Tabrak Kendaraan Lain Bisa Klaim Asuransi untuk Ganti Rugi?

By rekaharnis - May 20, 2020

Bagaimana jika kita menabarak kendaraan lain? Apakah bisa klaim asuransi untuk kendaraan yang ditabrak?

klaim asuransi

Saat mengendarai mobil, kamu mungkin pernah menabrak atau ditabrak pengendara lain tanpa sengaja. Ancaman seperti ini bisa terjadi setiap saat tanpa diduga, baik disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain.

Itulah mengapa asuransi sangat diperlukan untuk kamu yang memiliki kendaraan. Pasalnya, asuransi bisa memberikan perlindungan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terlebih bila asuransi memiliki tanggungan pihak ketiga, kamu sebaiknya tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa klaim asuransi untuk mengganti kerugiannya, baik mobil yang ditabrak, atau mobil yang menabrak.

Lalu apa itu perlindungan pihak ketiga?

Pertanggungan pihak ketiga dalam istilah asuransi disebut sebagai Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga (TJH III). Ini adalah pertanggungan atas kerugian yang diderita pihak ke-3, yang berada di luar objek yang dipertanggungkan secara langsung yang disebabkan oleh objek tersebut.

Baca Juga; Begini Cara Klaim Asuransi Mobil di Masa PSBB

Bila kamu menerima pertanggungan ini, maka klausul mengenai asuransi pihak ketiga terdapat dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) mengenai Jaminan Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga.

Pihak ketiga yang dimaksud adalah pihak lain yang mengalami kerugian, baik pada mobil maupun dirinya sendiri, atau menjadi korban dalam sebuah kecelakaan.

Di samping itu, bagi pemilik mobil yang menggunakan jasa pengemudi pun dapat mengalihkan klaim asuransi kepada pengemudi tersebut. Hal-hal yang bisa di-cover oleh pertanggungan ini tidak sebatas pada kerusakan kendaraan bermotor, tetapi meliputi kerusakan harta benda, biaya pengobatan, cidera badan, hingga kematian.

Berita Terkait

Author