan dan kesehatan mobilmu. Kamu harus rutin melakukan perawatan pada saat musim hujan.

Tips Mencegah Jamur Saat Hujan

Jamur pada mobil dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu seperti kelembaban, air hujan yang mengering, debu dan partikel kotoran lainnya. Saat musim hujan, intensitas mobil untuk lembab akan meningkat, maka dari itu, perlu untuk menjaga kendaraanmu selama hujan. Berikut adalah beberapa tips mencegah jamur di mobil pada saat musim hujan.

1. Bersihkan dan Keringkan Mobil Secara Berkala

Jangan biarkan air mengendap pada permukaan mobilmu terlalu lama. Setelah hujan, pastikan untuk membersihkan mobilmu dengan air bersih dan sabun mobil. Setelah itu, keringkan dengan kain microfiber untuk mencegah kelembaban yang menjadi lingkungan subur bagi jamur.

2. Gunakan Penutup Mobil

Investasikan dalam penutup mobil berkualitas untuk melindungi kendaraan dari paparan langsung hujan. Penutup ini tidak hanya melindungi dari air hujan tetapi juga dari debu dan kotoran yang dapat menjadi media pertumbuhan jamur.

3. Periksa dan Bersihkan Saluran Air

Pastikan saluran air di mobilmu tidak tersumbat. Saluran air yang tersumbat dapat menyebabkan air hujan terjebak di dalam mobil, menciptakan kondisi yang ideal bagi jamur untuk tumbuh. Periksa saluran air dan bersihkan secara berkala.

4. Jaga Kelembaban di Dalam Mobil

Penggunaan penghisap kelembaban atau silica gel di dalam mobil dapat membantu menjaga kelembaban di bawah kendali. Jamur cenderung tumbuh lebih baik di lingkungan yang lembab, oleh karena itu, mengontrol kelembaban di dalam mobil adalah kunci mencegah pertumbuhan jamur.

Baca juga: 25 Rekomendasi Parfum Mobil yang Tidak Bikin Pusing

5. Gunakan Pengharum Mobil Anti-Jamur

Ada berbagai pengharum mobil yang dirancang khusus untuk mencegah pertumbuhan jamur. Pilih pengharum mobil yang mengandung bahan anti-jamur untuk membantu melindungi mobilmu.

6. Bersihkan Interior Mobil secara Rutin

Interior mobil yang kotor dan lembab dapat menjadi tempat yang ideal bagi jamur. Bersihkan bagian dalam mobil secara rutin, termasuk karpet, kursi, dan plafon, untuk menghindari pertumbuhan jamur.

7. Periksa dan Ganti Filter AC

Filter AC yang kotor dapat menjadi sarang jamur. Pastikan untuk secara teratur memeriksa dan mengganti filter AC untuk menjaga udara di dalam mobil tetap bersih.

8. Parkir di Tempat yang Terlindungi

Saat memilih tempat parkir, usahakan untuk memilih tempat yang terlindungi dari paparan langsung sinar matahari dan hujan. Tempat parkir yang terlindungi dapat membantu menjaga kondisi mobilmu.

Baca juga: Keunggulan Sensor Parkir pada Toyota Vellfire

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat mencegah pertumbuhan jamur di mobil selama musim hujan. Perawatan yang rutin dan pencegahan yang tepat akan membantu menjaga penampilan dan kesehatan mobilmu dalam jangka panjang. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan kamu, terutama saat musim hujan melanda.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.