Perjalanan Hidup B. J. Habibie, Sang Jenius yang Menginspirasi

By Rismawati Idris - September 13, 2019

B. J. Habibie adalah salah satu putra terbaik bangsa Indonesia. Selama hidupnya, Habibie dikenal sebagai orang yang jenius dan rendah hati.

B J Habibie

Sosok Bacharuddin Jusuf Habibie atau B. J. Habibie dikenal sebagai seorang yang jenius. Kecerdasannya dalam bidang teknologi dan sains patut diacungi jempol. Ia pernah menciptakan pesawat yang menjadi salah satu aset bangsa Indonesia.

Bahkan, lantaran kepiawaian Habibie dalam hal tersebut, ia dijuluki sebagai Bapak Teknologi Indonesia. Habibie juga lama menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), hingga akhirnya menjadi Presiden Republik Indonesia ke-3 pada tahun 1998.

Namun, pada Rabu (11/9/2019), kabar duka datang dari salah satu orang yang berjasa kepada tanah air ini. Thareq Kemal Habibie (anak B. J. Habibie), mengabarkan, bahwa B. J. Habibie berpulang setelah menjalani perawatan akibat gagal jantung di RSAD Gatot Soebroto.

Latar belakang keluarga B.J. Habibie

Habibie lahir di Parepare, Sulawaesi Selatan pada 25 Juni 1963. Ia merupakan anak keempat dari delapan orang bersaudara. Orang tuanya adalah Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardjo yang merupakan keturunan Jawa-Bugis.

Apabila melihat kedua orang tua Habibie, ibu dan ayahnya berasal dari keluarga terhormat. Kakek Habibie seorang ulama Islam terkenal dan keluarga ibunya berasal dari kalangan dokter.

Baca juga: Alasan Pentingnya Asuransi Keluarga yang Jarang Diketahui

Ayah Habibie merupakan lulusan sekolah pertanian di Bogor dan sempat menjabat sebagai Kepala Departemen Pertanian Negara Indonesia Timur. Pada tahun 1950, ketika usai Habibie sekitar 14 tahun, ayahnya meninggal dunia.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.