Kawasan Terus Berkembang Jadi Alasan Memiliki Rumah di Cakung

By Arris Riehady - Juli 4, 2019

Seiring berkembangnya infrastuktur kawasan lain di tepi Jakarta mulai dilirik. Cakung, Jakarta Timur salah satunya. Ini alasan mengapa beli rumah di Cakung worth it!

Saat akan beli rumah tentunya Anda dihadapkan dengan sejumlah pilihan, mulai dari harga hingga luas bangunan dan tanah.

 

Selain itu, Anda pun masih harus menentukan lokasi yang ideal, fasilitas yang ditawarkan, dukungan infrastruktur di lokasi sekitar, hingga opsi beli rumah bekas atau baru.

 

Ya memang, memiliki rumah yang nyaman pastinya merupakan impian setiap orang.

 

Sayangnya, untuk mencari lokasi rumah yang dengan pusat kota bukan perkara mudah belakangan ini. Keterbatasan lahan di daerah perkotaan menjadikan harga rumah yang meroket.

 

Pilihan rumah yang tersedia dengan harga terjangkau kebanyakan berlokasi jauh dari pusat kota. Menunda membelinya bisa jadi keputusan yang salah.

Kawasan berkembang

Nah, seiring berkembangnya infrastuktur kawasan lain di tepi Jakarta mulai dilirik. Cakung, Jakarta Timur, salah satunya.

 

Cakung merupakan Pusat Pemerintahan dari Kota Administrasi Jakarta Timur yang berbatasan dengan Cilincing di sebelah utara, Pulo Gadung di sebelah barat, Medan Satria dan Bekasi Barat di sebelah timur, dan Duren Sawit di sebelah selatan.

 

Cakung termasuk strategis karena memiliki berbagai jalan utama. Misalnya Jalan Raya Bekasi yang menghubungkan Pulo Gadung, Cempaka Putih, Kelapa Gading, dan Sumur Batu dengan Bekasi.

 

Ada juga Jalan I Gusti Ngurah Rai yang menghubungkan Duren Sawit, Jatinegara, Pulo Gadung, Cakung, dan Matraman dengan Bekasi.

Termasuk Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta yang saat menghubungkan Cakung dengan kawasan lain seperti Tanjung Priuk, Bekasi, Tangerang, hingga Cipularang.

 

Bahkan ke depannya, Cakung pun akan dilintasi oleh Light Rail Transit (LRT), MRT Jakarta koridor east-west, dan kerepa api ekspres SHIA (Soekarno Hatta-Sudirman).

 

Dikutip dari detik.com, lembaga pemerhati industri properti Indonesia Property Watch (IPW) mencatat dalam 3 tahun terakhir, pertumbuhan harga tanah perumahan di Jakarta Timur menempati urutan tertinggi sebesar 5,58% per tahun, dibandingkan Jakarta Selatan sebesar 4,19%, Jakarta Pusat 4,19%, Jakarta Barat 4,15%, dan Jakarta Utara 2,85%.

 

“Berdasarkan rating wilayah yang dilakukan Indonesia Property Watch dengan mempertimbangkan aspek potensi wilayah dan infrastruktur, pertumbuhan harga tanah, tingkat persaingan, dan image lokasi, Jakarta Timur berada di urutan tertinggi. Disusul Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda

 

Sebagai salah satu arah pelebaran wilayah dari Kelapa Gading yang terus mengarah ke timur melewati Pulogadung dan Cakung, Jakarta Timur juga menyimpan potensi arah perkembangan dari CBD Jakarta yang terus mengarah ke Cawang ke arah jalur Light Rail Transit (LRT). Melihat hal tersebut, maka hampir sebagian besar kawasan Jakarta Timur mempunyai potensi yang tinggi.

Beli rumah di Cakung

Menilik penjabaran tersebut, tidak heran bila beli rumah di Cakung adalah suatu investasi yang menguntungkan. Karena, semakin strategis lokasi tersebut atau akses yang mudah maka harga akan cepat melambung dibanding lokasi lain.

 

Di antara beberapa kawasan perumahan potensial yang ada di Jakarta Timur, khususnya Cakung, Asya merupakan salah satu township yang menawarkan banyak kelebihan.

 

Misalnya lokasi yang strategis dan didukung berbagai infrastruktur memadai, konsep ramah lingkungan yang didukung keberadaan danau seluas 15 hektare, serta dikelilingi berbagai fasilitas berkelas untuk memanjakan para penghuninya.

 

Saat ini PT Astra Modern Land selaku pengembang proyek township Asya terus mempercepat pembangunan kawasan perumahan seluas 70 hektare di kawasan Jakarta Timur tersebut.

 

Asya juga akan dilengkapi fasilitas lakeside outdoor area seluas 2,8 hektare. Sementara untuk fasilitas komersial terdapat pusat perbelanjaan AEON Mall Jakarta Garden City, pasar modern, dan food garden. Selanjutnya pun akan ada IKEA, peritel perabot untuk rumah tangga dari Swedia.

Ada juga fasilitas pendidikan, di dalam kawasan sudah tersedia Sekolah Global Mandiri (TK-SMA) yang berbasis national plus, sementara di sekitar kawasan terdapat Singapore International School, BPK Penabur, North Jakarta International School, dan Al-Azhar.

 

Untuk fasilitas kesehatan, akan segera dibangun Mayapada Hospital dan di sekitar kawasan terdapat Rumah Sakit Gading Pluit serta Mitra Keluarga.

 

Sementara untuk fasilitas transportasi umum, dari kawasan Asya, tidak lebih dari 10 kilometer terdapat Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang dan Stasiun Cakung.

 

Kawasan Asya juga memiliki aksesibilitas yang sangat baik dan dapat dicapai melalui berbagai akses, seperti hanya ‘selangkah’ menuju pintu Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) yang terhubung dengan Tol Dalam Kota dan Tol Jakarta-Cikampek.

 

Saat ini juga telah beroperasi Jalan Tol Tanjung Priok yang merupakan bagian dari JORR. Keberadaan akses baru ini semakin menambah kemudahan mobilitas bagi penghuni Asya. Akses lainnya adalah jalan tembus Tipar Cakung yang membuat perjalanan dari Kelapa Gading menuju Asya hanya berjarak lima kilometer saja.

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat langsung datang ke Marketing Gallery Asya di Jalan Asya Boulevard, Jakarta Garden City, Jakarta Timur. Bisa juga konsultasi dengan Team Marketing terbaik Asya di (021) 8080 8888 atau kunjungi situs www.asya.co.id.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!