Melihat Kecanggihan Mobil Konsep Toyota dan Daihatsu di GIIAS 2019

26 July 2019

Daihatsu dan Toyota memperkenalkan mobil konsep mereka kepada pengunjung GIIAS 2019. Fitur-fitur canggih apa saja yang disematkan di kedua mobil itu?

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 bukan hanya menampilkan mobil-mobil yang ada saat ini, tetapi juga mobil masa depan. Ada dua pabrikan yang terlihat membawa concept car mereka ke GIIAS 2019, yaitu Daihatsu dan Toyota.

 

Daihatsu memamerkan Daihatsu Hy Fun, yang didatangkan langsung dari Jepang. Sedangkan Toyota, memajang mobil masa depan berbahan bakar hidrogen yang rendah emisi, yaitu Toyota FCR. Informasi lebih lengkap mengenai kedua mobil canggih tersebut dapat Anda simak di bawah ini.

 

Daihatsu Hy Fun

Mobil konsep dari Daihatsu ini menarik perhatian pengunjung di GIIAS 2019. Desainnya sangat futurisik, membuatnya disukai oleh anak muda yang menginginkan kemudahan, kesenangan, dan konektivitas di dalam mobil.

 

Mobil ini diberi nama Daihatsu Hy Fun, yang terlihat seperti Multi Purpose Vehicle (MPV). Sesuai dengan namanya, Hy Fun sangat mengerti mood dari pengemudi. Ini direpresentasikan oleh grill depannya yang dapat berubah warna, tergantung dari mood yang dirasakan pengemudi.

 

Grill tersebut diapit oleh dua lampu utama full LED automatic high beam, dan juga lampu sein yang menyala secara sequensial. Lalu, di bagian samping, terdapat spion berukuran sangat kecil karena sudah menggunakan kamera sebagai visualisasinya.

 

Tetapi, kesan MPV Hy Fun akan hilang jika melihat ukuran velgnya yang besar, yaitu R20. Mobil ini seolah hasil perkawinan silang dari MPV dan SUV.

 

Baca: Mobil baru yang mejeng di GIIAS 2019

 

Kembali ke sisi samping, mobil ini punya pintu yang sangat canggih, berbeda dengan mobil-mobil yang ada sekarang. Cara membuka pintunya tidak menggunakan tuas, melainkan dengan sensor wajah atau gesture tubuh pemilik mobil.

 

Jika sensor tersebut mengkonfirmasi wajah atau gerakan tubuh Anda, pintu akan terbelah menjadi dua. Benar-benar sangat layak untuk dijadikan mobil masa depan.

 

Masuk ke dalam, desain jok terlihat tipis serta sangat fashionable. Pada setiap jok, tersedia stick dan Virtual Reality (VR) agar penumpang bisa bermain game di dalam mobil.

 

Lalu, terdapat ambiance light di beberapa bagian yang menghiasi interior. Setelah itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor yang dapat membaca mood pengemudi di dalam mobil.

 

Baca lagi: Perbedaan GIIAS 2019 dengan Sebelumnya

 

Bukan hanya lampu pada grill depan yang dapat berubah sesuai dengan mood pengemudi, melainkan juga ambiance light yang terdapat di dalam kabin. Apabila pengemudi sudah mulai merasa lelah, sensor secara otomatis akan merubah warna ambiance light, alunan musik, dan suasana lain di dalam kabin, yang dapat membuat pengemudi lebih tenang.

 

Selain itu, ada banyak teknologi canggih lainnya yang ditawarkan oleh Hy Fun, seperti finger print untuk menyalakan mobil, voice recognition, autonomous, dan lain sebagainya.

 

Toyota FCR

Selain Daihatsu, ada juga Toyota yang memamerkan mobil masa depan mereka. Walaupun masih sekedar konsep, mobil yang diberi nama Fine Comfort Ride (FCR) ini mampu menarik perhatian para pengunjung GIIAS 2019.

 

Kesan futuristik dari mobil ini mulai terasa ketika pertama kali melihatnya. Bagian depannya menampilkan headlamp yang besar, ditambah dengan grill yang seolah-olah menyatu dengan bumper membuatnya terlihat sangat kekinian.

 

Pada bagian samping, kaca depan sampai belakang terlihat seperti menyatu. Tidak terlihat ada pilar B yang memisahkan keduanya. Lalu, di bagian belakang, ada dua lampu yang mengapit lambang Toyota.

 

FCR terlihat sangat gagah jika dillihat ke bagian bawah yang menggunakan velg berukuran besar. Sekilas, desain velgnya terlihat seperti turbin pesawat yang dibalut oleh ban berukuran agak tebal.

Sayangnya, mobil ini tidak bisa disentuh, sehingga pengunjung hanya bisa melihatnya dari bawah stage. Namun, bagi yang tertarik untuk melihat interior FCR, pengunjung bisa menggunakan VR yang disediakan oleh pihak Toyota.

 

Seva.id sempat mencoba menggunakan VR untuk melihat interior FCR. Pertama-tama, Anda akan di tempatkan di bangku pengemudi.

 

Ketika duduk, Anda akan langsung melihat desain setir yang minimalis, sama dengan desain setir Hy Fun. Namun, tidak banyak peralatan atau tombol di dashboard mobil layaknya mobil sekarang. Semua pengaturan sudah digital dan pilihannya ditayangkan di kaca jendela masing-masing penumpang.

 

Apabila udah diatur sesuai keinginan, berbagai pilihan tadi akan hilang dengan sendirinya dan kaca jendela berubah menjadi normal kembali. Begitu pun dengan baris kedua, Anda juga mendapatkan pengalaman yang sama seperti pada baris pertama.

 

Baca lagi: Cara Melakukan Test Drive di GIIAS 2019

 

Desain jok individual membuat ruang kabin FCR sangat lega. Apalagi mobil ini memiliki body yang panjang, sehingga keluasan dan kenyamanannya sudah bisa dirasakan waktu pertama kali melihat FCR.

 

Jok depan bisa diputar 360 derajat, agar memudahkan penumpang depan berkomunikasi dengan penumpang di baris kedua.

 

Memang, saat menggunakan VR, rasanya akan berbeda dengan duduk langsung di FCR. Namun, informasi yang diberikan sudah lumayan informatif. Hanya saja, pandangan akan terbatas pada informasi yang disuguhkan.

 

Toyota FCR merupakan mobil masa depan yang menggunakan tenaga hydrogen fuel cell-powered. Jadi, mobil ini pastinya ramah lingkungan dan juga tidak membutuhkan Bahan Bakar Minyak (BBM). Tenaga hidrogen tersebut akan disimpan di dalam sebuah baterai dan dapat disalurkan menjadi tenaga listrik terbarukan.

 

Namun pertanyaannya, kapan dua mobil di atas resmi mengaspal di Indonesia? Yang pasti, mobil-mobil masa depan tersebut akan diwujudkan saat negara ini juga sudah siap menyambut mereka, baik dari regulasi, infrasruktur, bahkan mental pengendara.

 

Nah, dari kedua mobil di atas, mana mobil masa depan yang menjadi impian Anda?

SHARE