Pesona Mamuju, Daerah yang Pernah Diusulkan jadi Ibu Kota Indonesia

Mamuju punya sejumlah tempat cantik yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

ibu kota indonesiaPresiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota Indonesia pengganti Jakarta, yaitu dua kabupaten di Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal tersebut disampaikan secara resmi di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Lokasi ini dianggap ideal untuk menggantikan Jakarta, salah satunya adalah karena risiko bencana alam seperti tanah longsor, gunung meletus dan banjir lebih minim, tanah yang luas untuk membangun infrastruktur, serta letak geografisnya yang berada ditengah sehingga dianggap dapat menyamaratakan perekonomian Indonesia.

 

Sebelum dua kabupaten tersebut secara resmi ditetapkan sebagai ibu kota baru, ternyata sebuah kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Barat pernah menjadi kandidat untuk menggantikan Jakarta. Kabupaten tersebut adalah Mamuju.

Kabupaten Mamuju diusulkan oleh Wapres Jusuf Kalla. Daerah ini dianggap cukup ideal, karena secara lokasi Mamuju tereletak di tengah-tengah Indonesia serta juga di antara Palu dan Makassar, di mana dua kota tersebut lebih dulu berkembang.

 

Baca juga: Indonesia Pindah Ibu Kota, Ini Beberapa Negara yang Sudah Melakukannya

 

Selain letak geografisnya yang dianggap cocok untuk menggantikan Jakarta, Mamuju juga ideal untuk dijadikan tempat liburan. Lokasinya yang tepat berada di pinggir laut membuat Mamuju dianugerahi banyak pantai dan pulau cantik.

 

Salah satunya adalah Pantai Manakarra yang sekaligus menjadi ikon Mamuju. Pantai ini sering disebut sebagai “Losarinya Mamuju”. Hal ini karena keindahan panoramanya yang sangat memikat, ditambah dengan latar belakang Pulau Karampuang menjadikan panorama Manakarra semakin eksotis.

Kabupaten Mamuju

Tak hanya itu, Mamuju juga banyak memiliki pulau cantik, salah satu yang menjadi ikon Mamuju adalah Pulau Karampuang. Di pulau ini, terumbu karang masih sangat terjaga sehingga cocok buat kamu yang punya hobi diving dan snorkeling.

 

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Melepas Penat di Banten

 

Lalu, di pulau ini terdapat sumur tiga rasa atau yang sering dikenal dengan nama Sumur Jodoh. Sesuai dengan namanya, sumur ini dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang meminum air sumur tersebut.

Tak hanya pulau dan pantai, Mamuju juga punya puncak Anjoro Pitu dengan panorama yang tak kalah memikat. Terletak di timur Mamuju, di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Mamuju dari ketinggian, serta menikmati sunset sambil bersantai di gazebo.

 

Tertarik dengan wisata hutan mangrove? Mamuju juga punya, lho! Berlokasi di Kelurahan Bebanga, hutan mangrove seluas 30 hektare ini memiliki setidaknya 30 ribu bibit mangrove yang bisa dilestarikan di hutan tersebut.

 

Hutan mangrove ini terawat dengan baik, konservasi dan pentaannya juga rapi. Selain itu, terdapat hiasan kata-kata menarik yang terpasang di sudut hutan, sehingga membuat hutan mangrove ini menjadi destinasi yang tak kalah instagramable.

 

Bukan cuma objek wisata, Mamuju juga memiliki perayaan yang cukup unik dan menarik, yaitu Pesta Pattuddu atau yang lebih dikenal dengan Sayyang Pattudu’. Perayaan ini merupakan salah satu kegiatan suku Mandar yang bukan hanya ditampilkan di Mamuju, tapi juga di Polewali Mandar dan juga Majene.

 

Perayaan ini biasanya ditampilkan untuk merayakan keberhasilan anak-anak ketika khatam Al Quran. Sayyang Pattudu hanya dilaksanakan setahun sekali, yakni ketika bulan Maulid tiba.

 

Baca juga: Cobain Tempat Berlibur Antimainstream di Jakarta Ini

 

Mamuju merupakan kota kecil di Sulawesi Barat, bagaimana dengan transportasinya?

Bukan tanpa alasan Mamuju sempat diusulkan Wapres JK untuk menggantikan Jakarta, meski tak semegah Bandara Soekarno-Hatta, Mamuju sudah memiliki bandara bernama Bandara Tampang Pandang.

 

Bila ingin melanjutkan perjalanan melalui jalur darat, kamu bisa pakai aplikasi Sejalan. Aplikasi ini menyediakan layanan shuttle bus antar kota, dari mulai jadwal hingga pemesanan tiket. Rute Makassar-Mamuju juga tersedia di Sejalan, ayo ke Mamuju!