Tempat Kuliner di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Setelah Pulang Kerja

Tempat kuliner di Jakarta berikut ini bisa kamu kunjungi bersama teman selepas pulang kerja untuk melepas penat.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan selepas pulang kerja agar kamu terhindar dari stress, salah satunya adalah kulineran. Yap, mengisi perut sambil hangout bareng teman memang pilihan yang pas untuk melepas suntuk setelah bekerja seharian.

 

Tapi, sebagian orang mungkin bingung saat ingin menentukan tempat makan. Bertanya ke teman, jawabannya gak jauh-jauh dari “bebas, makan dimana aja oke”. Untuk menghindari jawaban itu, mungkin pilihan tempat kuliner di bawah ini bisa membantu kamu dan temanmu menentukan tempat makan setelah pulang kerja.

 

Sate Sambas

https://www.instagram.com/p/BdK1PK9n6WO/

Buat kamu pecinta sate, coba mampir ke daerah Sambas yang berada di kawasan Jakarta Selatan​. Disini ada banyak penjual sate legendaris yang terkenal dengan kelezatannya. Berbagai jenis sate dijajakan disini, seperti sate campur, sate kulit, sate telur muda, sate ayam hingga sate kambing yang empuk dan juicy.

 

Baca juga: Kuliner Malam yang Hangat Dijamin Enak di Cibadak Culinary Night

 

Tak perlu hawatir soal harga, rata-rata sate disini dibanderol dengan harga Rp 30 ribuan tergantung jenis sate yang kamu pesan, kamu sudah bisa menikmati satu porsi sate yang berisi 10 tusuk. Di sini juga ada beberapa penjual minuman yang menyediakan aneka teh dingin, air mineral hingga jus yang bisa kamu pesan untuk menemani mu sambil menikmati sate.

 

Bakmi Ayam Alek

https://www.instagram.com/p/BhWIQzNhGO3/?hl=en

Kalau yang satu ini, bukan bakmi biasa. Bakmi Ayam Alek ini menggunakan ayam kampung sebagai topping-nya. Selain itu, Bakmi Ayam Alek juga menawarkan topping kekinian yang berbeda dari bakmi pada umumnya, seperti bakmi dengan topping bakso goreng, cumi hitam, urat sapi, sengkel sapi, salmon aburi, salmon kama mentai, gyuniku roll, sirloin dan masih banyak topping unik lainnya.

 

Harganya juga cukup variatif, kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 80 ribu, tergantung bakmi dengan topping apa yang kamu pilih. Bakmi Ayam Alek ada di 3 lokasi di Jakarta, yaitu di Meruya Ilir, Prapanca Raya, dan Tentara Pelajar.

 

Nasi Goreng Kebon Sirih

https://www.instagram.com/p/BbwvIYlFAVQ/

Warga Jakarta pasti tau nasi goreng legendaris yang memiliki banyak cabang ini. Nasi Goreng Kebon Sirih sudah berdiri sejak tahun 1958. Ada berbagai menu nasi goreng disini, namun yang menjadi primadona adalah nasi goreng kambing.

 

Bukan cuma nasi goreng, disini juga ada sate dan sop kambing. Harganya bervariasi, berkisar antara Rp 40 ribuan hingga Rp 60 ribuan. Porsinya cukup banyak dengan daging kambing yang berlimpah. Jangan khawatir, daging kambing yang tercampur pada nasi goreng ini tidak berbau bahkan terkesan wangi karena ada kombinasi bumbu rempah, seperti kapulaga, kunyit, lada, dan serai.

 

Baca juga: 5 Cafe di Jakarta yang Sering Jadi Tempat Nongkrong Kpopers

 

Rempah yang tercampur dengan nasi itu menciptakan aroma dan rasa yang khas. Uniknya adalah, penjual membuat nasi goreng kambing di wajan besar, bukan berdasarkan pesanan seperti biasanya. Ada 2 wajan besar yang digunakan untuk membuat nasi goreng ini.

 

Ketoprak Ciragil

https://www.instagram.com/p/Bwg_9mYJVyz/

makanan yang satu ini telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Jakarta.  Percampuran lontong, bihun, potongan tahu yang digoreng setengah matang, tauge, dan kerupuk yang dilengkapi dengan bumbu kacang membuat Ketoprak Ciragil punya cita rasa yang khas.

 

Terletak di Jl. Cikatomas II/24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ketoprak Ciragil sudah terkenal dan sangat diminati oleh masyarakat Jakarta meski warungnya sangat sederhana. Jika penjual ketoprak yang lain memakai bumbu kacang halus, Ketoprak Ciragil menggunakan kacang mede sebagai campuran bumbunya, sehingga melahirkan rasa yang berbeda.

 

Di sini kamu bisa memilih mau tambahan telur ayam atau telur asin. Satu lagi yang membedakan Ketoprak ini dengan Ketoprak lainnya, yaitu penggunaan lontong sebagai salah satu bahan dasar dari Ketoprak Ciragil. Harga Ketoprak ini masih dalam kisaran yang wajar, yaitu sekitar Rp 15-28 ribu.

 

Kwetiaw Akang

https://www.instagram.com/p/B4PZR9iBwEs/

Berbicara soal kuliner, rasanya kwetiau tidak boleh luput dari perhatian. Makanan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini sangat populer di Indonesia. Saking terkenalnya, beberapa daerah punya hidangan kwetiau khas masing-masing, termasuk Jakarta.

 

Baca juga: Selain Pempek, Ini Kuliner Khas Palembang yang Harus Dicicipi

 

Terdapat warung kwetiau yang sudah terkenal di Jakarta, yaitu Kwetiaw Akang. Ciri khas dari warung kwetiau ini adalah gaya memasaknya yang menggunakan teknik tio ciu, yaitu dengan mencampurkan daging sapi dan jeroan. Gerai kwetiau yang terletak di Muara Karang dan Kebayoran Lama ini ternyata masih mempertahankan gaya masak tradisional, yakni dengan menggunakan tungku arang.

 

Terdapat berbagai topping sebagai pelengkap, ada udang, hepia, lapchiong (sosis babi), char siu, dan potongan capit kepiting. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 40 ribu untuk menikmati seporsi kwetiau. 

 

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Kamu bisa ajak teman-teman kamu ke berbagai tempat makan di atas menggunakan Sejalan. Jadi, perjalananmu akan lebih nyaman dan menyenangkan. Untuk itu, jangan lupa untuk download Sejalan di smartphone-mu ya.