mobil irit bbm

12 Mobil Irit BBM yang Bagus!

Mobil irit BBM (Bahan Bakar Minyak) jadi salah satu pertimbangan banyak orang saat membeli mobil, terutama bagi mereka yang mobilitasnya sangat tinggi sehari-hari. Kalau tidak, bisa tekor di bensin! Dengan mobil irit BBM, kamu bisa menghemat pengeluaranmu terutama jika kamu menggunakan mobil ini untuk aktivitas sehari-harimu

mobil irit bbm

12 Mobil Irit BBM Hemat

Jika saat ini kamu sedang mencari mobil baru yang pemakaian bahan bakarnya sangat efisiensi, berikut ini rekomendasi mobil irit bensin yang bisa jadi pilihan kamu:

1. Toyota Agya

Mobil ini disebut sebagai mobil irit BBM bukan tanpa alasan. Pasalnya, konsumsi bensin Toyota Agya bisa mencapai 19,5 kilometer per liternya. 

Ini berkat sematan teknologi Dual VVT-i pada mesinnya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur mode berkendara ECO Driving yang membantu memaksimalkan penggunaan BBM agar tidak boros. 

2. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla generasi terbaru dibekali dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1.000 cc. Catatan penggunaan BBM-nya paling joss dibandingkan mobil lain, yakni 25,3 kilometer untuk setiap liternya. Mantap kan!

Baca juga: Rekomendasi Mobil Irit Bensin yang Bisa Dipilih untuk Berwisata ke Borobudur

3. Daihatsu Xenia

‘Mobil sejuta umat’ ini juga sering disebut-sebut sebagai ‘mobil irit BBM. Alasannya karena mesin berkode 2NR-VE 1,5L yang dipakainya sudah dilengkapi juga dengan Dual VVT-i sehingga pemakaian bahan bakarnya semakin irit.

Tiap liter BBM Daihatsu Xenia sanggup menempuh jarak 10-13 kilometer. Cocok banget kan dibawa bepergian jarak jauh. Apalagi kalau kondisi jalanan stabil, konsumsi BBM-nya bisa makin irit lagi sampai 16 kilometer per liter.

4. Toyota Avanza

Popularitas Toyota Avanza sebagai juaranya mobil irit BBM sudah tak terbantahkan lagi. Seliter bensin dalam tangki BBM Toyota Avanza membawa mobil ini berkelana sejauh 12,5-14 kilometer. 

Makanya nggak heran, kalau sudah merasakan berkendara dengan Toyota Avanza, pasti nggak mau lagi pindah ke lain hati. Apalagi look-nya yang sekarang futuristik banget. Meski lama nggak diganti pun rasanya mobil ini nggak bakal ngebosenin sampai kapanpun.

Baca juga: Agar Tidak Gagal Bikin SIM, Ini Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan 

5. Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil ini disebut irit BBM bukan karena operasionalnya dibantu tenaga listrik, tapi memang mesin bensinnya benar-benar irit loh. Jadi mesin konvensional Toyota Corolla Cross Hybrid ini menggunakan mesin berkode 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder DOHC VVT-i. H, Hasilan tenaga maksimalnya 96 Dk dan torsi 142 Nm. Dengan mesin ini, Corolla Cross Hybrid diklaim mampu menempuh jarak 23,25 kilometer per liter.

6. Daihatsu Rocky 1.2

Yang terkenal sebagai mobil irit BBM dalam gen Rocky adalah Daihatsu Rocky 1.2L (1.198 cc) 3 silinder A-VE. Dengan mesin ini Rocky sanggup menghasilkan tenaga 88,4 Dk pada 6.000 Rpm dan torsi 112,7 Nm di 4.500 Rpm. Sementara untuk konsumsi BBM-nya, Rocky 1.2 bisa melaju antara 18-19 kilometer per liter.

Baca juga: Rencana Liburan dengan Berkemah, Inilah Daftar Mobil yang Cocok untuk Digunakan

7. Peugeot 5008

Peugeot 5008 sudah dijejali mesin tipe EP6FDTM 4-silinder plus turbo dengan kapasitas 167 PS pada 6.000 Rpm dan torsi 295 Nm pada 1.400 Rpm. Di atas kertas, kendaraan roda empat ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 8.3 detik. Sedangkan untuk konsumsi BBM-nya, Peugeot 5008 diklaim mampu menempuh perjalanan hingga 17 kilometer per jam.

8. Isuzu Panther Reborn 2023

Sudah diuji bahwa konsumsi bahan bakar luar kota Isuzu Panther Reborn tembus di angka 15,4  kilometer per liter untuk transmisi manual dan 14,9 kilometer per liter untuk transmisi otomatis. Jadi sudah dipastikan ini mobil irit BBM melebihi generasi sebelumnya. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mematikan AC Mobil Bisa Bikin Irit BBM? 

9. Toyota Yaris

Selain irit BBM, mesin 1.500cc Toyota Yaris juga tangguh di tanjakan. Penggunaan BBM-nya mencapai 13,8 kilometer per liter di dalam kota dan 17,3 kilometer liter di jalur cepat. Tidak hanya itu, mobil irit BBM ini juga sangat nyaman digunakan dan memiliki fitur-fitur yang canggih. Jadi selain efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, nyentrik juga dalam hal gaya.

  1. Mitsubishi Xpander

Kendaraan roda empat rilisan Mitsubishi ini dilengkapi dengan mesin in-line 4 berkapasitas 1.499 cc dengan teknologi katup variabel MIVEC. Dengan teknologi Mitsubishi Xpander sanggup melaju sejauh 12 kilometer hanya dengan 1 liter bensin. 

Mitsubishi juga mengklaim, jika kamu berkendara dengan mobil ini ke luar kota, per liter bensinnya mampu melaju hingga 19,8 kilometer dengan kecepatan konstan. Dan akan lebih irit lagi kalau kamu menggunakan mode ECO driving, ya.

Baca juga: Mewah Berkelas, Ini deretan Mobil Lexus yang Mengaspal di Indonesia

11. Honda Civic

Banyak yang kepincut dengan mobil ini karena bodinya kekinian. Nah, ini juga salah satu yang disebut-sebut mobil irit BBM. Pasalnya, konsumsi per liter bahan bakarnya bisa mencapai 17 kilometer. 

Honda Civic sendiri dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.498 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga turbo 173 PS dengan toris 220 Nm. Dengan itu, kecepatan yang bisa ditempuh mencapai 200 kilometer per jam. Mantap banget, kan?

12. Honda Brio

Dari keluarga Honda lainnya yang jadi mobil irit BBM adalah Honda Brio. Dengan menggendong mesin 1.199 cc 4-silinder segaris SOHC, mobil ini menghasilkan tenaga maksimum 88 Dk pada 6.000 Rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 Rpm. Setiap liter mobil LCGC (Low Cost Green Car) ini sanggup menempuh jarak 21 kilometer per jam di jalanan dalam kota dan 30,1 kilometer untuk perjalanan luar kota.

Baca juga: Pajak Progresif Akan Dihapuskan, Apa Alasannya?

Cara Memilih Bahan Bakar (BBM) yang Cocok

Penting untuk kamu memilih BBM yang tepat agar performa mesin kendaraan tetap terjaga dan penggunaan BBM efisien. Ini cara memilih BBM yang tepat untuk kendaraan:

  • Tahu jenis mesin mobil: bensin atau diesel. Mesin diesel umumnya digunakan pada kendaraan besar, seperti bus dan truk, dan beberapa SUV. BBM untuk mesin ini adalah Pertamina Dex atau Dexlite. Sementara kendaraan dengan mesin bensin menggunakan Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo.
  • Perhatikan nilai oktan. Ini berkaitan dengan kompresi mesin. Semakin tinggi nilai oktan, maka semakin sedikit timbal yang dihasilkan selama proses pembakaran. Sebaliknya, semakin rendah nilai oktan, timbal yang dihasilkan pun rendah.
  • Perhatikan rasio kompresi mesin. Setiap kendaraan punya kompresi yang berbeda yang menentukan jenis BBM yang digunakan. 
  • Ikuti aturan pabrikan. Cek di buku panduan, BBM apa yang sebaiknya digunakan pada mobilmu. 

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Jika kamu tertarik untuk membeli jenis mobil lainnya, jangan ragu untuk mengecek di SEVA, platform jual beli mobil online terpercaya, ya. Ada banyak fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan di sana. 

Seperti fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan DP yang kamu inginkan. Ada fitur Loan Calculator yang memberikan kamu informasi mengenai perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwalBaca juga: Rekomendasi Mobil Irit BBM dan Membuat Pengeluaran Lebih Hemat


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *